Beasiswa S1 - Najran University (NU), Najran. KSA. 2022



Pendaftaran Beasiswa jenjang S1 Najran University (NU). Kota Najran. Kerajaan Saudi Arabia.

Waktu pendaftaran:

16 Muharram 1444 H atau Ahad, 14 Agustus 2022 dan ditutup pada 22 Muharram 1444 H atau Sabtu 20 Agustus 2022 (pendaftaran hanya akan dibuka selama sepekan).

Link Pendaftaran: 

https://edugate.nu.edu.sa/nu/ui/guest/request_scholarship/index/forwardScholarship.faces

Tutorial Pendaftaran: silahkan unduh PDF yang telah disusun berikut ini.


Pembukaan Pendaftaran Beasiswa S1 Universitas Najran untuk Mahasiswa Non-Saudi di luar wilayah kerajaan.

Universitas ini berada di Kota Najran. Merupakan sebuah kota di bagian barat daya kerajaan yang berbatasan langsung dengan Yaman. Akar sejarah dan budaya Kota ini, amat erat berkaitan dengan Yaman. Najran baru bergabung menjadi bagian dari Wilayah Kerajaan Saudi pada tahun 1934. Meski pada saat ini seluruh penduduknya adalah Muslim, sejarah Yahudi Yemenite dan Komunitas Kristen telah ada di wilayah ini sejak abad ke-5 Masehi. Komunitas Yahudi di Najran lebih memilih eksodus untuk pindah menjadi warga Israel pada September 1949. Komunitas kecil Syiah Ismailiyah hingga sekarang masih bisa ditemukan di Provinsi ini. Menjadikan kota ini sebagai wujud keberagaman dari Kerajaan Saudi Arabia dengan sejarah dan latar belakang yang menarik.

Informasi lengkap Persyaratan Resmi (Pelamar non Saudi) dari web kampus, dalam bahasa Arab, bisa tekan di sini. 

Dan dalam bahasa Inggris bisa lihat right here.



Persyaratan yang diperlukan:

  1. Berusia tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 25 tahun.
  2. Belum pernah menerima beasiswa belajar di KSA (Kingdom of Saudi Arabia) sebelumnya.
  3. Melampirkan terjemahan ijazah dalam bahasa Arab. Nantinya jika sudah dinyatakan diterima, terjemahan ijazah yang dilampirkan harus dilegalisir pihak kedutaan Saudi Arabia (untuk pendaftaran, cukup menggunakan Terjemahan Ijazah dan Transkrip nilai yang diterjemahkan oleh Penerjemah resmi tersumpah). 
  4. Tidak pernah drop out (DO) dari salah satu lembaga pendidikan di Kerajaan Arab Saudi.
  5. Memiliki passport dengan masa berlaku setidaknya minimal satu tahun.
  6. Pendaftar harus sudah lancar berbicara dan tulis-menulis bahasa Arab (tidak terdapat kelas persiapan bahasa) Kemudian nantinya diminta untuk menggugah buktinya.
  7. Nantinya pelamar harus melalui beberapa tahapan seleksi (berkas dan wawancara) agar dapat dinyatakan sebagai kandidat penerima beasiswa.

Berkas-Berkas yang harus diunggah pada tahapan pendaftaran ini:

  1. Passport;
  2. Sertifikat SMA/Sederajat (Ijazah, Transkrip nilai, Terjemahan Ijazah dan Terjemahan Transkrip Nilai)
  3. Formulir Data Pribadi (dapat diunduh di sini)
  4. Pas Foto berwarna.

Ketiga dokumen di atas sebagai tiga file PDF yang harus diunggah, masing-masing dengan maksimal ukuran berkas 1 MB.

Pertanyaan dan Jawaban mengenai pendaftaran Universitas Najran dapat dilihat melalui Highlights atau menu Sorotan Akun Instagram Mahasiswa Indonesia di Najran https://instagram.com/ahli_amalul dan https://instagram.com/mahasiswa_najran

Tutorial Pendaftaran: silahkan unduh PDF yang telah disusun berikut ini.

Catatan Tambahan:

Contoh format formulir data diri yang telah diisi dapat diunduh di sini.

Penjelasan mengenai format penulisan 4 kata pada nama, dapat disimak di sini.

Pelamar dari kalangan putri harus memiliki wali laki-laki (Mahram), baik sudah sebagai penerima beasiswa atau memegang izin tinggal penduduk (Iqomah) Arab Saudi yang sah. Penjelasan lebih lanjut mengenai Mahram, dapat dibaca di sini.

Ini adalah publikasi pengumuman pendaftaran program S1, agar dapat diberikan catatan, bahwa 3 (tiga) kampus Negeri Saudi yang tidak memiliki program persiapan bahasa arab (mahad lughoh) yang menerima mahasiswa Indonesia pada jenjang S1, dalam pengamatan kami, adalah Universitas Taibah, Universitas Majama'ah dan Universitas Najran. Maka harap difahami bahwa pendaftaran S1 Universitas Najran ditujukan pada pendaftar yang sudah fasih berbahasa Arab.

Pelamar Beasiswa didorong agar mengambil Rumpun ilmu Agama Islam, dipersilahkan mengambil pilihan seluruh rumpun ilmu yang ada dan tidak diperkenankan mengambil Rumpun Ilmu Kesehatan. 

Semoga catatan ini dapat difahami.


وما سبق من سبقو ولا وصل من وصل من السلف الصالحينو الا بالاخلاص لله رب العالمين

"Tidaklah para salafusshalih itu unggul dan sampai pada derajat ilmu (yang tinggi), melainkan karena sebab ikhlasnya mereka saat menuntut ilmu, karena mengharap pahala Allah tuhan semesta alam."

(Nasihat syeikh Shalih Al Ushaimi, Hafizhahullah)


Semoga Allah senantiasa menjaga kalian dalam ketaatan dan keselamatan. Senantiasa diluruskan niatnya dan dioptimalkan semangatnya ya... 






Komentar