Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) - Beasiswa S1 dan S2 Brunei Darussalam



Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Brunei Darussalam. Pada Program Beasiswa Sarjana (S1) dan Magister (S2) The Brunei Darussalam Goverment Scholarship (BDGS) 2022/2023.

Waktu pengajuan pendaftaran: 16 Desember 2021 sampai dengan 15 Februari 2022 untuk tahun ajar akademik 2022/2023.

Link informasi pendaftaran beasiswa dan Formulir pendaftaran beasiswa:
http://www.mfa.gov.bn/Pages/bdgs/bdgs2022.aspx

Dari 5 (lima) perguruan tinggi yang bisa diajukan terdapat 1 (satu) perguruan tinggi islam yang fokus menawarkan program-program studi rumpun ilmu Agama, yaitu: Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA).

Program-progran studi di UNISSA ini, terbagi atas dua jenis kategori "Medium" (penggunaan bahasa pada pembelajaran kuliah). Yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Sebagai contoh, pada jejang Sarjana (S1), jurusan dengan Arabic Medium (Bahasa Arab dengan Pengantar Perkuliahan) antara lain:

✓ Bachelor of Usuluddin (Tafsir & Hadith)  
✓ Bachelor of Usuluddin (Aqidah & Da’awah) 
✓ Bachelor of Shariah (Fiqh & Usul) 
✓ Bachelor of Arabic Language 
✓ Bachelor of Islamic History and Civilisation

Sedangkan jurusan dengan English Medium, antara lain:

✓ Bachelor of Science in Islamic Finance 
✓ Bachelor of Business Management 
✓ Bachelor of Islamic Economics 
✓ Bachelor of Halal Science

Hal yang sama juga diterapkan pada Program studi Magister (S2) atau Master.



Info lebih lanjut terkait program dan Medium yang tersedia di UNISSA, silahkan unduh pada: Publikasi resmi berikut dan buka halaman 4.

Dari brosur terkait Entry Requirements (persyaratan pendaftaran) yang direlease oleh pihak UNISSA didapatkan bahwa persyaratan English Proficiency (Sertifikasi Kemampuan Bahasa Inggris) diwajibkan hanya kepada program studi yang masuk dalam Kategori "English Medium" (skor IELTS 6 dan TOEFL 550).

Adapun program studi yang masuk dalam Kategori "Arab Medium", pelamar disyaratkan mencapai skor 6 pada International Arabic Language Testing System (IALTS) atau lulus Arabic Placement Test (APT) conducted by the University (yang nantinya diadakan pihak Universitas) pada tahapan selanjutnya.

Sumber informasi terkait Entry Requirements (persyaratan pendaftaran) yang direlease oleh pihak UNISSA bisa diunduh pada link berikut mulai halaman 6.

Sehingga informasi ini, memudahkan bagi para pelamar yang berminat pada rumpun ilmu agama islam namun belum memiliki sertifikasi kemampuan bahasa untuk didorong agar tidak mengurungkan usaha untuk mendaftarkan diri.

Meski pihak PPI Brunei sendiri, mendorong pendaftar rumpun agama Islam untuk tetap melampirkan/mengusahakan sertifikasi kemampuan bahasa ini. Terutama mengganti lampiran sertfikat IALTS dengan TOAFL untuk menunjukan kemampuan bahasa arab pada pengajuan pendaftaran tiap kandidat.

Sehingga syarat-syarat kandidat yang eligible (layak) untuk mendaftar program beasiswa BDGS untuk tujuan kampus UNISSA ini, antara lain:

  • Berusia 18-25 tahun untuk pelamar bachelor degree (S1) dan maksimal 35 tahun 0 hari untuk pelamar master degree (S2) pada 31 Juli 2022.
  • Mampu membaca Al Qur'an
  • Mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris, untuk pelamar jurusan Medium Bahasa Inggris (melampirkan Sertifikat skor TOEFL/IELTS) dan mampu berkomunikasi dengan bahasa arab, untuk pelamar jurusan Medium Bahasa Arab (disarankan melampirkan skor TOAFL);
  • Memiliki Ijazah SMA/Sederajat bagi pelamar program Sarjana (S1) dan Ijazah S1 bagi pelamar program Magister (S2)/Master.
  • Beasiswa terbuka untuk warga negara-negara ASEAN, Persemakmuran Britania Raya, dan Negara-negara OKI. Namun tertutup bagi warga Brunei Darussalam.

Catatan tambahan syarat wajib kandidat S2, antara lain:

  • Memiliki IPK jenjang S1 setara dengan 2.66 dari 4.0 atau kurang dari 2.66 namun memiliki pengalaman mengajar/bekerja minimal 3 tahun.
  • Harus sudah memiliki Konsep Proposal Riset (Proposal Thesis), untuk pengambilan program S2 Research.

Berkas-berkas yang secara umum dibutuhkan:

  1. Formulir pendaftaran yang dapat diunduh pada web informasi beasiswa BDGS.
  2. Pas Foto ukuran passport,
  3. Berkas-berkas akademik, seperti ijazah, transkrip nilai, Sertifikat studi, surat Rekomendasi guru/dosen,
  4. Seluruh dokumen yang belum berbahasa Inggris wajib diterjemahkan oleh penerjemah tersertifikasi/tersumpah ke dalam bahasa inggris.
  5. Lembar Statement of Purpose (akan dibahas lebih lanjut di tutorial)
  6. Akte Lahir (dan terjemahan) dan Passport.
  7. SKCK (tidak perlu diterjemahkan).



Catatan tambahan tahapan seleksi, antara lain:

Setiap kandidat yang mengikuti tahapan selanjutnya akan dihubungi mengikuti:

  • Ujian Wawancara secara online
  • Ujian membaca Al Qur'an.
  • Arabic Placement Test (APT) bagi jurusan yang Medium Bahasa Arab yang diadakan pihak UNISSA.

Seluruh informasi, formulir dan isian yang akan digunakan seluruhnya menggunakan bahasa Inggris.





Langkah-langkah pendaftaran:

 "Selesaikan membaca baru bertanya" 

  1. Buka web pendaftaran, baca dari awal hingga tuntas. http://www.mfa.gov.bn/Pages/bdgs/bdgs2022.aspx
  2. Simpan semua pertanyaan-pertanyaanmu dan unduh Application Form 2022/2023 pada web tersebut.
  3. Buka formulir pendaftaran yang sudah diunduh, kemudian baca dari awal hingga tuntas.
  4. Simpan semua pertanyaan-pertanyaanmu dan kemudian unduh dan buka Quick Links yang memuat progam-program studi yang ditawarkan UNISSA pada web pendaftaran di atas. Kemudian baca dari awal hingga tuntas. Pada titik ini, tetap simpan semua pertanyaan-pertanyaanmu.
  5. Kemudian, buka video tutorial pengisian formulir pada link https://youtu.be/w4jDEgCU8FY (umum S1 dan S2)
  6. Dan kemudian buka dan perhatikan pula https://youtu.be/ZOITR23Yaek (pelamar S2). Simak Video ini dari awal hingga tuntas.
  7. Apresiasi pemilik akun youtube dengan memberikan like dan menyimak ulasan² beliau yang lain terkait BDGS, Misalnya video https://youtu.be/pQdbI5ahNK0
  8. Dari video-video youtube di atas, maka dapat diketahui bahwa:


  • Yang dimaksud berkas "Security Vetting from Country of Origin/Residence" adalah SKCK. SKCK tidak perlu diterjemahkan.
  • Pengisian kode jurusan pada formulir jangan sampai tertukar. Beasiswa S2 program research dan S2 program Coursework memiliki kode, medium dan masa pendidikan yang berbeda.

        Apa beda S2 research dan coursework? Simak ulasan berikut

https://www.minhatiy.com/2020/03/ambil-s2-program-master-by-research.html

  • Indonesia dan Brunei menganut sistem penilaian akademis yang berbeda pada tingkat SMP dan SMA.

        Indonesia memiliki Kurikulum Nasionalnya sendiri.

        Brunei memiliki Kurikulum Internasional: Cambridge International Examination.

            🔹 Pada awardee asal Indonesia yang sudah diterima di Brunei, Untuk pelamar S1, kolom General Certificate of Education (O-level / Ordinary Level) pada formulir mereka isi dengan nilai pada traskrip ijazah SMP/sederajat.

                Kemudian kolom General Certificate of Education (A-level / Advanced Level) pada formulir mereka isi dengan nilai pada traskrip ijazah SMA/SMK/MA/sederajat.

            🔹 Untuk pelamar S2, kolom General Certificate of Education (O-level / Ordinary Level) pada formulir mereka isi dengan nilai pada traskrip ijazah SMA/MA/sederajat.

                Kemudian kolom General Certificate of Education (A-level / Advanced Level) pada formulir mereka isi dengan nilai pada traskrip ijazah S1.

            🔹 Agar perhatikan pula bagaimana mereka mengisi kolom Grade, Medium dan Examination Body pada video YouTube pada poin 6.


  • Agar memanfaatkan setiap PDF jenis² pilihan jurusan dan kampus pada poin 4 sebagai referensi pengambilan jurusan. Jangan urungkan pendaftaran apabila belum memiliki "A" level Qualification atau "O" level Qualification atau STPUB Qualification yang tertulis. Biarkan panitia kampus saja yang menilai apakah kamu layak untuk menerima beasiswa ini atau tidak, berdasarkan berkas Ijazah dan transkrip nilai yang pelamar kirimkan melalui email.
  • Harap diketahui dan agar bisa diterapkan ke seluruh pendaftaran di Luar Negeri. Bahwa dokumen hasil terjemahan adalah dokumen yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa dilampirkan dokumen yang asli.

        Jadi pastikan pada sebuah portal pendaftaran, pelamar turut melampirkan keduanya menjadi satu kesatuan file.

  • Reference Letter/surat Rekomendasi (C1 dan C2) sudah berformat baku dan elemen formulir yang sangat Penting. Minta pemberi rekomendasi mengisi isian. Dan pastikan terdapat pengajar/professor yang mengajarmu pada jenjang sebelumnya sebagai salah satu pemberi rekomendasi.
  • Lembar Endorsement bisa diisi oleh siapapun asalkan dari pihak pemerintahan. Baik Pemerintah Pusat maupun pihak Dinas di Pemerintah Daerah. Bagi yang tinggal di Jakarta, bisa mengajukan ke Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud. Bagi yang tinggal di Luar Jakarta, dapat mengajukan ke dinas pendidikan atau Depag masing2 pemda. Cukup meminta tanda tangan-tanda tangan Asli seorang pegawai pemerintah yang berwenang.
  • Formulir diisi dengan diketik (tidak ditulis tangan).

Jangan menunda dan terpaku pada deadline pengiriman untuk mengirimkan berkasmu. Pengiriman berkas diakhirkan berpotensi pada kegagalan pengiriman karena fullnya inbox pihak BDGS. 

Email dikirim boleh dengan subjek: BDGS (nama lengkap).

Satukan seluruh dokumen menjadi satu file. Dengan maksimal ukuran 10 MB.





Komentar