Beasiswa Taibah University (Kota Madinah, Arab Saudi) - S1 Mahasiswa Internasional 1444 H / 2022 M

 بسم الله الرحمن الرحيم

 
فتح بوابة القبول  في برنامج المنح الدراسية الخارجية- مرحلة البكالوريوس إنتظام - للفصل الاول العام الجامعي 1444 هـ
لغير السعوديين من خارج المملكة

Pendaftaran beasiswa (S1) Ke Universitas Taibah (جامعة طيبة Jami'ah Thayyibah‎), Kota Madinah Al Munawarah, Saudi Arabia, untuk pendaftar Internasional (non Saudi), Tahun Ajaran 1444 telah dibuka pada tanggal 25 Mei 2022 untuk calon pendaftar putra dan putri, Deadlinenya belum ditentukan.

(agar dibuka menggunakan browser PC/Komputer Meja/Laptop)

Syarat-syarat atau Eligibilitas (kriteria layak) pendaftar:

  1. Pelamar harus mampu berbahasa Arab secara aktif (tidak disediakan kelas persiapan bahasa).
  2. Pelamar harus memiliki ijazah SMA atau sederajat
  3. Beusia tidak boleh kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 25 tahun
  4. Pelamar tidak pernah mendapatkan beasiswa sejenis yang membuat ia mendapatkan visa pelajar ke Saudi
  5. Ijazah SMA/sederajat nantinya agar dilegalisir ke kedutaan Saudi (dibutuhkan apabila pelamar telah lulus seleksi dan telah resmi menjadi calon mahasiswa baru Universitas Taibah, pada tahapan pendaftaran berkas cukup diterjemahkan saja tidak perlu dilegalisir)
  6. Pelamar belum pernah diberhentikan dari salah satu lembaga pendidikan di Kerajaan Arab Saudi
  7. Pelamar harus sehat secara medis.
  8. Pelamar dari kalangan perempuan, harus memiliki pendamping / mahram yang sudah berada di Kerajaan Saudi Arabia. Informasi mengenai Mahram dapat dibaca di sini.
  9. Beasiswa ini hanya dikhususkan untuk Kaum Muslimin.



Berkas-berkas yang dibutuhkan untuk diunggah:

Dokumen Pendaftaran yang harus diunggah antara lain.
0: Pas Foto (Berwarna, Latar belakang Putih, Rapi, Jelas)
1: Ijazah SMA/Sederajat
2: Raport Tahun Pertama.
3: Raport Tahun Kedua.
4: Raport Tahun Ketiga.
5: Halaman 1-2 Passport (Passport Asli tak perlu diterjemahkan).
6: Halaman 3-4 Passport
7: Surat Sehat.
8: Sertifikat Masuk Islam (Hanya bagi Mualaf)
9-13: Berkas tambahan lain. Agar dimasukan hasil terjemahan dari dokumen-dokumen di atas, CV, Sertifikat, Ijazah, Piagam, Sanad Hafalan, Surat Rekomendasi, dll

File berformat JPG dengan kapasitas maksimal masing-masing 1 MB (pas foto maksimal 100 KB). Gambar agar discan dengan jelas dan bersih.
Karena dokumen yang diunggah adalah harus berformat JPG (gambar). Artinya Ia hanya memiliki satu muka dokumen saja (satu halaman). Kita tidak bisa menggabungkan file asli dengan Terjemahan. Karena itu, agar hasil terjemahan diunggah terpisah pada kolom unggah dokumen tambahan.


Hal-hal yang harus diperhatikan pelamar:

  • Pengumuman resmi dari Universitas Taibah, bahwa pendaftaran ini tidak disertai informasi batas akhir pendaftaran. Portal pendaftaran bisa ditutup kapan saja jika dirasa jumlah pelamar yang mendaftar sudah mencukupi. Pelamar agar segera mendaftarkan diri apabila berkas telah lengkap.
  • Tidak seperti kampus lain di Saudi, beberapa Universitas seperti Majma'ah dan Taibah, tidak menyediakan kelas persiapan Bahasa. Sehingga pelamar diharapkan sudah dalam jenjang fasih berbahasa Arab.
  • Pelamar yang berminat pada jurusan Qiroa'at dan Ulumul Qur'an, wajib memiliki hafalan minimal 10 Juz pada saat mendaftar.
  • Jurusan lain yang bisa dipilih selain Qiroa'at dan Ulumul Qur'an adalah jurusan Dirosat Islamiyah.
  • Mirip dengan syarat pendaftaran Al Qasimia Uni Emirats Arab, selain Ijazah, Taibah membutuhkan berkas nilai raport SMA selama 3 tahun (terdapat 3 kolom pengunggahan, bisa diisi nilai raport semester genap atau nilai raport semester ganjil) dengan format jpg dan maksimal masing-masing maksimal 1 MB.
  • Ya. Bahwa kampus ini berada di Kota Madinah dan bersebelahan dengan Universitas Islam Madinah (UIM). Perbedaannya adalah UIM khusus Putra sedangkan Taibah telah terbuka bagi Putra dan Putri (dengan syarat Mahram).
  • Meski tertulis pada publikasi resmi Universitas Taibah bahwa Ijazah harus dilegalisir kedutaan, kami hendak meluruskan bahwa pada umumnya, Proses Legalisir tidak perlu dilakukan hingga pendaftar telah dinyatakan diterima sebagai Calon Mahasiswa Baru. Hal ini juga berlaku pada seluruh pendaftaran kampus lain di Kerajaan Saudi Arabia (KSA). 
  • Tidak ada satupun mediator yang dapat memperbesar peluangmu diterima di Universitas Taibah. Pendaftar disarankan untuk tidak menggunakan jasa apapun yang memberikan pelayanan pendaftaran secara berbayar. Pendaftar dapat melakukan pengisian formulir dan mengajukan pendaftaran tanpa dipungut biaya apapun langsung pada web resmi yang tertera. Hal ini tertuang resmi pada publikasi yang disampaikan oleh pihak Taibah University pada link berikut: https://eas.taibahu.edu.sa/AdmExternalScholarShip/cond_en.pdf bahwa pendaftar harus mewakili dirinya sendiri pada saat melakukan pengisian formulir.



Toturial dan langkah-langkah pendaftaran.

1. Siapkan komputer meja / PC / Laptop untuk mendaftar.
2. Membuka link pendaftaran: https://eas.taibahu.edu.sa/AdmExternalScholarShip/
3. Baca dengan baik informasi yang disampaikan pada halaman web, kemudian scroll ke bawah untuk dapat mencentang tiga buah kotak yang tersedia dan menekan tombol "للترشيح اضغط هنا".


4. Selanjutnya pelamar akan mendapatkan formulir isian berikut:


Silahkan isi seluruh formulir dengan lengkap dan benar. Hal-hal yang harus diperhartikan dalam pengisian formulir:
  • Penulisan Nama. Sistem penulisan nama yang dipecah 4 kata pada pendaftaran kampus Arab Saudi. Penjelasan silahkan baca pada artikel berikut ini.
  • Selain nama pada bahasa inggris (huruf latin), nomor-nomor (passport, telepon, alamat, nilai) alamat  email dan akun sosial media, formulir dapat diisi menggunakan huruf hijaiyyah. 
  • Nomor passport agar diisi tanpa jeda spasi antara huruf dan angka. Penulisan huruf agar menggunakan kapital (huruf besar). Contoh format penulisan: X123456
  • Lokasi penerbitan passport (منطقة إصدار جواز السفر ).  Agar diisi sesuai dengan yang tertera pada halaman utama passport.
  • Penulisan nomor telepon, agar 0 pertama pada nomormu diganti dengan 00+negara. Contoh: 006281234567890
  • Akun twitter dapat diisi dengan @akunprofil dan Akun facebook dapat diisi dengan url link profil masing-masing, misalnya: www.facebook.com/akunprofil
  • Jika tidak memilik akun sosial media, dapat diisi dengan "لا يوجد" .
  • Pada penulisan alamat, pelamar yang tidak memiliki nomor rumah dan nomor gedung, dapat mengisinya dengan angka 00.
  • Untuk informasi pekerjaan (بيانات الوظيفة ان وجدت), pelamar dapat mengosongkannya jika tidak ada.
  • Untuk pemilihan jurusan SMA ( آخر مؤهل حصلت عليه ), pelamar dengan latar belakang Ijazah Sains, IPA, SMK Sains/kesehatan dapat memilih "Alamiy" dan pelamar dengan latar belakang IPS, Sastra, Agama, SMK Ekonomi dan Sosial dapat memilih "Adabiy".
  • Pada penulisan rata-rata nilai, pelamar agar menggunakan tanda titik (.) untuk memisahkan angka di belakang koma. Misalnya rata-rata nilai adalah 96,7 maka agar menuliskan dengan format 96.7
5. Setelah menekan "Tasjil Bayanat", halaman selanjutnya pelamar akan mendapatkan nomor formulir / roqm istimaroh (رقم الاستمارة), agar pelamar menyimpan/mencatat dengan baik roqm istimaroh masing-masing.
6. Pelamar sekarang dapat mulai mengunggah berkas-berkas yang dibutuhkan dengan menekan tulisan لتحميل المستندات اضغط هنا dan melanjutkan pengajuan pendaftaran. 

7. Pada halaman selanjutnya, pelamar agar menuliskan nomor formulir ke isian رقم الاستمارة  dan nomor passport pada isian رقم جواز السفر.

8.Selanjutnya pelamar dapat menggunakan menu تحميل المستندات untuk mengunggah dokumen berkas pendaftaran, menu تحميل الصورة الشخصية untuk mengunggah pas foto dan menu طباعة البيانات المدخلة untuk melihat rekapitulasi pendaftaran.

9. Silahkan tekan menu  تحميل المستندات untuk mengunggah dokumen berkas pendaftaran.

Gunakan tombol choose file untuk memilih dokumen yang akan diunggah, setelah file dipilih, langsung ulangi tekan tombol choose file untuk memilih dokumen berikutnya. Seperti itu terus hingga seluruh kolom telah terisi (kecuali dokumen mualaf). Dan lakukan pengunggahan dengan cara menekan tombol 
تحميل المستندات pada bagian bawah.

10. Silahkan tekan menu  تحميل الصورة الشخصية untuk mengunggah pas foto. Gunakan langkah yang sama dengan menekan tombol choose file untuk memilih dokumen dan تحميل untuk menggunggah.
Kriteria wajib pas Foto:
  • Gambar harus jelas dan berwarna
  • Gambar wajah harus di tengah dan menghadap depan
  • Skala foto adalah 4:6 (setara dengan 2:3)
  • Kapasitas file JPG maksimal 100 KB
  • Latar belakang foto wajib putih.
  • Selain jilbab bagi putri, agar tidak menggunakan atribut kepala apapun.
  • Rapi dan bersih.
11. Setelah pas foto berhasil diunggah, kembali ke menu utama dan gunakan tombol ترتيب وطباعة الرغبات untuk memulai memilih jurusan dan prioritas urutan jurusan yang hendak engkau ambil. Langkah-langkah yang harus kamu perhatikan pada menu pemilihan jurusan ini:
  • Sebaiknya menggunakan browser komputer (bukan Hape) pada saat melakukan pemilihan ini.
  • Tugas pelamar adalah mengurutkan prioritas keingin jurusan yang tersedia, dengan memindahkan terlebih dahulu jurusan yang paling diinginkan ke kolom bagian bawah.
  • Setelah jurusan tersebut diklik, manfaatkan tombol hijau panah untuk memindahkan ke bawah.
  • Kemudian pilih jurusan kedua yang paling diinginkan, dan pindahkan juga ke bawah.
  • Lakukan hal yang sama untuk jurusan ketiga, keempat dan seterusnya.
  • Setelah seluruh jurusan yang sudah diingin diurutkan ke kolom bagian bawah, lanjutkan memindahkan jurusan yang masih tersisa di kolom atas dengan memanfaatkan tombol panah hitam kedua dari kiri.
  • Setelah seluruh jurusan sudah pindah seluruhnya di kolom bagian bawah, pelamar agar mencentan "check box" تمت مراجعة تسجيل وترتيب الرغبات بدقة.
  • ِAkhiri menu pengisian menu ini dengan menekan tombol حفظ ترتيب الرغبات.

Gambar di atas adalah simulasi admin mengambil dan mengurutkan jurusan Dirosat Islam, Tafsir, Qiroat, Bahasa Arab, Hukum dan Sejarah (Tarikh). Selanjutnya yang harus admin lakukan adalah: menekan tombol kedua dari kiri agar seluruh jurusan sisanya turun ke bawah, menekan check box, dan menyimpan pilihan (حفظ ترتيب الرغبات).


12. Periksa kembali pengajuanmu dengan menekan tombol rekapitulasi pendaftaran طباعة البيانات المدخلة.
13. Jika sudah yakin data dan seluruh dokumen sudah benar, silahkan tekan تأكيد الرغبة في القبول بجامعة طيبة untuk mengirimkan data pengajuanmu ke pihak kampus.
14. Selesai.


Semoga Allah melapangkan Rizki kalian dalam menuntut ilmu.


Komentar

  1. Assalamualaikum
    Kalau untuk passport apa harus di isi, berartikan harus bikin dulu, padahal belum tentu di terima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuhu.
      Betul. Passport adalah syarat mutlak pengajuan beasiswa untuk melanjutkan studi ke Luar Negeri. Sudah dibutuhkan sejak tahapan pendaftaran.

      Hapus
  2. Surat Sehat Itu yang seperti apa kak.. dan apakah Semua Dokumen Harus di terjemahkan.. di terjemahkannya kemana y kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surat Sehat itu bisa merupakan surat sehat sederhana yang diambil dari dokter di Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit dan lain-lain.

      Dokumen yang diterjemahkan adalah Dokumen Indonesia ke Bahasa Arab.

      Khusus pendaftaran beasiswa ke Universitas di Kerajaan Arab Saudi, Dokumen seperti Ijazah yang sudah dalam bahasa Arab, tidak perlu diterjemahkan lagi pada tahap pendaftaran.

      Karena itu, usahakan agar berkas seperti Surat Rekomendasi dan CV juga sudah tertulis dalam Bahasa Arab agar tidak perlu diterjemahkan lagi agar tidak boros biaya.

      Passport secara mutlak tidak perlu diterjemahkan kedalam bahasa Arab karena merupakan dokumen yang berlaku internasional.

      Diterjemahkan ke penerjemah tersumpah.

      Hapus
  3. apakah ada syarat maksimal usia ijazah SMA? misalnya bagi lulusan SMA tahun 2018 berarti usia ijazahnya sudah 4 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada pengajuan pendaftaran ke Saudi, patokannya cukup usia pelamar saja yang tidak boleh melebihi 25 tahun.

      Hapus
  4. apakah ada jurusan sastra arab dan psikologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seluruh Mahasiswa Indonesia di kampus ini, mengambil jurusan Dirosat Islamiyah.

      Hapus
  5. jikalau sudah diterima oleh pihak jamiah taibah,selanjutnya berkas apa saja yang perlu di legalisir ke kedutaan besar Arab Saudi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Taibah, dokumen yang perlu dilegalisir kedutaan untuk keperluan visa adalah: Terjemahan dari Ijazah saja.

      Hapus
  6. Min, saya menekan الرغبة في القبول بجامعة طيبة setiap kali selesai mengupload berkas. Apakah hal seperti itu bermasalah untuk pendaftaran saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah, Insya Allah. Cara mengetahui apakah pendaftaran sudah berhasil diajukan atau belum adalah, cukup melihat dari menu "طباعة البيانات المدخلة" apakah sudah lengkap atau belum.

      Hapus
  7. Afwan apakah untuk yang putri ada asramanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu dipikirkan untuk hal seperti ini. Selama cakupannya adalah Beasiswa dari Kerajaan Arab Saudi. Semua pasti diberikan. Cuma tinggal bawa diri dan belajar saja dengan tekun.

      Hapus
  8. Kalau ada Ijazah resmi selain SMA apa perlu diupload juga ? Misal D3 lulusan PTN. Apakah ini mempengaruhi kelulusan atau tidak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak Perlu. Karena persyaratan berkas yang diminta adalah Ijazah tingkat SMA. Dan tentu saja mengunggah berkas yang tidak diminta/diperlukan tidaklah mempengaruhi kelulusan.

      Hapus
  9. Maaf ka, izin bertanya jika usianya lebih dari 25 tahun apakah tidak bisa mendaftar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usia pendaftar tidak boleh kurang dari 17 (tujuh belas) tahun dan tidak lebih dari 25 (dua puluh lima) tahun untuk jenjang sarjana dan Mahad Lughoh (program persiapan bahasa) atau yang setara, dan tidak lebih dari 30 (tiga puluh) tahun untuk jenjang master/magister, dan tidak lebih dari 35 (tiga puluh lima) tahun untuk tingkat jenjang doktoral.

      Hapus

Posting Komentar