KJJ (Kuliah Jarak Jauh) Safwa University Mesir - 1445 H

 بسم الله الرحمن الرحيم 

Pembukaan pendaftaran KJJ (Kuliah Jarak Jauh) Safwa University di Mesir Tahun Akademi 2023/2024 atau 1445 H.

Sekilas tentang Safwa University:

Safwa University berpusat di Negara Mesir. Namun seluruh sistem pembelajarannya adalah daring/ online via Telegram, YouTube, dan Zoom Meeting. Seluruh kegiatan pembelajaran diberikan Bebas Biaya Pendidikan (Beasiswa Penuh) dan kitab-kitab yang dipelajari juga akan dibagikan filenya (PDF) di channel Telegram. Karena online, untuk dapat menyelesaikan secara utuh perkuliahan, dibutuhkan komitmen belajar yang serius dan sungguh-sungguh. Calon Mahasiswa juga disyaratkan telah menguasa bahasa Arab sebagai bahasa pengantar (medium) perkuliahan.

Dosen/ Pengajar:

Dosen/ pengajar semuanya merupakan Masyayikh Timur Tengah yang mahir di bidangnya masing-masing. Seperti;

  • Syaikh Wahid bin Abdussalam Baali حفظه الله 
  • Syaikh Khalid bin Mahmud Al-Juhani حفظه الله 
  • Syaikh Aiman bin Musa حفظه الله 
  • Syaikh Nur Sya'lan حفظه الله 
  • Syaikh Muhammad bin Thaha حفظه الله 
  • Dan Masyayikh lainnya حفظهم الله

Safwa University ini dinaungi oleh:

  1. Syaikh Wahid bin Abdussalam Bali (Rektor Universitas) حفظه الله 
  2. Syaikh Khalid bin Mahmud Al Juhani (Mudir) حفظه الله 

Legalitas:

Safwa University belum diakui secara hukum, namun sedang diproses agar mendapat pengakuan sesegera mungkin.

Mahasiswa Indonesia dapat dengan mudah mengambil gelar di Indonesia dengan memanfaatkan Program pengindukan Ijazah dengan mengambil perkuliahan tambahan (berbayar) dengan gelar S.Pd (Pendidikan Agama Islam) atau S.H (Hukum Islam) Yang diselenggarakan Safwa University of Indonesia (SUNI) maupun BEM Safwa Indonesia (2 organisasi berbeda, silahkan klik masing-masing huruf berwarna biru).

Program-program yang ditawarkan KJJ (Kuliah Jarak Jauh) Safwa University di Mesir (Beasiswa)

  1. S1 Fakultas Dakwah dan Irsyad - MALIK (Ma'had Al 'Alami lil Aimmati Wal Khuthoba), gelar Bachelor of Art (BA).
  2. S1 Fakultas Syariah dan Bahasa Arab - KUSA (Kuliyah 'ulumi Syar'iyyah Wal Arabiyyah), gelar License (Lc),
  3. S2 Magister fii ulumil Qur'an dan Diploma 'Aly fii Tafsir - Akademi Syifaul Qulub dan Akademi Mudakkar Al Alamiyyah.

MALIK (Ma'had Al 'Alami lil Aimmati Wal Khuthoba) - S1 Dakwah dan Irsyad

MALIK adalah singkatan dari Ma'had Al 'Alami lil Aimmati Wal Khuthoba, merupakan sebuah fakultas di Jami'ah Safwa yang lebih berfokus pada pengkaderan Dai dan Khotib. Kadang disebut pula sebagai Fakultas Dakwah dan Irsyad.
Tidak seperti saudaranya (KUSA), masa belajar di Program MALIK lebih intensif dan sangat padat. Masa studi ditempuh dalam waktu 2 tahun, dengan waktu pembelajaran yang tidak fleksibel. Para Mahasiswa MALIK akan belajar menggunakan media Zoom (5 kali sepekan) mengikuti waktu mesir (selesih +6 jam dari WIB). Di MALIK, nilai kehadiran akan sangat diperhitungkan meskipun pada umumnya tetap terdapat rekaman pembelajaran di channel Telegram.
Calon Mahasiswa MALIK harus sudah memiliki kemampuan berbahasa Arab dan telah hafal sedikitnya 3 juz dari Al Qur'an (Juz 28, 29 dan 30) sebelum mendaftar. Nantinya calon Mahasiswa akan melewati test hafalan via Gform.
  • Pendaftaran sudah dibuka sejak 15 Ramadhan 1444 H (6 April 2023)
  • Pendaftaran akan ditutup jika kuota penuh atau pada tanggal 15 Syawal 1444 H (05 Mei 2023).
  • Perkuliahan akan dimulai pada bulan Muharram setiap tahunnya.
    Calon Mahasiswa Baru asal Indonesia diharapkan:
    1. Melakukan pengisian Link Formulir Pendaftaran resmi: klik di sini.
    2. Setelah melakukan pendaftaran, agar wajib mengikuti saluran Telegram, dan Facebook resmi MALIK. (klik tulisan biru)
    3. Agar juga mengikuti perkembangan berita perkuliahan dari Lembaga Kemahasiswaan Indonesia: BEM Safwa Indonesia. (Profil Lembaga dan formulir survei keikutsertaan Malik oleh BEM terdapat di bagian bawah Artikel ini)


    KUSA (Kuliyah 'ulumi Syar'iyyah Wal Arabiyyah) - S1 Syariah dan Bahasa Arab

    KUSA adalah singkatan dari Kuliyah 'ulumi Syar'iyyah Wal Arabiyyah, merupakan sebuah fakultas di Jami'ah Safwa yang berfokus pada pembelajaran ilmu Syar'i yang nantinya Mahasiswa akan mempelajari ilmu Fiqh sesuai Mazhab yang dipilih. Kadang disebut pula sebagai Fakultas Syariah dan Bahasa Arab.
    Pembelajaran program KUSA dilaksanakan dengan Transkrip Pembelajaran yang dibagikan dengan audio visual melalui media belajar yang ada (Telegram, Youtube, pembelajaran bersama kelompok, dll) dimana materi akan disampaikan 4 kali sepekan. Pengambilan materi dalam sehari bersifat fleksibel dimana rtidak ada waktu khusus untuk menyimak. Para Mahasiswa KUSA akan mengerjakan Ujian Semester via Website dan Google Form (sesuai dengan arahan dari Kampus pusat) dimana link ujian akan dibagikan di channel Telegram. Masa tempuh penyelesaian pendidikan adalah selama 4 tahun.
    Calon Mahasiswa KUSA harus sudah memiliki kemampuan berbahasa Arab (minimal pasif). 
    • Pendaftaran sudah dibuka sejak 3 Ramadhan 1444 H (25 Maret 2023).
    • Pendaftaran akan ditutup jika kuota penuh atau pada tanggal 29 Dzulqo'dah 1444 H (18 Juni 2023).
    • Perkuliahan akan dimulai pada bulan Muharram setiap tahunnya.

    Calon Mahasiswa Baru asal Indonesia diharapkan:
    1. Melakukan pengisian link Formulir Pendaftaran resmi: klik di sini.
    2. Setelah melakukan pendaftaran, agar wajib mengikuti saluran resmi telegram kampustelegram angkatan, youtube, facebook, instagram dan twitter KUSA yang terdapat pada formulir. (atau klik tulisan biru)
    3. Agar juga mengikuti perkembangan berita perkuliahan dari salah satu antara dua lembaga perwakilan Indonesia: BEM Safwa Indonesia atau SUNI, dengan informasi lebih detail pada artikel di bagian bawah Artikel.
    Publikasi pendaftaran Tahun 2023 (1445 H):


    Akademi Syifaul Qulub dan Akademi Mudakkar Al Alamiyyah - Magister fii ulumil Qur'an dan Diploma ali fii tafsir



    أكاديمية شفاء القلوب وأكاديمية مدكر العالمية
    عبر الشبكة العنكبوتية, الأكاديمية تمنح درجة الماجستير في علوم القرآن والدبلوم العالي في التفسر
    الدراسة مجانية وتبدأ أول شهر المحرم
    سيتم غلق استمارة التسجيل عند اكتمال العدد أو يوم ١ ذو القعدة ١٤٤٤هـ= ٢١ مايو ٢٠٢٣م أيهما أقرب
    نرجو عدم التسجيل أكثر من مرة
    إذا شعرت بضيق في صدرك أو ألم فى قلبك فانضم الينا
    .....اقرأ ما شئت ، واحفظ ما شئت ، واكتب ما شئت ، ولكنك بغير القرآن لن تنجو ، ولن تسعد ، ولن تفلح "القرآن حياة القلوب"



    Akademi syifaul qulub dan akademi mudakkar al alamiyyah menawarkan program kuliah online untuk jenjang S2. Akademi akan memberikan gelar Magister fii ulumil Qur'an dan Diploma ali fii tafsir.
    Tidak terdapat syarat usia dan pelamar wajib memiliki Ijazah S1 dan telah menguasai Bahasa Arab.
    Program ini, Full beasiswa dan perkuliahan akan dimulai awal bulan Muharram.

    Untuk pendaftaran, peminat agar melakukan:
    1. Pengisian form pada link berikut: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScm5ppqRHcfMJvlVq1fQGtu_CT3OZIuT315P_J_kDugzgxfGw/viewform?usp=sf_link
    2. Kemudian Pendaftar agar langsung bergabung pada kanal Telegram berikut: https://t.me/shifaalqulub5 (kanal telegram pendaftar 1445)
    Jadwal Penting:
    • Secara umum, pendaftaran kuliah dibuka pada bulan Ramadhan setiap tahunnya.
    • Pendaftaran akan ditutup jika kuota penuh atau pada tanggal 1 bulan Dzulqo'dah setiap tahunnya (pada 2023, jatuh pada 21 Mei 2023).
    • Perkuliahan akan dimulai pada bulan Muharram setiap tahunnya.
    Untuk mengikuti info-info dari Akademi, silahkan bergabung ke channel Telegram https://t.me/shifaalqulub0 (kanal telegram kampus) dan facebook https://www.facebook.com/Shifaalqulubacademy/

    Perhatikan bahwa ada dua kanal telegram yang berbeda antara Kanal Telegram Kampus dan Kanal Telegram Angkatan 1445.

    احتسب عند نشر الإعلان أن لك مثل أجور من يصلهم هذا الخير

    Untuk yang ingin mengetahui lebih detail mengenai program Magister (S2) Online Akademi Syifaul Qulub ini, bisa juga mengunduh PDF berikut ini.


    Seputar Mahasiswa Indonesia di Jami'ah Sofwa

    Kampus Safwa University Pusat yang berada di Mesir, telah membuka kesempatan kerja sama bagi pihak yang mau membuka cabang perwakilan di negara-negara masing-masing. Kesempatan ini pun juga diberikan kepada Indonesia, sehingga banyak pihak bagi ma'had, sekolah, ataupun perorangan yang ingin bekerja sama membuka cabang di Indonesia. 2 (dua) lembaga terbesar di Indonesia antara lain:

    BEM SAFWA Indonesia

    BEM Safwa Indonesia hadir untuk membantu mahasiswa/i Safwa University of Egypt (Mesir) dalam proses pembelajaran. Mereka berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memfasilitasi mahasiswa/i agar semangat dalam proses menuntut ilmu. Mereka akan berusaha untuk membagikan informasi penting seputar Safwa University of Egypt (Mesir), Event-event terkait kampus, bimbingan ujian dan lain sebagainya.
    Secara umum, pendaftaran program-program Safwa University Mesir dibuka pada bulan Ramadhan. Dan saat ini Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Safwa Indonesia (klik tulisan biru untuk melihat profil), sudah mulai mendata Calon Mahasiswa Baru untuk tahun angkatan 1445 H. Pada link-link di bawah ini.
    • Calon Mahasiswa Baru yang sudah melakukan pengisian resmi pada link pendaftaran program MALIK 1445, agar mengisi pula formulir Mahasiswa Baru asal Indonesia oleh BEM Safwa, sebagai bentuk survei keikutsertaan dengan memanfaatkan link berikut: bit.ly/camabamalik1445
    • Calon Mahasiswa Baru yang sudah melakukan pengisian resmi pada link pendaftaran program KUSA 1445, agar mengisi pula formulir Mahasiswa Baru asal Indonesia oleh BEM Safwa, sebagai bentuk survei keikutsertaan dengan memanfaatkan link berikut: bit.ly/camabakusa1445
    • Untuk Mahasiswa Baru program S2 Ulumul Qur'an Akademi Syifaul Qulub 1445, cukup melakukan pendaftaran sekali pada formulir isian resmi Safwa University pada publikasi.

    Manfaatkan media resmi BEM Jami'ah Safwa (Badan Eksekutif Mahasiswa Indonesia - Jami'ah Safwa):

    Website: https://bemsafwaindonesia.com/ 
    Link Sosial Media: https://znap.link/bemsafwaindonesia,
    Akun Instagram: BEM Safwa Indonesia.
    Kanal Telegram: https://t.me/bemsafwaindonesia

    Program Utama Universitas Safwa di Mesir adalah Gratis (Full Beasiswa). Program pendukung yang dibuat oleh Mahasiswa Indonesia di Universitas Safwa lah yang berbayar dan sifatnya tidak wajib untuk diikuti. Program-program ini antara lain:

    • Ma'had online persiapan Bahasa Arab (I'dad Lughowi), Al Qur'an dan Perkuliahan di Jami'ah Safwa: https://www.instagram.com/mahad_al_alamy/ (digerakkan oleh Mahasiswa-mahasiswa Senior dari BEM Safwa Indonesia).
    • Pengindukan Ijazah. Pada Program MALIK dan KUSA, BEM Safwa Indonesia menjalin kerjasama dengan STAI Darul Qolam Tangerang untuk perkuliahan tambahan pendamping, dalam rangka pengambilan gelar S.Pd dan SH yang telah terakreditasi B dalam mengadakan pengindukan ijazah yang resmi dan diakui negara. Info lebh lanjut, klik di sini.


    SAFWA UNIVERSITY OF INDONESIA (SUNI)

    Bagi Penuntut Ilmu asal Indonesia yang memilih program KUSA, dapat pula bergabung pada komunitas SUNI dengan mengunjungi:

    SAFWA UNIVERSITY OF INDONESIA merupakan koordinator dan fasilitator bagi para mahasiswa/i Indonesia yang belajar di Program KUSA, Safwa University. Selain itu, SUNI juga menjalin kerjasama dengan STAI Al-Aqidah Al-Hasyimiyah Jakarta yang telah terakreditasi B dalam mengadakan pengindukan ijazah yang resmi dan diakui negara.

    Awal mula lembaga ini, berawal dari dibuatnya channel telegram KUSA Indonesia di tahun 2020 sebagai wadah sekaligus fasilitator dalam mempermudah proses belajar para penuntut ilmu di Safwa University. Secara resmi menjadi perwakilan Safwa University di Indonesia pada tanggal 9 Juni 2021, setelah tanda tangan akad kerjasama oleh Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafizhahullah selaku rektor di Safwa University.

    Pada tahun 2022 Safwa University of Indonesia (SUNI) pun berdiri dengan program tambahan baru selain program utama yaitu membantu dan memfasilitasi mahasiswa/i yang belajar di KUSA, Safwa University.

    Pengindukan Ijazah

    Mahasiswa Indonesia dapat dengan mudah mengambil gelar di Indonesia dengan memanfaatkan Program pengindukan Ijazah dengan mengambil perkuliahan tambahan di Safwa University of Indonesia dengan gelar S.Pd (Pendidikan Agama Islam) atau S.H (Hukum Islam). Pada prosesnya pengindukan gelar ini seperti mengikuti program perkuliahan biasa yang dikerjakan bersamaan dengan perkuliahan di Mesir (Lc) dan merupakan program berbayar. 

    • Program pengindukan Ijazah yang diselenggarakan BEM Safwa Indonesia berkerjasama dengan STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Darul Qolam di Tangerang (info lebih detail klik di sini).
    • Program pengindukan Ijazah yang diselenggarakan Safwa University of Indonesia (SUNI) berkerjasama dengan STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Al Aqidah Al Hasyimiyah di Jakarta (info lebih detail klik di sini).

    __________________________________________________

    Poin-poin kunci Safwa University:

    1. Full Online, Tanpa Biaya Pendidikan, Terbuka bagi putra dan putri, tanpa batas usia.

    2. Ijazah program belum diakui. Namun Mahasiswa Indonesia telah berinisiatif memiliki pengindukan ijazah (kuliah program pendamping) dengan gelar S.Pd dan S.H, sudah terakreditasi B.

    3. Pengantar perkuliahan berbahasa Arab 

    4. Komunitas dan Persatuan Mahasiswa Indonesia nya sudah banyak terbentuk, aktif, masif dan cukup solid.

    5. Butuh komitmen dan Prioritas waktu untuk belajar. Jangan iseng coba-coba, hargai waktu dan kesempatan antum. Penuhi dulu tekad, niat dan semangatnya.

    Komentar