Beasiswa S1 - Imam Muhammad bin Saud Islamic University (IMSIU), Riyadh, KSA. 2022

Imam Muhammad bin Saud University (IMSIU), Riyadh KSA. 2022.


Pendaftaran Program Beasiswa S1 (dengan program I'dad Lughowy) IMSIU. 

Waktu Pendaftaran:
Pendaftaran dibuka pada Selasa, 27 September 2022 sampai dengan Selasa, 11 Oktober 2022. (Waktu pendaftaran hanya dibuka selama 2 pekan).
Link pendaftaran : http://iu.sa/Wr4z5



Eligibilitas (kriteria layak) atau persyaratan pendaftaran:

  1. Pada penerimaan tahun ini IMSIU hanya menerima Mahasiswa Internasional (non-saudi) dari kalangan Putra.
  2. Berusia maksimal 25 tahun pada waktu mendaftar. 
  3. Lulusan SMA/Sederajat.  
  4. Sehat secara Jasmani dan berkelakukan Baik. 

Berkas yang dibutuhkan. 

  1. Pasport;
  2. Ijazah, transkrip nilai dan terjemahan keduanya;
  3. Surat Sehat;
  4. Formulir isian yang dapat diunduh pada tahapan pendaftaran;
Berkas agar disiapkan dalam bentuk format PDF. Dan masing-masing file memiliki ukuran maksimal 2 MB.

Catatan Penting:
Beberapa kampus di Saudi, hanya menerima mahasiswa S1 internasional dari lulusan Mahad lughoh (persiapan bahasa/preparation years)nya. Sehingga jalur persiapan bahasa seperti ini, merupakan satu2nya pintu masuk program sarjana.

Tidak ada satupun mediator yang dapat memperbesar peluangmu diterima di Imam Muhammad bin Saud Islamic University (IMSIU). Pendaftar disarankan untuk tidak menggunakan jasa apapun yang memberikan pelayanan pendaftaran secara berbayar. Pendaftar dapat melakukan pengisian formulir dan mengajukan pendaftaran tanpa dipungut biaya apapun langsung pada web resmi yang tertera. 

Sumber informasi Pendaftaran:

Tutorial dan tahapan-tahapan pendaftaran:

1. Bismillah. Yuk, biasakan mengisi formulir dan melakukan pendaftaran Beasiswa ke Saudi dengan tidak menggunakan Handphone. Silahkan gunakan laptop atau Komputer kalian.

2. Unduh formulir isian pribadi yang dapat diambil pada:
 
3. Buka link pendaftaran: http://iu.sa/Wr4z5

Selanjutnya kamu akan mendapatkan tampilan sebagai berikut:

Kemudian pada نوع المنحة  pilihlah المنح الخارجية (beasiswa luar). Tunggu hingga halaman memproses jawabanmu, kemudian klik التالي.


4. Pada halaman المعلومات الشخصية ini, kamu diminta memasukan penulisan nama yang harus dipecah, dimana terdiri atas 3 bagian dalam huruf hijaiyah maupun huruf latin. Ketiga kolom wajib diisi (berbintang merah)
  • Baris Pertama adalah penulisan kata pertama pada nama dengan huruf hijaiyah الاسم الأول  - باللغة العربية
  • Baris Kedua adalah penulisan kata pertama pada nama dengan huruf latin
  • Baris Ketiga adalah penulisan kata kedua pada nama dengan huruf hijaiyah اسم الوسيط
  • Baris Keempat adalah penulisan kata kedua pada nama dengan huruf latin
  • Baris Kelima adalah penulisan kata ketiga yang ada dengan huruf hijaiyah الكلمة الأخيرة
  • Baris Keenam adalah penulisan kata ketiga yang ada dengan huruf latin.
✓ Bagi yang memiliki nama terdiri atas dua kata, masukkan kata pertama namamu pada الاسم الأول (first name), masukan kata kedua nama pada اسم الأب  (second name), dan ambil satu kata pada nama ayahmu dan masukan ke kolom اسم العائلة (family name).
✓ Bagi yang memiliki nama terdiri atas satu kata saja, masukkan kata pertama namamu pada الاسم الأول (first name), ambil satu kata pada nama depan ayahmu dan masukan ke kolom اسم الأب  (second name), dan masukan kata selanjutnya pada nama ayah di kolom اسم العائلة (family name), jika nama ayah ternyata sudah habis, bisa gunakan nama kakek dari ayah.
✓ Bagi yang memiliki nama terdiri atas lebih dari tiga kata. kolom  الاسم الأول (first name) dapat diisi lebih dari satu kata, kemudian isi kolom اسم الأب  (second name) dan kolom اسم العائلة (family name) masing-masing dengan dua kata terakhir namamu
Hal lebih detail mengenai Penjelasan mengenai format penulisan nama yang dipecah, dapat disimak di sini.

5. Masukan email, jenis kelamin, nomor passport, tanggal lahir, agama, status pernikahan, kewarganegaraan Asal, kewarganegaraan saat ini, lokasi kota, pada bagian mana kota berada di negara dan status kesehatan. kemudian klik التالي.

6. Pada halaman معلومات المؤهل , agar diisi:
  • Tanggal dikeluarkannya ijazah pada isian سنة التخرج
  • Agar dituliskan nilai rata-rata ijazahmu dan skor maksimal format penilaian pada isian معدل الثانوية. Contoh: Jika nilai rata-ratamu 85.67, maka tulis pada kolom jawaban 85.67/100.
  • Pilihlah program mahad ta'lim lughoh pada isian التخصص المتاح. Kemudian klik التالي.

7. Pada halaman المرفقات adalah tempat dimana kamu mengunggah seluruh berkas yang dibutuhkan. Scan semua berkas yang dibutuhkan dengan format PDF dimana tiap file agar jangan melebihi 2 MB. Berkas-berkas yang memiliki menu kolom unggah masing-masing:
  • Passport.
  • Ijazah SMA/sederjat, transkrip nilai Ijazah dan terjemahan keduanya. Gabungkan dalam satu file pdf.
  • Surat Sehat dan terjemahan.
  • Formulir isian pribadi, yang telah diisi (lihat langkah 2).
Jika sudah selesai kemudian klik التالي.

8. Pada halaman التعهد والإقرار pendaftar agar dapat membaca dengan baik pernyataan yang tertulis kemudian klik التعهد والإقرار. Jika sudah selesai kemudian klik التالي.

9. Pendaftar agar terus mengecek kembali kebenaran data yang sudah diisi, karena kita sudah tiba di halaman terakhir إرسال الطلب . 

10. Jika sudah dipastikan seluruh data yang diisi sudah sesuai, pada halaman إرسال الطلب isilah angka yang tertera pada layar. Kemudian klik حفظ.

11. Tunggu beberapa saat untuk memberikan waktu bagi pihak kampus untuk mengirimkan email yang berisikan informasi bahwa pengajuan pendaftaranmu sudah selesai. Email tersebut berisi nomor pengajuan (roqm tholab) pendaftaran. 

12. Apabila setelah selesai menyimpan (حفظ) sesuai pada langkah 10 pendaftar langsung mendapatkan roqm tholab pada tampilan layar, maka pendaftar tidak perlu lagi menunggu email yang dikirim pihak kampus.

Maka dengan telah dimilikinya Roqm Tholab, berarti pendaftar telah selesai melakukan pengajuan pendaftaran, pendaftar agar menyimpan dengan baik Roqm Tholab tersebut masing-masing.

13. Selesai. 

Untuk mengubah dan menambahkan, harap simpan nomor aplikasi, dan masukkan tautan berikut: https://apply.imamu.edu.sa/pages/Inquiry.aspx

Semoga Allah melapangkan rizki kalian dalam menuntut ilmu.


Komentar