Beasiswa KALLA: Beasiswa Mahasiswa Baru asal 4 Provinsi di Sulawesi

Dengan datangnya bulan September, maka telah tiba pula permulaan semester tahun ajaran baru pada kalender akademik universitas.


Beasiswa Kalla adalah program bantuan untuk mahasiswa dhuafa asal Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah yang memberikan bantuan dana Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan Plafond maksimal per orang adalah Rp. 7.500.000 / semester serta peningkatan kapasitas kepemimipinan bagi mahasiswa.

Pendaftaran saat ini telah dibuka dan akan ditutup pada Senin, 19 September 2022.

Eligibilitas (kriteria layak) dari pelamar beasiswa:

  1. Mahasiswa semester 1 (pertama) dari 20 PTN Terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti 2022 ATAU Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di wilayah Sul-Sel, Sul-Bar, Sul-Teng, dan Sul-Tra
  2. Pendaftar Berasal dari Provinsi Sul-Sel, Sul-Bar, Sul-Teng, dan Sul-Tra
  3. Berprestasi akademik ( Nilai Rapor 7.50) ATAU non akademik (hafizuhl Qur'an, olahraga, seni, organisasi, dan kelompok disabilitas)
  4. Tidak mendapatkan beasiswa yang serupa di lembaga lain.
  5. Berasal dari keluarga tidak mampu (dhuafa).

Asal kampus mana sajakah yang tercover?

20 PTN Terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti 2022.

20 PTN Terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti 2022 ini, cukup merujuk pada artikel yang dipublikasikan pihak dikti pada https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/pencapaian-perguruan-tinggi-indonesia-dalam-top-500-qs-world-university-rankings-2023/ dimana pihaknya menggunakan matriks penilaian versi QS World University Rankings. Dimana di dalamnya terdapat UGM, ITB, UI, Unair, IPB, ITS, Unpad, Undip, Unibraw, Unhas, UNS, USU dan Unand. Untuk urutan selanjutnya hingga 20, bisa mengecek kembali ke web QS World University Rankings.

Atau kampus lain yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di wilayah Sul-Sel, Sul-Bar, Sul-Teng, dan Sul-Tra.


Apakah beasiswa ini hanya untuk mahasiswa baru jenjang S1?

Ya, Program ini dikhususkan untuk mahasiswa semester pertama TA 2022/2023 pada jenjang Strata 1 (S1).

Apakah kampus dan jurusan keagamaan bisa mendaftar? Dimana kampus islam ini bukan 20 PTN Terbaik di Indonesia?

Bisa. Bahwa Mahasiswa Semester satu jenjang Sarjana (S1) dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di wilayah Sul-Sel, Sul-Bar, Sul-Teng, dan Sul-Tra bisa mendaftar.

Untuk surat keterangan penghasilan orang tua, jika hanya petani/pekerja lepas maka bisa diambil/dikeluarkan di mana/oleh pihak siapa?

Untuk persyaratan administrasi surat keterangan penghasilan orang tua, YHK menyediakan format surat yang dapat di download di laman pendaftaran. Surat tersebut harus disetujui/diketahui langsung oleh pejabat setempat sebagai syarat legalitas.

Ada berapa kuota penerima untuk tahun ini?

Yayasan Haji Kala menyediakan sekitar 270 quota untuk penerima baru TA 2022/2023.

Dokumen-dokumen yang harus discan dan diunggah (jenis file pdf ukuran file maks. 500 KB)

  1. KTP
  2. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) / Surat Keterangan Kuliah dari Jurusan (untuk membuktikan bahwa ybs benar mahasiswa semester 1 yang terdaftar)
  3. Surat/Bukti Keterangan Diterima Masuk Perguruan Tinggi T.A. 2022/2023
  4. Ijazah SMA/Sederajat atau Surat Keterangan Lulus (yang memuat nilai)
  5. Bukti/Rincian Pembayaran SPP/UKT Semester 1 (satu) 
  6. Surat Pernyataan Tidak Sedang Menerima Beasiswa Sejenis dari Pihak Lain dengan bertanda tangan di atas materai Rp10.000 (Pihak Panitia menyediakan format surat pernyataan yang bisa di-download di form pendaftaran) 
  7. Buku Rekening Bank atas nama sendiri
  8. Surat Keterangan Tidak Mampu 
  9. Motivation Letter (format bisa di-download di form pendaftaran) 

Beasiswa Kalla tahun ini akan difokuskan untuk sepenuhnya membantu para calon Mahasiswa Baru, yang baru akan memulai pendidikan tingginya di tahun 2022. Para penerima juga nantinya akan mendapatkan bantuan hingga semester kedelapan atau dengan kata lain beasiswa ini akan diberikan hingga LULUS di tahun ke-empat.

Komentar