Perkara Verfikasi Akun Pendaftaran Menggunakan Nomor Seluler via SMS yang Tidak Kunjung Terkirim


Bismillahirrahmannirrahim.

Verfikasi Akun Pendaftaran menggunakan Nomor Seluler via SMS pada pengajuan pendaftaran Beasiswa di Luar Negeri, mungkin merupakan suatu tantangan tersendiri yang dapat menjadi kendala dalam proses kelancaran penyelesaian bagi Pelamar beasiswa.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, mengikuti alur yang memang disediakan sistem, kemudian bertawakkal dengan menunggu kode verifikasi benar-benar dikirimkan ke nomor ponsel yang Pelamar masukkan ke dalam kolom formulir. Sehingga, Pelamar agar memasukan nomor ponsel masing-masing lengkap dengan kode negara (misalnya: Indonesia +62) menggantikan angka 0 pertama dilanjutkan nomor, dan menunggu verifikasi benar-benar dikirimkan dengan platform yang ada di perangkat masing-masing.

Setelah ikhtiar/usaha di atas dilaksanakan dan ternyata kode verifikasi tak kunjung datang, maka jangan jadikan kendala ini menyurutkan usaha Pelamar untuk mengajukan pendaftaran beasiswa. Silahkan ikuti langkah sebagai berikut:

Cara Kedua, Membuat/Memanfaatkan Nomor Virtual yang berbasis kode Negara lain.

Nomor ponsel Virtual merupakan nomor ponsel yang tidak mempunyai bentuk fisik seperti sim card yang ada pada ponsel kita, namun bisa melakukan beberapa fungsi umum seperti menerima SMS.

Cara membuat Nomor ponsel virtual sangatlah banyak dan terbilang cukup mudah, beberapa metode yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi, melalui situs penyedia virtual number, menggunakan jasa atau membeli nomor secara online.

Namun sayangnya, membuat nomor virtual ini tidak seluruhnya adalah gratis. Pelamar dituntut untuk membuat akun pada jasa/web penyedia dan mengeluarkan biaya pembuatan. Hal-hal ini tentu sangat merugikan Pelamar beasiswa karena membuat akun pendaftaran pengajuan beasiswa saja sudah rumit, mengapa harus ditambah dengan membuat akun nomor virtual? Dan kita berusaha untuk menambah pengeluaran finansial.

Maka penulis berusaha untuk menemukan cara paling mudah, gratis dan praktis yang dapat diikuti Pelamar untuk menyukseskan proses pendaftaran.

1. Gunakan laptop/PC dengan akses internet pada setiap langkah proses ini.

2. Web penggunaan nomor virtual yang direkomendasikan adalah https://onlinesim.ru/en/ silahkan dibuka, digunakan dan dimanfaatkan.

3. Setelah halaman terbuka sempurna, Scroll halaman hingga terlihat tampilan seperti ini.

4. Kami merekomdasikan Pelamar agar memilih pilihan tujuan negara sesuai dengan tujuan negara Universitas/Lembaga yang dilamar. Jika tidak ada, agar memilih negara yang memiliki regional yang berdekatan (mis. Pengajuan Pendaftaran ke kampus Arab Saudi, agar memilih negara Maroko (+212) yang merupakan wilayah Afrika Utara.


5. Copy nomor yang digunakan dan Paste ke dalam kolom nomor ponsel pada formulir pendaftaran Universitas.

6. Selesaikan pengisian halaman pada formulir pendaftaran Universitas tersebut. Dan pihak Universitas akan mengirimkan SMS ke nomor yang sudah kita paste.


7. Gunakan tombol refresh pada gambar untuk menunggu kode hasil kiriman pihak universitas. 

8. Setelah kode verifikasi terkirim, silahkan copy kode yang ada kembali ke formulir Universitas yang dituju.

9. Selesai. Silahkan lanjutkan proses pendaftaran menggunakan akun yang telah berhasil dibuat.

_________________________

Alternatif ketiga, 

Agar dapat melalui tahapan verifikasi akun ini adalah, menghubungi dan menggunakan nomor ponsel kerabat atau kawan yang memiliki nomor asli Saudi. Demikian agar dapat dimengerti.

Semoga Allah memudahkan anda dalam jalan menuntut ilmu.







Komentar