Perkara Penulisan 4 (Empat) Kata Pada Nama di Formulir Pendaftaran Saudi

 


Bang, Saya masih bingung penulisan nama di kolom formulir pendaftaran, nama saya di passport berjumlah hanya 2 kata, jika pada kolom ketiga dan keempat itu ditambahkan nama ayah dan kakek, bukankah artinya nama yang diisi ini, menjadikan tidak sesuai dengan passport?

 بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ   الرَّحِيْـــــم

Ana bantu jawab..

Akan menjadi jawaban pula untuk seluruh pendaftaran saudi yang memberikan form penulisan nama sebanyak 4 kolom kata.

Pertama, abaikan keterangan kolom kata pertama nama, kolom nama bapak, nama kakek dan family name pada formulir. Sistem penamaan di Indonesia berbeda dengan sistem nama pada budaya Arab yang hanya memberikan nama pada seseorang sebanyak satu kata. Sistem nama pada budaya Arab di formulir ini, dapat diikuti oleh keluarga di Indonesia yang juga menganut sistem yang sama. (setiap orang hanya diberikan satu kata nama dan memiliki nama keluarga, begitu pula bapak dan kakek). Namun apabila keluarga antm tidak menganut sistem penamaan ini, silahkan lanjut langkah kedua. 


Kedua, Pada formulir yang dapat diteruskan penyimpanannya apabila jumlah kolom kata nama yang tersisa dapat dikosongkan, maka silahkan tulis nama mu apa adanya sesuai passport . (Kolom pertama ditulis kata pertama nama, kolom kedua ditulis kata kedua nama, dst. Kemudian kosongkan kolom ketiga dan keempat apabila jumlah kata yang antm miliki pada nama, memang hanya dua kata). Jika tidak bisa dikosongkan, lanjutkan ke langkah ketiga.


Ketiga, apabila nama antm hanya terdiri atas satu atau dua atau tiga kata, dan formulir mewajibkan penulisan nama sebanyak empat kata, maka tambahkan kolom yang kosong tersebut dengan mengambil satu kata dari nama ayah, jika masih terdapat kolom yang kosong setelahnya, maka ambil satu kata lagi dari nama ayah berikutnya, kemudian satu kata lagi dari nama ayah berikutnya. Atau jika namamu dan nama ayah sudah habis dipakai sepenuhnya, Maka dapat diambil kembali dari satu kata nama kakek jalur ayah. Selesai. 


Keempat, apakah penambahan menggunakan nama ayah dan kakek pada formulir ini berarti menjadikan terdapat perbedaan nama formulir dengan nama pada passport? Tidak demikian. Agar dapat antm ketahui bahwa perbedaan ini,

a. Tidak mempengaruhi faktor kelulusan pengajuan beasiswa.

b. Nama asli antm yang hanya satu atau dua kata ini tertera sama dengan passport.

c. Visa pelajar keluar nantinya disesuaikan dengan nama pada passport, bukan pada penulisan di formulir.

d. Perbedaan nama pada passport, akte lahir, ijazah, surat rekomendasi adalah hal yang biasa pada penerima beasiswa saudi. Agar pelamar beasiswa mengacu pada passport (poin kedua).

e. Nantinya setelah lulus, panitia persiapan di Jakarta akan mengarahkan antm agar melakukan penambahan nama di lembar endorsement passport (bukan pada saat mendaftar. Tapi pada saat sudah diterima). Yang fungsinya nanti, nama pada lembar endorsement, akan menjadi acuan dalam penetapan nama di Kartu Iqomah dan kartu pelajar (Bitoqoh tholib).

Demikian agar dapat dimengerti. 

Disclaimer. Antum yang penulisan nama pada pendaftaran masa sebelumnya berbeda dengan apa yang disampaikan pada tulisan ini, agar tidak perlu mengulang pendaftaran akibat berbeda. Silahkan simak poin e, bahwa akan ada penyeragaman ulang pada nama apabila antm sudah lulus mendapatkan beasiswa kelak.

Wallahu'alam.

...........

Update pertanyaan tambahan (13 Januari 2022)

Saya punya ide, bagaimana jika saya langsung menuliskan 4 kata nama pada halaman depan passport (dengan tambahan nama ayah dan kakek) sejak awal pembuatan dokumen passport?

Pada pembuatan dokumen Passport baru, pencantuman nama pada halaman utama passport agar cukup disesuaikan identik dengan KTP saja. Sudah cukup. Agar diberikan pengertian kepada petugas imigrasi (hanya jika ditanya) bahwa penambahan nama di halaman utama tidak diperlukan. 

Jikalau formulir membutuh 4 kata, Pelamar dapat menambahkan nama ayah/kakek saja di Formulir. Namun bukan di Passport.

Visa Saudi nanti akan mengikuti nama di Passport, meski nama yg tertera hanya 1 atau 2 kata.

Adapun penambahan nama pada passport, akan dilakukan menjelang keberangkatan apabila sudah diterima di kampus tujuan, dengan menggunakan lembar endorsement dalam rangka mempermudah pembuatan iqomah dan bitoqoh tholib kelak... Semua akan dipandu PPMI.

Jadi jangan kira hanya memiliki satu atau Dua kata pada nama, Pelamar tidak bisa mendaftarkan diri Kuliah di Saudi. Baiknya cantumkan nama pada passport sesuai identik dengan KTP apa adanya saja.

Ketua PPMI Jeddah (2020-2021) memiliki nama dengan satu kata pada passport dan calling visanya. Tidak menghalangi beliau diterima ke Universitas. Pengambilan gambar sudah dengan izin yang bersangkutan.

Demikian, semoga dapat bermanfaat dan dapat difahami.

Komentar