Beasiswa Al Qasimia University (Uni Emirates Arab) - S1 Mahasiswa Internasional

Universitas Al Qasimia (Al Qasimia University) di Kota Sharjah, Uni Emirates Arab, memulai penerimaan aplikasi pendaftaran dari pelajar putra dan putri yang ingin mendaftar periode ganjil (fall semester) tahun akademik 2022/2023. Deadline pendaftaran: 30 Juni 2022.

Untuk dapat mempersiapkan pendaftaran program S1 Beasiswa untuk Mahasiswa Internasional ini, pelajar putra dan putri agar memperhatikan :

  1. Membuka panduan pendaftaran di sini.
  2. Membuka Telegram bot PPMI Al Qasimia http://t.me/aquidbot dan ikuti seluruh informasi pendaftaran pada periode-periode sebelumnya pada sorotan/highlights story PPMI Al Qasimia pada akun Instagram https://instagram.com/aqu.id
  3. Masa pendaftaran dibuka 1 April 2022 s.d waktu yang belum ditentukan namun terbatas, agar peminat mempersiapkan diri dengan baik segala dokumen yang dibutuhkan dan tidak menunda pengajuan pendaftaran. Masa perkuliahan aktif dimulai pada Agustus 2022, tentunya beberapa bulan sebelumnya proses seleksi telah selesai.
  4. Pada kampus ini tidak mensyaratkan mahram pada pelajar putri yang hendak melamar beasiswa.
  5. Batas usia pendaftar adalah 20 tahun pada masa pendaftaran.

Link Pendaftaran (gunakan menu perubahan Bahasa Inggris atau Arab di pojok atas)

https://www.alqasimia.ac.ae/



Beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar Indonesia merupakan bentuk penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin Emirat Sharjah, yakni H.H. Dr. Sheikh Sultan bin Muhammed Al Qasimi, yang juga merupakan Anggota UAE Federal Supreme Council.

Beasiswa hanya diperuntukan bagi lulusan siswa SMA atau yang setara, yang tidak memiliki keluarga (orang tua atau saudara) yang bermukim di UEA.

BELAJAR DI UNIVERSITAS AL QASIMIA

Masa belajar di Universitas Al Qasimia adalah 4 (empat) tahun (belum termasuk program bahasa Arab intensif). Selama masa tersebut, mahasiswa harus menyelesaikan 129-135 jam kredit (credit hours) untuk memperoleh gelar Sarjana (Bachelor) di salah satu jurusan berikut:


PERSYARATAN PENERIMAAN PADA PROGRAM SARJANA

Untuk pendaftar yang memiliki ijazah sekolah menengah atas atau yang setara:
  1. Rata-rata nilai minimum 70% sebagai syarat masuk semua college di atas.
  2. Rata-rata nilai minimum 75% untuk pendaftar yang memiliki ijazah sekolah menengah atas (jurusan agama) yang ingin masuk ke College of Sharia & Islamic Studies dan College of Holy Quran.
  3. Rata-rata nilai minimum 80% untuk pendaftar yang memiliki ijazah sekolah menengah atas (jurusan komersial/ekonomi) yang ingin masuk ke College of Economics & Management.
  4. Semua pemohon wajib membuktikan bahwa mereka telah menyelesaikan 3 (tiga) tahun masa sekolahnya di sekolah menengah atas (termasuk kelas 10, 11, dan 12).

Persyaratan Umum:

  1. Pendaftar wajib mengisi jurusan yang diinginkan.
  2. Pendaftar wajib melakukan penyetaraan ijazah ke Kementerian Pendidikan UEA apabila ijazah tersebut dikeluarkan di luar negara UEA. (akan diuruskan oelh Universitas setelah pelajar diterima)
  3. Mahasiswa yang dikeluarkan dari Universitas Al Qasimia atau universitas lain karena alasan akademik dan kelakuan tidak baik tidak akan diterima.
  4. Telah menamatkan sekolah menengah atas atau yang setara dengan nilai rata-rata yang dipersyaratkan dan tidak boleh lebih awal dari 3 (tiga) tahun sebelum mengajukan pendaftaran kepada Universitas Al Qasimia.
  5. Usia pemohon maksimal 20 tahun pada saat mendaftarkan diri.

BAHASA PENGANTAR

  • Bahasa Arab merupakan bahasa pengantar di College of Sharia and Islamic Studies, College of Arts and Humanities, dan College of Holy Quran.
  • Bahasa Arab dan Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar di College of Mass Communication dan College of Economics and Management.
  • Mahasiswa baru yang bahasa ibunya bukan Bahasa Arab harus mengambil tes penempatan dalam Bahasa Arab. Mereka yang lulus tes dapat langsung mengambil kursus di jurusannya (sesuai kondisi di masing-masing college). Sedangkan mereka yang tidak lulus tes dapat mengikuti program Bahasa Arab intensif dan harus menyelesaikannya dalam 1-2 semester regular.

DOKUMEN YANG DIPERSYARATKAN

  1. Ijazah asli sekolah menengah atas atau yang setara,
  2. Transkrip asli atau buku rapor asli selama 3 (tiga) tahun bersekolah (kelas 10, 11, 12) di sekolah menengah atas atau yang setara.
  3. Surat asli dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang menyatakan. bahwa sekolah menengah atas dimana pendaftar belajar diakui secara resmi dan diakreditasi, serta lulusannya dapat diterima di setiap universitas negeri di Indonesia.
  4. Semua ijazah yang dipersyaratkan harus diatestasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kementerian Luar Negeri di Indonesia dan kemudian dibawa ke Kedutaan Besar UEA di Jakarta.
  5. Masing-masing ijazah wajib diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab atau Bahasa Inggris, dan salinan terjemahan wajib dilampirkan pada aslinya dan semuanya dibubuhkan stempel.
  6. Sertifikat TOEFL (IBT61, CBT173 atau PBT500) atau sertifikat IELTS (5.0) diperlukan untuk mereka yang ingin masuk College of Economics & Management.
  7. Sertifikat TOEFL (IBT45, CBT133 atau PBT450) atau sertifikat IELTS (4.5) diperlukan bagi mereka yang ingin masuk College of Mass Communication.
  8. Salinan paspor asli dengan masa berlaku paling sedikit 6 (enam) bulan.
  9. 12 buah pas foto berwarna terakhir (latar belakang putih).
  10. Surat Keterangan Kelakukan Baik yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab atau Bahasa Inggris dan diatestasi.
  11. Akte Kelahiran dalam Bahasa Arab atau Bahasa Inggris (diterjemahkan dan diatestasi).
  12. Surat Keterangan Sehat yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Umum (yang menyatakan bahwa pemohon bebas dari berbagai penyakit berbahaya)

Program Beasiswa

  • Beasiswa hanya diberikan kepada pelajar yang tidak bermukim atau bertempat tinggal di UEA.
  • Mahasiswa penerima beasiswa memperoleh gaji/reward bulanan yang ditentukan oleh Universitas (sesuai dengan ketentuan yang berlaku).
  • Hanya mahasiswa yang memilih tinggal di hostel/asrama Universitas selama kelas musim panas yang berhak menerima intensif bulanan musim panas.
  • Mendaftarkan diri mengikuti kegiatan kelas musim panas wajib bagi mereka yang tidak berlibur pulang ke Indonesia.
  • Mahasiswa penerima beasiswa diberikan satu tiket penerbangan pulang pergi (pp) selama GPA dan TGPA mereka tidak kurang dari 2.00 (70%) sepanjang masa studi. (GPA = ipk per semester. TGPA = ipk keseluruhan)
  • Universitas bertanggung jawab atas Visa dan Kartu ID Emirat dan proses penerbitannya.
  • Universitas memberikan asuransi kesehatan kepada mahasiswa penerima beasiswa.
  • Visa mahasiswa akan dibatalkan apabila mahasiswa tidak menghadiri hari pertama Pengarahan/Orientasi untuk Semester.

Ketentuan Beasiswa

  • Registrasi perkuliahan setiap semester wajib, tidak boleh dibatalkan atau dihentikan.
  • GPA dan TGPA mahasiswa pada masing-masing semester harus mencapai setidaknya 2.00 (70%) untuk dapat meneruskan beasiswa
  • Apabila GPA dan TGPA mahasiswa penerima beasiswa pada satu semester kurang dari 2.00 (70%) (tidak termasuk kursus musim panas), maka beasiswa akan dihentikan.
  • Mahasiswa penerima beasiswa wajib memanfaatkan waktu untuk belajar, dan tidak diizinkan bekerja selama masa belajar di Universitas.
  • Mahasiswa penerima beasiswa yang mengikuti program Bahasa Arab intensif harus lulus program tersebut maksimal dalam 1 (satu) tahun kalender akademik. Selanjutnya mereka mengambil salah satu dari jurusan yang ada sesuai dengan ketentuan penerimaan dan ketersediaan kursi di masing-masing jurusan. Apabila mereka gagal, ketentuan danperaturan Universitas berlaku.
  • Mahasiswa berjanji untuk mematuhi peraturan-peraturan yang ditetapkan Universitas. termasuk masalah etika dan tingkah laku di kampus.
  • Mahasiswa tidak diizinkan menarik diri/keluar dari Universitas dan meninggalkan UEA tanpa memperoleh izin terlebih dahulu dari pihak Universitas.
  • Mahasiswa akan diberikan transkrip setelah tamat dan memperoleh kesarjanaan dari Universitas.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan akses situs web resmi www.alqasimia.ac.ae

INFORMASI PENTING LAINNYA

Disarankan agar seluruh dokumen yang dipersyaratkan diatestasi/dilegalisir. Cara melakukan atestasi di Indonesia adalah sbb:
  1. Ijazah asli, transkrip nilai dan rapor asli, terjemahannya dan salinannya diatestasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setempat.
  2. Jika ijazah asli dan transkrip nilai atau Raport asli sudah berbahasa arab atau inggris, tidak perlu melampirkan terjemahnya.
  3. Surat Keterangan Sehat dari rumah sakit, terjemahannya, dan salinannya diatestasi di Kementerian Kesehatan setempat
  4. Akte Kelahiran, terjemahannya, dan salinannya diatestasi di Dinas Dukcapil setempat
  5. Surat Keterangan Kelakukan Baik, terjemahannya dan salinannya diatestasi di Kepolisian setempat
  6. Semua dokumen diatas harus dilegalisasi (secara berurutan) di Direktorat Legalisasi, Kementerian Hukum dan HAM, Direktorat Konsuler, Kementerian Luar Negeri, dan terakhir ke kantor Kedutaan Besar UEA di Jakarta.
  7. Jika Kemendikbud atau Kemenag (bagi lulusan pondok pesantren) atau lembaga legalisasi lainnya tidak bisa melegalisir ijazah dan raport yg asli, maka dokumen tersebut harus melalui tahap waarmerking ke notaris.
  8. Proses legalisir berkas di Kedubes UAE hanya boleh dilakukan jika calon pendaftar telah menerima surat penerimaan tahap awal (Qabul Mabda’i) dan agar menyertakan surat tersebut kepada pihak kedubes sebelum melegalisir dokumen. Hanya di Kedubes UAE saja.
Calon mahasiswa yang telah mendaftar online dan lolos dalam pemberkasan tahap 1 maka pihak Universitas akan menghubungi pendaftar untuk melakukan wawancara melalui “Skype”.
Wawancara akan menggunakan bhs Arab dan / atau bhs Inggris.

Setelah diwawancarai dan dinyatakan diterima Tahap awal (Qabul Mabda’i) , semua dokumen asli harus dibawa(dikirim melalui ekspedisi DHL atau yang lainnya) ke Alamat yang diberikan oleh pihak kampus.
Setelah berkas dikirim, pendaftar diharap menunggu untuk mendapatkan Visa jika lolos. Visa akan dikirim via e-mail dengan format .pdf.
Calon mahasiswa membayar biaya tiket penerbangan sendiri menuju UEA (pihak Universitas tidak menanggung biaya perjalanan ini).
Penyetaraan ijazah akan dibantu oleh pihak Universitas apabila calon mahasiswa diterima.
Perlu adanya komitmen calon mahasiswa yang diterima untuk belajar dengan baik dan menyelesaikan pendidikan tepat waktu agar tidak gagal atau diberhentikan sebagaimana dijelaskan dalam ketentuan dan persyaratan di atas.
Calon mahasiswa harus mendaftar langsung dan akan diwawancarai oleh pihak Universitas. Tidak ada perantara dan tidak ada biaya yang dikenakan Universitas dalam proses pendaftaran.
Calon mahasiswa yang diterima oleh Universitas Al Qasimia agar memberitahu KBRI Abu Dhabi.


Komentar