Beasiswa Pascasarjana (S2/S3) International Islamic Call College Tripoli Libya Scholarship (Kuliyah Dakwah Islamiyah Al-'alamiyah)

Bismillahirrahmanirrahim.

Program Beasiswa Penuh.

Kampus Kuliah Dakwah Islamiyah (KDI) di Tripoli Libya membuka pengajuan/penerimaan beasiswa mahasiswa/i baru bagi para pelajar yang berkeinginan untuk melanjutkan studinya di jenjang perkuliahan Pascasarjana (S2/S3) untuk tahun ajaran 2023-2024.

Untuk saat ini, mayoritas mahasiswa asal Indonesia di Libya terfokus pada satu kampus ini, yaitu International Islamic Call College, Tripoli, atau dalam bahasa arabnya Kuliyah Dakwah Islamiyah Al-'alamiyah.

Kampus ini dikhususkan untuk orang asing. Artinya tidak terdapat orang Libya sendiri yang kuliah di kampus ini. Tercatat lebih dari 30 Negara Asia, Afrika Dan Eropa yang pernah belajar disini.

Jurusan yang disediakan:

  • Syari'ah Islamiyyah
  • Dakwah dan Peradaban
  • Bahasa dan Sastra Arab

Eligibilitas (kriteria layak) dari pelamar beasiswa Pascasarjana (S2) ini, adalah:

  1. Berusia tidak lebih dari 30 tahun untuk pendaftar Magister (S2) pada saat mendaftar. Tidak ada keterangan batas usia untuk pendaftar jenjang Doktoral (S3)
  2. Memiliki ijazah sebelumnya dengan jurusan yang linear dengan jurusan yang disediakan dengan nilai minimal Jayyid Jiddan.
  3. Pelamar harus memilik badan yang sehat dan terbebas dari penyakit menular dan kronis, serta tidak memiliki disabilitas fisik.
  4. Pelamar berkelakuan baik, tidak memiliki catatan kriminal apapun, yang dibuktikan dengan adanya dokumen sertifikat (SKCK).
  5. Pelamar sanggup untuk membawa seluruh dokumen (asli dan terjemahan) yang dipersyaratkan secara fisik (apabila telah diterima) dengan legalisasi dari otoritas yang berwenang di Indonesia (setibanya di Libya).

Berkas-berkas yang harus diunggah pada pendaftaran yang dikirim melalui email:

Pelamar agar menyusun permohonan tertulis yang ditujukan kepada kepala Program Pascasarjana yang dilampirkan dokumen-dokumen berikut:
  1. Ijazah S1/S2 dan terjemahannya, Transkrip nilai dan terjemahannya. (Terjemahan Ijazah agar sudah dilegalisir pihak Kemenlu dan Kemendikbud/Kemenag RI)
  2. Akte Kelahiran dan terjemahannya.
  3. SKCK dan terjemahannya.
  4. Pas Foto dengan rasio 4x6 (setara dengan 2:3), nantinya jika butuh fisik, maka agar menyediakan 6 lembar (untuk softcopy cukup satu saja)
  5. Surat keterangan Sehat yang menjelaskan yang bersangkutan terbebas dari penyakit menular yang dikeluarkan pihak Rumah Sakit resmi. Dan terjemahannya.
  6. Scan halaman utama Passport berwarna.
  7. Surat Perjanjian mematuhi seluruh peraturan kampus. Format surat pernyataan ini dapat diunduh di https://bit.ly/S2Libya2022 (pelamar agar menyalin ulang, mengubah tahun, mengisi, menandatangani dan mengunggahnya ke email secara mandiri)

Tambahan bagi pendaftar jenjang Doktoral (S3), mengajukan 3 judul bahts (penelitian) sesuai bidang jurusannya, yang nantinya akan dipilih salah satunya oleh lajnah pendidikan dan direkomendasikan untuk penerimaan.

Seluruh dokumen dalam bahasa Arab.

Kemudian, seluruh lampiran yang dibutuhkan diunggah dan dikirim ke alamat email berikut: postgraduate@gmail.com

Seluruh berkas-berkas di atas, agar digabungkan menjadi satu file PDF. Beri nama file dengan tulisan Nama Pelamar dan Asal Negara. Begitu pula dengan subject email.

Tenggat waktu pendaftaran Magister (S2): Kamis, 20 April 2023.

Tenggat waktu pendaftaran Doktoral (S3): Selasa, 30 Mei 2023.

Pelamar agar tidak melakukan Pengiriman Formulir lebih dari sekali.

Kepada calon mahasiswa (kandidat yang sudah diterima) yang sudah menyetujui peraturan yang sudah diterapkan di kampus, kemudian yang bersangkutan (diterima dan diberangkatkan ke Libya) tidak berkeinginan lagi untuk melanjutkan pendidikannya atau mempunyai penyakit yang menular, maka resiko kepulangan ditanggung pribadi atau orang yang merekomendasikannya.

Informasi lebih lanjut, 

Narahubung Kesatuan Keluarga Mahasiswa Indonesia (KKMI) Libya

  • Narahubung S2/S3 Ikhwan : ustad Faris (+6281298245669)

  • Narahubung S2/S3 Akhwat : Ardhia (+218944453264)



Komentar