Beasiswa UIN Dirosat Islamiyah TA 2022 - S1 UIN JAKARTA


Kuliah di UIN dengan pengantar perkuliahan full berbahasa Arab? Masa sih?

Yuk kita mengenal lebih jauh Fakultas yang paling berbeda dengan fakultas lain di UIN, dan hanya ada di UIN Jakarta. Fakultas Dirosat Islamiyah UIN Jakarta yang kualitas dan pengantar perkuliahannya full menggunakan bahasa Arab.

Dengan Akreditas BAN-PT yang memiliki predikat A. Membuat program studi ini, manjadi apa yang selama ini kamu cari dari aspek kualitas, pengakuan nasional serta kurikulum terbaik untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Tahukah kamu, Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) sebelumnya dikenal dengan Program Khusus Al Azhar. Program ini merupakan hasil kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan kebudayaan antara Universitas Al-Azhar Kairo dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Itulah sebabnya, kurikulum FDI diadopsi dari kurikulum dan silabus yang berlaku di Universitas Al-Azhar Kairo. Sistem pendidikan dan pengajarannya tidak perlu diragukan lagi lho, penuntut ilmu.

Silabusnya yang sangat lengkap, menyediakan seluruh perkuliahan yang melingkup ilmu-ilmu dalam Agama islam. Seperti: Manahij Tadris, Adab wa Naqd, Tauhid, Ilmu Nafs, Fiqh Mazhabi, Fiqh Lughah, Ahwal Syakhsiyah, Fiqh Muqaran, Arudh wa Qawafi, Balaghah, dll.

Beasiswa Program S1.

Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun akademik 2022/2023 ini menawarkan beasiswa belajar secara penuh kepada 40 mahasiswa baru. 

Pelamar harus memiliki kemampuan berbahasa Arab, memiliki kemampuan dasar keislaman, dan mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. Calon Mahasiswa juga harus memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 1 juz. Kemudian, setelah lulus dan menjadi mahasiswa, ia harus bersedia menghafal al-Qur’an sebanyak delapan juz selama masa studi.

Lingkup beasiswa berupa bebas biaya perkuliahan (SPP) selama masa studi maksimal 8 Semester.

Eligibilitas (Kriteria layak) pada pelamar:

  1. Lulusan MA/SMA/Sederajat Tahun 2022 atau 2021;
  2. Berusia Maksimal 21 tahun pada saat mendaftar;
  3. Memiliki potensi akademik dan prestasi lainnya (non-akademik, seperti: tahfidz Al-Qur’an, dll)
  4. Memiliki kemampuan berbahasa Arab
  5. Memiiliki pengetahuan dasar Islam;
  6. Mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar;
  7. Mempunyai hafalan al-Qur’an minimal 1 Juz.
  8. Bersedia menaati seluruh alur, peraturan dan ketentuan terkait seleksi penyelenggaraan beasiswa.

Waktu pendaftaran 1 sampai dengan 10 Juli 2022.

Detail informasi dan link pendaftaran: https://fdi.uinjkt.ac.id/beasiswa/

Materi Test seleksi (online via zoom) Terdiri atas:

  1. Muhadatsah dalam Bahasa Arab;
  2. Membaca dan Memahami kitab/buku berbahasa Arab;
  3. Membaca dan menghafal al-Qur’an.

Berkas yang diperlukan

Berkas yang perlu disiapkan untuk diunggah PDF/JPG:

  • Kartu Ujian SPMB Jalur Mandiri UIN Jakarta 2022 (bisa didapatkan pada link pendaftaran)
  • KTP / KK
  • Ijazah atau SKHU

Detail langkah-langkah pendaftaran bisa dilihat pada web.

Dimana perkuliahan Mahasiswa nantinya akan dilaksanakan? Fakultas Dirosat Islamiyah UIN terletak di kampus 1 UIN Jakarta: Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia 15412

Butuh kontak terkait pendaftaran, bisa melalui email di fdi@uinjkt.ac.id

Nah, buat kamu yang penasaran, apa sih gelar yang akan kita miliki setelah lulus dari Jurusan Dirasat Islamiyah ini? jawabannya adalah Sarjana Studi Islam, atau biasa disingkat dengan S.S.I.

Ingin mengetahui aktifitas perkuliahan dan mahasiswa FDI UIN? Dapat mengecek ke akun instagram @fdiuinjkt dan @demafdi_uinjakarta

Ssst.... Sekadar bocoran informasi, program pascasarjana (S2) di Fakultas Dirosat Islamiyah (FDI) UIN jakarta ini, merupakan destinasi program magister yang populer untuk lulusan S1 dari Universitas Timur Tengah dan LIPIA yang hendak melanjutkan studi di Indonesia lho. Alasannya karena iklim akademik FDI yang sangat kondusif dari segi keilmiahan dan biaya cukup terjangkau dengan pengatar bahasa arab. Pembahasan lebih lanjut tentang pascasarjana FDI akan kita lanjutkan nanti ya. Insya Allah.

Komentar