Beasiswa Magister (S2) bidang Teknik di Uniersitas Qassim, Arab Saudi. 2022

College of Engineering (QEC) at Qassim University (QU) Arab Saudi, menawarkan beasiswa mahasiswa internasional dengan latar belakang sains dan teknologi meneruskan pendidikannya di Fakultas Teknik (QEC) Universitas Qassim (QU). 

Dengan pilihan 4 (empat) jurusan Magister (S2), antara lain:
  • Teknik Sipil (Master of Science on Civil Engineering)
  • Teknik Elektro (Master of Science on Electrical Engineering)
  • Teknik Mesin (Master of Science on Mechanical Engineering)
  • Teknik Energi terbaharukan (Master of Science on Renewable Energy Engineering)

Penawaran dimulai sejak 4 Januari 2022 silam, hingga 31 Januari 2022

Formulir Pendaftaran: https://qec.qu.edu.sa/content/pages/2026?fbclid=IwAR3Y6OWqARv_sF8KMZjlNKw9OMDK4soKPbbr83l2lkruVHptAA5V7p0ftrs

Berkas wajib yang harus disiapkan:
1. Passport
2. Ijazah S1/S2
3. Transkrip nilai Ijazah S1/S2
4. English Language Proficiency Test Result (TOEFL IBT, TOEFL PBT, IELTS, STEP, QUEPT, others)
5. 2 (dua) rekomendasi dari dosen pada jenjang kuliah sebelumnya
6. Curriculum Vitae (CV)

Berkas lain pendukung (optional)
1. Published research papers
2. Other Supporting document (Awards, professional training certificates, research, statement of purpose, Iqomah Mahram)

Seluruh dokumen pada setiap poin masing-masing discan dalam bentuk PDF dengan maksimal kapasitas 2 MB.

Eligibilitas (kriteria layak) pelamar:
1. Minimal GPA pada saat S1 adalah 4 dari 5 atau setara dengan 3,2 dari 4.
2. Linear dengan jurusan yang diambil (Master of Science on Renewable Energy Engineering dapat diambil dari lulusan Teknik Elektro atau Mesin)
3. Minimum TOEFL iBT score of 65, IELTS score of 5.5, or equivalent


Catatan Panduan Pendaftaran:

Tata cara pengisian 4 kata pada nama, dalam beasiswa Saudi dapat disimak pada link berikut.

Abaikan keterangan kolom kata pertama nama (first name), kolom nama bapak (father), nama kakek (grand father) dan family name pada formulir. Mulai saat ini, kita jadikan:

  • Kolom "first name" adalah kolom 1 nama.
  • Kolom "father" adalah kolom 2 nama.
  • Kolom "grand father" adalah kolom 3 nama.
  • Kolom "family" adalah kolom 4 nama.

Isi kolom 1 dengan kata pertama dari nama Pelamar sesuai passport, isi kolom 2 dengan kata kedua dari nama Pelamar sesuai passport, isi kolom 3 dengan kata ketiga dari nama Pelamar sesuai passport, dst.

Jika namamu terdiri atas lebih dari empat kata. Maka kolom pertama dapat diisi lebih dari satu kata.

Apabila nama pelamar hanya terdiri atas satu atau dua atau tiga kata, dan formulir mewajibkan penulisan nama sebanyak empat kata, maka tambahkan kolom yang kosong pertama setelah kolom yang terisi oleh nama diri dengan mengambil satu kata dari nama ayah, jika masih terdapat kolom yang kosong setelahnya, maka ambil satu kata lagi dari nama ayah berikutnya, kemudian satu kata lagi dari nama ayah berikutnya. Atau jika namamu dan nama ayah sudah habis dipakai sepenuhnya, Maka dapat diambil kembali dari satu kata nama kakek jalur ayah. Selesai.

Penjelasan lebih detail terkait penulisan nama pada formulir, penulisan nama pada passport dan lembar endorsement dapat dibaca pada link berikut.

Penerjemahan. Dokumen yang diterjemahkan adalah Dokumen Indonesia ke Bahasa Arab atau Bahasa Inggris.

Khusus pendaftaran beasiswa ke Universitas di Kerajaan Arab Saudi, Dokumen seperti Ijazah yang sudah dalam bahasa Arab/Inggris, tidak perlu diterjemahkan lagi pada tahap pendaftaran. Karena itu, usahakan agar berkas seperti CV dan Surat Rekomendasi juga sudah tertulis dalam Bahasa Arab/Inggris agar tidak perlu diterjemahkan lagi agar tidak boros biaya. 

Passport secara mutlak tidak perlu diterjemahkan kedalam bahasa Inggris/Arab karena merupakan dokumen yang berlaku internasional.

Dokumen terjemahan ga bisa berdiri sendiri. Dia harus selalu bersama aslinya. Gabungkan file asli dan terjemahan menjadi satu kesatuan file PDF. Lakukan itu pada setiap pendaftaran. Kecuali jika memang kolom unggah terjemahan dan aslinya terpisah. Pokoknya intinya jangan pernah kirimkan hasil terjemahan tanpa dilampirkan asli.

Legalisir. Legalisir hasil terjemahan dari Ijazah dan Transkrip nilai diperlukan hanya jika kandidat telah dinyatakan diterima sebagai Mahasiswa Baru King Abdulaziz University. Pada tahapan pendaftaran, Pelamar cukup menterjemahkan saja dokumen ke Penerjemah Resmi tanpa perlu melakukan legalisir. Hal ini berlaku untuk semua pendaftaran di Kampus Saudi.

Curicullum Vitae (CV) adalah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup, umumnya CV menjabarkan data dan informasi yang diperlukan untuk melamar beasiswa/pekerjaan. Pada CV biasanya terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat aktifitas/prestasi lainnya. CV adalah bagian penting dalam syarat mendapatkan beasiswa ini. Pelamar agar mampun melakukan pencarian sendiri format CV yang baik dan sesuai dengan kepribadian pelamar.

Pelamar dari kalangan putri harus memiliki wali laki-laki (Mahram), baik sudah sebagai penerima beasiswa atau memegang izin tinggal penduduk (Iqomah) Arab Saudi yang sah. Penjelasan lebih lanjut mengenai Mahram, dapat dibaca di sini. Nantinya, Iqomah (kartu identitas mukim) dari pihak mahram harus dilampirkan pada kolom unggah "Other Supporting document" di formulir pendaftaran elektronik di atas.

Sumber publikasi https://qec.qu.edu.sa/content/pages/2017

Korespondensi selanjutnya dapat dilakukan pada alamat qec.scholarship@qu.edu.sa

Demikian informasi ini disampaikan, Semoga Allah melapangkan rizki kalian dalam menuntut ilmu.

Komentar