Beasiswa S1 - King Saud University, Riyadh. KSA. 2022

 Pendaftaran Beasiswa King Saud University (KSU), Riyadh. Saudi Arabia.
Januari 2022 M - Jumadil Akhir 1442 H



Alhamdulillah.

Di awal tahun 2022 ini, Universitas Raja Saud (bahasa Arab: جامعة الملك سعود Jami'ah al-Malik Su'ud) atau dikenal dengan King Saud University (KSU) membuka pendaftaran beasiswa untuk jenjang S1 bagi pelamar Internasional dari Luar Saudi. 

Website Link Pendaftaran baru: https://si.ksu.edu.sa/Register

Sesuai dengan yang tertera di website resminya, pendaftaran dimulai Sabtu, 28 Jumadil Awwal 1443 H / 1 Januari 2022 M hingga Senin, 28 Jumadil Akhir 1443 H / 31 Januari 2022 M.



Syarat-syarat, antara lain;

✓ Pelamar haruslah memiliki ijazah SMA dan sederajat dengan rata-rata nilai jayyid jiddan (nilai 80/100 menurut pendapat admin grup).
✓ Tidak pernah mengikuti program serupa di Saudi Arabia.
✓ Pelamar harus dalam kondisi sehat secara medis.
✓ Pelamar berusia tidak lebih dari 25 tahun.
✓ Pelamar dari kalangan perempuan, harus memiliki mahram yang sudah berada di Kerajaan Saudi Arabia. Informasi mengenai Mahram dapat dibaca di sini.


Berkas-berkas yang dibutuhkan:

  1. Passport
  2. Ijazah SMA/sederajat ASLI dan terjemahan
  3. Transkrip nilai raport kelas X, XI dan XII/sederajat ASLI (dan terjemahan
  4. Akte kelahiran Asli dan Terjemahan (tidak wajib)
  5. SKCK dan berkas tambahan seperti Surat Rekomendasi berbahasa Arab (tidak wajib)
  6. Download istimarah (formulir data diri) resmi dari KSU di sini.


Jurusan yang tersedia

Sumber Gambar. IG PPMI RIYADH


Petunjuk-Petunjuk Penting.

Cara Pengisian Formulir, silahkan unduh di sini.

Sistem penamaan 4 kata. Penjelasan silahkan baca di sini,

Penerjemahan. Dokumen yang diterjemahkan adalah Dokumen Indonesia ke Bahasa Arab.
Khusus pendaftaran beasiswa ke Universitas di Kerajaan Arab Saudi, Dokumen seperti Ijazah yang sudah dalam bahasa Arab, tidak perlu diterjemahkan lagi pada tahap pendaftaran. Karena itu, usahakan agar berkas seperti Surat Rekomendasi juga sudah tertulis dalam Bahasa Arab agar tidak perlu diterjemahkan lagi agar tidak boros biaya. 
Passport secara mutlak tidak perlu diterjemahkan kedalam bahasa Arab karena merupakan dokumen yang berlaku internasional.
Dokumen terjemahan ga bisa berdiri sendiri. Dia harus selalu bersama aslinya. Gabungkan file asli dan terjemahan menjadi satu kesatuan file PDF. Lakukan itu pada setiap pendaftaran. Kecuali jika memang kolom unggah terjemahan dan aslinya terpisah. Pokoknya intinya jangan pernah kirimkan hasil terjemahan tanpa dilampirkan asli.

Legalisir. Meski tertulis pada publikasi versi PPMI Riyadh bahwa Ijazah harus dilegalisir kementerian pada saat mendaftar, maka tanpa mengurangi rasa hormat, kami hendak meluruskan bahwa Legalisir terjemahan tidak perlu dilakukan hingga pendaftar telah dinyatakan diterima sebagai Calon Mahasiswa Baru. Hal ini juga berlaku pada seluruh pendaftaran kampus lain di Kerajaan Saudi Arabia (KSA). 

Video Tutorial Pendaftaran Beasiswa S1 king Saud University Januari 2022.




.........

Komentar

  1. Bagaimana jikalau kita tidak bisa berbahasa Arab apakah masih bisa jadi pertimbangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja tidak menjadi masalah. Pada jurusan rumpun ilmu agama, King Saud University di Riyadh memberikan fasilitas program mahad lughoh (kelas persiapan bahasa) agar Mahasiswa Internasional yang belum fasih berbahasa Arab dapat diberikan pembekalan kemampuan bahasa Arab sebelum menempuh jenjang S1nya.

      Hapus

Posting Komentar