Beasiswa Mahad Lughoh dan Sarjana (S1) Princess Nourah University (PNU), Riyadh 2022.

 
Princess Nourah bint Abdulrahman University (PNU) di Riyadh Kerajaan Saudi Arabia (KSA) membuka portal pendaftaran pengajuan beasiswa untuk Mahasiswa Internasional (Non-Saudi) untuk tahun akademik 1444 H.

Pendaftaran dimulai pada Rabu, 23 Februari 2022 dan Deadline pendaftaran akan berakhir pada hari Ahad, 27 Maret 2022.

Link Formulir Pendaftaran: https://op.pnu.edu.sa/Scholarships/External.aspx

Eligibilitas (Kriteria Layak) Pelamar

  1. Princess Nourah University (PNU) adalah kampus khusus Putri;
  2. Usia pelamar minimal 17 tahun dan maksimal 25 tahun untuk program sarjana maupun Mahad Lughoh (kelas persiapan bahasa untuk pengajaran Bahasa Arab bagi Penutur Non-Arab).
  3. Pelamar memiliki ijazah SMA atau yang sederajat.
  4. Pelamar tidak sedang diberikan beasiswa lain dari lembaga pendidikan lain yang membuat ia terbang dan mendapatkan visa Arab Saudi.
  5. Tidak pernah DO dari kampus PNU dan institusi pendidikan lain di Arab Saudi sebelumnya.
  6. Tahun kelulusan sekolah menengah tidak boleh lebih dari lima tahun.
  7. Pelamar harus lulus pemeriksaan kesehatan dan sehat secara medis.
  8. Pemerintah negara pelamar menyetujui Pelamar untuk belajar di Kerajaan Arab Saudi (Nantinya cukup dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Diknas/Kemenag Kabupaten/Provinsi/Pusat).
  9. Terjemahan Ijazah harus disertifikasi oleh atase kebudayaan Saudi di negara penerbit ijazah (legalisir terjemahan dilakukan pada saat proses pembuatan visa apabila calon mahasiswi dinyatakan diterima. Untuk Pendaftaran, dokumen tersebut belum diperlukan. Cukup unggah ijazah asli dan terjemahan saja).
  10. Pelamar tidak memiliki riwayat kejahatan (Cukup buktikan dengan SKCK).

Berkas-berkas yang diperlukan untuk diunggah:

Terdapat 9 (Sembilan) File yang dapat diunggah pada formulir pendaftaran Princess Nourah bint Abdulrahman University (PNU) tahun ini. Hanya berkas yang berbintang merah yang wajib dimiliki.
  1. Halaman muka Ijazah SMA/MA/Sederajat (Belum perlu dilegalisir pada tahapan pendaftaran) *Dokumen Wajib.
  2. Transkrip nilai Ijazah. (Belum perlu dilegalisir pada tahapan pendaftaran) *Dokumen Wajib.
  3. Terjemahan Ijazah dan Transkrip nilai (Seluruhnya digabungkan menjadi satu file PDF. Belum perlu dilegalisir pada tahapan pendaftaran) *Dokumen Wajib.
  4. Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKKB) dari sekolah. Jika tidak memungkinkan, paling tidak dapat diganti dengan dua buah surat rekomendasi dari lembaga/yayasan/ormas islam yang diakui Pemerintah. Dan Terjemahannya. (Seluruhnya boleh dikumpulkan dan digabungkan menjadi satu file PDF).
  5. Paspor yang masih berlaku. *Dokumen Wajib.
  6. Surat persetujuan dari negara pemohon untuk belajar di kerajaan Arab Saudi (Merupakan Surat Resmi dari Lembaga Negara dapat berupa Surat Rekomendasi untuk melanjutkan study/belajar dari Kantor Dinas Pendidikan/Kemenag Kabupaten/Provinsi/Pusat atau Pejabat Negara berwenang lainnya) dan Terjemahannya.
  7. Surat Izin Polisi yang masih berlaku (SKCK). (Usahakan minimal SKCK Polda. Kalau tidak bisa, barulah ambil yang tingkatan di bawahnya. Sampaikan ke pihaknya kalau SKCK dibuat untuk tujuan "melanjutkan pendidikan", tidak perlu secara spesifik disampaikan hendak mendaftar ke PNU atau ke Saudi agar tidak dipersulit proses pembuatan) dan terjemahannya jika hanya masih dalam bahasa Indonesia.
  8. Laporan medis yang dikeluarkan maksimal 3 bulan sebelum melamar. Hasil Medical Check Up (MCU) / Catatan Kesehatan bisa didapat dari Rumah Sakit, klinik atau Puskesmas. Dan Terjemahannya. *Dokumen Wajib.
  9. Iqomah Mahram dan Tanda Bukti hubungan antara yang bersangkutan dengan Pelamar. Dan Terjemahannya jika dokumen pendukung tanda bukti masih dalam Bahasa Indonesia.
Seluruh dokumen discan dan dapat diunggah dalam bentuk JPG ataupun PDF. Kami menyarankan agar dokumen di scan menjadi PDF saja untuk mengoptimalkan jumlah halaman yang lebih dari satu halaman muka pada satu file.
Ukuran maksimal File masing-masing adalah 2.4 MB

Dokumen apa saja yang harus diterjemahkan?

  • Dokumen yang diterjemahkan adalah Dokumen Indonesia ke Bahasa Arab/Inggris.
  • Khusus pendaftaran beasiswa ke Universitas di Kerajaan Arab Saudi, Dokumen seperti Ijazah yang sudah dalam bahasa Arab/Inggris, tidak perlu diterjemahkan lagi pada tahap pendaftaran.
  • Karena itu, usahakan agar berkas seperti Surat Rekomendasi dan SKKB juga sudah tertulis dalam Bahasa Arab/Inggris agar tidak perlu diterjemahkan lagi agar tidak boros biaya.
  • Passport secara mutlak tidak perlu diterjemahkan kedalam bahasa Arab karena merupakan dokumen yang berlaku internasional.
  • Dokumen terjemahan ga bisa berdiri sendiri. File harus selalu digabung dan dilampirkan bersama aslinya. Lakukan itu pada setiap pendaftaran. Kecuali jika memang kolom unggah terjemahan dan aslinya terpisah (Pada pendaftaran PNU ini adalah kolom unggah ijazah dan transkrip). Pokoknya intinya jangan pernah kirimkan hasil terjemahan tanpa dilampirkan asli.

Legalisir. Legalisir dari Ijazah dan Transkrip nilai diperlukan hanya jika kandidat telah dinyatakan diterima sebagai Mahasiswa Baru Princess Nourah bint Abdulrahman University (PNU). Pada tahapan pendaftaran, Pelamar cukup menterjemahkan saja dokumen ke Penerjemah Resmi tanpa perlu melakukan legalisir. Hal ini berlaku untuk semua pendaftaran di Kampus Saudi.

Informasi lebih lengkap terkait eligibilitas dan persyaratan 2022 dapat di lihat pada WEB RESMI PNU di sini.

Hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Sesuai dengan Dekrit No. 94 dated 29/3/1431 AH regulating the admission of students of non-Saudi scholarships in higher education institutions in the Kingdom, Pelamar Internasional tidak dapat mengambil jurusan pada rumpun Ilmu Kesehatan.
  2. Mahasiswa penerima beasiswa internasional harus langsung meninggalkan Kerajaan ketika masa studinya telah berakhir. Mereka pun dilarang bekerja untuk perorangan atau perusahaan selama masa studi, atau jika terbukti melanggar, maka status beasiswa dan hak tinggalnya akan diberhentikan.

Informasi lebih lengkap terkait hal-hal ini dapat dilihat di sini. 



Tutorial Pendaftaran:

1. Buka Link Formulir Pendaftaran https://op.pnu.edu.sa/Scholarships/External.aspx

Selanjutnya pelamar akan mendapatkan tampilan sebagai berikut:



Silahkan klik تقديم طلب منحة خارجية untuk memulai pendaftaran baru. Nantinya apabila pengisian belum diselesaikan dengan sempurna, pelamar pun dapat memanfaatkan menu التعديل / الاستعلام عن الطلب  pada bagian bawah untuk melakukan pengeditan pengisian asalkan pengajuan belum diajukan.

Setelah tombol  تقديم طلب منحة خارجية ditekan, pelamar akan langsung dapat melakukan pengisian formulir.

2. بيانات شخصية Personal Data  

3. بيانات أكاديمية Academic Data 

  • Pengisian kolom kosong pada Akademic Data dipersilahkan menggunakan huruf latin ataupun Hijaiyah.
  • Pilihan Asal Jurusan, untuk rekan-rekan yang berasal dari jurusan IPA dapat memilih Scientific atau علمي, bagi yang berasal dari jurusan IPS, Sastra, Keagamaan dapat memilih Literary atau أدبي . Bagi kawan-kawan yang berasal dari sekolah kejuruan atau lainnya dapat memilih Others.
  • Apabila predikat pada nilai rata-rata ijazah tidak tertera pada ijazah, dapat menggunakan konversi tabel berikut:


4. بيانات صحية Health information about you

5. بيانات التواصل / Communication Data

  • Pada penulisan Nomor HP Primer dan Sekunder, isi kode negara dengan penambahan 00 kemudian 62 (kode negara indonesia), pada kolom selanjutnya silahkan masukan angka yang tersisa. Format 81234567890.
  • Tidak ada acuan baku dan urutan pada Alamat Rumah, boleh diisi dengan nama provinsi boleh juga diisi lebih detail.
  • Alamat Rumah Detail, agar diisi dengan asumsi penggunaan surat menyurat.
  • Alamat Email agar masukan alamat email aktif.

6. حالتك الاجتماعية Social status



7. تحميل المستندات  (Pengunggahan Dokumen)

Tahapan Pengunggahan. Agar Pelamar menekan "Choose File" untuk memilih file yang hendak diunggah. Kemudian setelah dipilih, unggah dengan menekan tombol رفع. Setelah file terunggah dengan baik, barulah beranjak ke file selanjutnya.

Legalisir. Legalisir dari Ijazah dan Transkrip nilai diperlukan hanya jika kandidat telah dinyatakan diterima sebagai Mahasiswa Baru 
Princess Nourah bint Abdulrahman University (PNU). Pada tahapan pendaftaran, Pelamar cukup menterjemahkan saja dokumen ke Penerjemah Resmi tanpa perlu melakukan legalisir. Hal ini berlaku untuk semua pendaftaran di Kampus Saudi.

8. تعهد obligations  

Langkah terakhir adalah membaca, memahami, dan mematuhi seluruh ketentuan yang terdapat pada tahapan Obligation (Kewajiban) kemudian menekan checkbox di bagian samping tulisan 

 أقرّ أنني قرأت ما ورد أعلاه وأوافق . I read the above and I agree upon. 


9. Periksa kembali formulir yang telah diisi beserta dokumen-dokumen yang telah diunggah. Jika sudah sesuai dengan yang hendak dikirimkan ke pihak kampus, selesaikan pengajuan pendaftaran Beasiswa ini dengan menakan tombol "Send".

PERINGATAN: Apabila tombol "Send" sudah ditekan, pengeditan dengan menggunakan menu التعديل / الاستعلام عن الطلب  di depan, tidak akan berfungsi lagi. Kegiatan Pengeditan berkas dan formulir dapat selalu dilakukan asalkan menu "send" ini belum ditekan dan jadwal masa pendaftaran belum ditutup pada hari Ahad, 27 Maret 2022.

Sebaliknya, Pengajuan Pendaftaranmu tidak akan terkirim apabila tombol "send" belum ditekan.

10. Tampilan setelah tombol "send" ditekan:


Simulasi pendaftaran yang kami lakukan mendapatkan nomor pendaftaran/ Roqm Tholab 94. Agar masing-masing pendaftar mencatat dan menyimpan 
nomor pendaftaran/ Roqm Tholab masing-masing. 

Semoga Allah senantiasa melapangkan rezeki kalian dalam menuntut Ilmu.





 



Komentar

  1. Assalamu'alaikum, afwan sebelumnya, jika persyaratan nya harus sudah ada ijazah, bagaimana dengan saya yang baru tamat SMA pada bulan Maret tanggal 31 inii, sedangkan pendaftaran ditutup tanggal 27 maret��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu. Gapapa, dik. Kamu bisa persiapkan berkas lebih awal untuk pendaftaran tahun depan. :)
      Mohon maaf kalau kami telat responnya ya. Lain kali kalau butuh konsultasi, coba hubungi kita di Telegram atau WA. Manfaatkan link ini https://linktr.ee/minhatiy

      Hapus
  2. afwan, ana sudah melengkapi semua persyaratannya tapi kenapa yah tidak bisa di send dan disuruh ulang lagi berkali-kali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam, Dik. Belakangan baru diketahui bahwa berkas dengan tanpa bintang merah seperti SKKB, Surat Rekomendasi Negara dan SKCK harus tetap diunggah agar tombol send bisa ditekan dan pendaftaran bisa diselesaikan. :)

      Hapus
  3. Di PNU ini ada jurusan apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini, Mahasiswa Internasional pada jenjang S1, dapat mengambil jurusan lughotul arabiyah (sastra / bahasa arab) dan Dirosat Islam (Studi Islam). Namun bisa berubah kapanpun berdasarkan ketentuan dari pihak kampus.

      Hapus

Posting Komentar