Doha Institute for Graduate Studies, Qatar.

Mengupas Publikasi Informasi Beasiswa S2/S3 Doha Institute for Graduate Studies, Qatar.

  • Link Admisi umum: https://www.dohainstitute.edu.qa/EN/
  • Tanggal mulai Admisi: 1 September 2022 s.d 20 Januari 2023.
  • Kata Kunci: Pascasarjana (S2/S3), IPK minimal 3, wajib fasih bahasa inggris dan bahasa arab, Rumpun Ilmu Sosial, Bahasa dan Ilmu Administrasi, bukan beasiswa Pendaftaran Maba, tapi beasiswa Internal.


Seperti apa profil umum kampus ini?

Institut Doha untuk Studi Pascasarjana atau dalam bahasa Inggrisnya The Doha Institute for Graduate Studies (DI) adalah lembaga independen untuk pembelajaran dan penelitian di bidang Ilmu Sosial, Humaniora, Administrasi Publik, dan Ekonomi Pembangunan di Doha. Ditunjuk sebagai lembaga pendidikan swasta non-profit, Doha Institute (DI) dioperasikan secara eksklusif untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan layanan publik. Lembaga Pendidikan ini didirikan di 2014, sebagai badan hukum otonom, oleh Pusat Penelitian dan Kajian Kebijakan Arab dan dilisensikan sebagai lembaga nasional pendidikan tinggi oleh Dewan Pendidikan Tertinggi Qatar.

Program studi yang ditawarkan oleh Doha Institute:

STUDI DOKTORAL
1. Sejarah
2. Studi Media
3. Studi Keamanan Kritis
4. Ilmu Politik dan Hubungan Internasional
5. Linguistik dan Leksikografi Arab
6. Sosiologi
7. Administrasi Publik
8. Ekonomi Pembangunan


FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA (SSSH)
1. Magister Filsafat
2. Magister Sejarah
3. Magister Sosiologi dan Antropologi
4. Magister Politik dan Hubungan Internasional
5. Magister Linguistik dan Leksikografi Arab
6. Magister Perbandingan Literatur (Arab-Barat)
7. Magister Studi Media dan Budaya
8. Magister Jurnalisme
9. Magister Manajemen Konflik dan Aksi Kemanusiaan
10. Magister Studi Keamanan Kritis
11. Magister Psikologi
12. Magister Pekerjaan Sosial
13. Magister Hak Asasi Manusia

FAKULTAS ADMINISTRASI PUBLIK DAN EKONOMI PEMBANGUNAN (SPADE)
1. Magister Ekonomi Pembangunan
2. Magister Kebijakan Publik
3. Magister Administrasi Publik
4. Magister Eksekutif Administrasi Publik (EMPA)
5. EMBA / EMPA Magister Gelar Ganda (double degree)

Apakah sebagai Mahasiswa Internasional di kampus ini menjadikan kita sebagai penerima Beasiswa ?

Tidak. Dengan mendaftarkan diri sebagai Mahasiswa Baru di Universitas ini tidak otomatis menjadikan kamu sebagai penerima beasiswa.

Sama seperti kampus lain pada umumnya di dunia, Doha Institute for Graduate Studies (DI) memiliki skema yang terpisah antara pendaftaran/rekruitmen Mahasiswa Baru dengan seleksi penerima Beasiswa.

Peminat harus melakukan seluruh proses pendaftaran untuk program S2 kecuali program spesialisasi dan Executive Master di Doha Institute for Graduate Studies untuk tahun ajaran yang akan berjalan dan dilakukan secara daring melalui website resmi Doha Institute for Graduate Studies. Apabila kandidat sudah diterima di kampus tersebut, kandidat harus menunggu informasi dari tim admisi Doha Institute for Graduate Studies untuk dikirimkan formulir pendaftaran program beasiswa ini. Tim admisi hanya akan memberikan penawaran ini kepada Mahasiwa yang dikira layak membutuhkan beasiswa ini. 

Apakah terdapat persyaratan kemampuan bahasa Arab dan kemampuan Bahasa Inggris untuk pendaftar dari kalangan Mahasiswa Internasional?

Ya. Bahasa Arab adalah bahasa pengantar utama di Institut, namun siswa diharuskan untuk mampu melakukan proses penelitian (research) atau meninjau (review) dalam bahasa Inggris.

Pada proses pendaftarannya, semua pendaftar dari seluruh program harus bisa menunjukan / menyerahkan sertifikasi nilai Akademik IELTS 5,5 (atau setara dengan TOEFL iBt 59), Nantinya setelah menyelesaikan studi di Qatar,  agar diketahui bahwa terdapat persyaratan kelulusan dimana siswa harus memperoleh skor 6,5 dalam tes IELTS atau yang setara untuk dapat wisuda.

Adapun untuk program Psikologi Klinis dan program Magister dengan Gelar Ganda EMBA/EMPA, maka bahasa perkuliahan yang digunakan sepenuhnya dalam bahasa Inggris.

Apakah Doha Institute for Graduate Studies (DI) ini memiliki program studi Syariah dan Islamic Studies?

Tidak ada. Program Studi yang ditawarkan oleh Doha Institute hanyalah program Magister/Master (S2) dan Doktoral (S3) pada rumpun ilmu sosial humaniora, administrasi publik dan Ekonomi Pembangunan. Doha Institute tidak memiliki program Sains, Teknik maupun Syariah dan Islamic Studies.

Informasi lebih lengkap mengenai Doha Institute for Graduate Studies (DI) dapat menyimak pada web resmi mereka langsung di 

https://www.dohainstitute.edu.qa/EN/Prospective_Students/Admissions/Pages/FAQuestions.aspx

Berapakah biaya perkuliahan di Doha Institute for Graduate Studies (DI)?

Pada program magister, pada umumnya perkuliahan ditempuh selama 4 semester. Doha Institute for Graduate Studies (DI) memberikan skema pembayaran secara sederhana. 

Untuk program studi-program studi Magister/Master/S2 termurah (Filosofi, Sejarah, Perbandingan Literatur, Linguistik dan Leksikografi Arab, Sosiologi dan Antropologi) dibebankan biaya 60.000 real qatar untuk Total biaya pendidikan. Atau terbagi atas 15.000 real Qatar per semester.

Untuk program studi Magister/Master/S2 termahal (Psikologi Klinis) dibebankan biaya 180.000 real qatar untuk Total biaya pendidikan. Atau terbagi atas 45.000 real Qatar per semester. (Kurs Oktober 2022, 1 real qatar = Rp. 4200,-)

Artinya biaya pendidikan ini berkisar antara 252 juta rupiah sampai dengan 756 juta rupiah untuk dapat menyelesaikan pendidikan selama 2 tahun. Di luar biaya akomodasi sepertti biaya hidup, makan, tempat tinggal, transportasi atau pesawat.

Untuk informasi lebih lengkap terkait biaya pendidikan yang disesuaikan dengan program yang diambil dan biaya pendidikan pada jenjang doktoral dapat melihat pada web berikut: 

https://www.dohainstitute.edu.qa/EN/Prospective_Students/Admissions/Pages/Tuition-Fees.aspx

Saya tertarik untuk mendaftar dan merasa sesuai dengan program serta persyaratan yang telah disampaikan, Apakah bisa dijelaskan lebih lanjut mengenai kriteria Beasiswa yang mungkin ditawarkan oleh pihak tim admisi apabila saya telah diterima menjadi mahasiswa baru di Institut ini kedepan?

Kriteria penyeleksian untuk beasiswa ini akan bervariasi tergantung tipe program beasiswa yang dipilih oleh pendaftar

  • Untuk program Tamim Scholarship, pendaftar akan diseleksi berdasarkan prestasi dan nilai akademik yang diraihnya.
  • Untuk program Sanad Scholarship, mahasiswa akan diseleksi berdasarkan status keuangan dan kebutuhan keuangan mereka.

Term and condition penerima beasiswa dapat disimak pada link berikut:

https://www.dohainstitute.edu.qa/EN/Prospective_Students/Admissions/Pages/scholorships_new.aspx

Berapa lama durasi beasiswa ini?

Beasiswa akan diberikan selama program perkuliahan yang dipilih berlangsung

Beasiswa mungkin akan diberhentikan sebelum durasi program yang dipilih berakhir apabila penerima beasiswa menunjukkan hasil nilai yang kurang dan perilaku yang tidak baik

Kapan deadline pendaftaran beasiswa ini?

Batas akhir pendaftaran program beasiswa ini adalah pada tanggal 20 Januari 2023.

Bagaimana cara mendaftar beasiswa ini?

Lakukan seluruh proses pendaftaran untuk program S2 kecuali program spesialisasi dan Executive Master di Doha Institute for Graduate Studies untuk tahun ajaran 2023 yang dilakukan secara daring melalui website resmi Doha Institute for Graduate Studies.

Link Pendaftaran dan Persyaratan Dokuman:

https://www.dohainstitute.edu.qa/EN/Prospective_Students/Admissions/Pages/Apply.aspx 

Kumpulkan dokumen sesuai dengan ketentuan termasuk kartu identitas/Passport, transkrip nilai pada perkuliahan S1 (minimal IPK 3) yang sudah di legalisasi, ijazah S1 atau D4, esai akademik, surat pernyataan, dan sertifikat nilai tes TOEFL atau IELTS atau DELF dengan hasil setara B2 atau surat yang menyatakan bahwa perkuliahan sebelumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama pembelajaran

Tunggu informasi dari tim admisi Doha Institute for Graduate Studies. Apabila pendaftar sesuai dengan syarat pendaftaran beasiswa, maka tim admisi akan mengirimkan formulir pendaftaran program beasiswa ini

Isi formulir pendaftaran yang diberikan oleh tim admisi dan lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa ini

Dokumen apa saja yang harus dipersiapkan?

For Master Programs, The application attachments are as follows:

  1. Identification document: Passport
  2. Undergraduate transcripts. Senior year students should submit all their obtained transcripts to date.
  3. Graduation certificate or diploma for graduates.
  4. Resume (CV).
  5. TOEFL or IELTS or DELF B2 results or official statement stating that the degree was taught in English as a main language of instruction.
  6. Personal Statement.
  7. Academic Essay (for applicants to the School of Social Sciences and Humanities).
For Doctoral Studies, please refers to website.

Bagaimana proses seleksi berlangsung?

Proses seleksi awal akan dilakukan oleh tim admisi Doha Institute for Graduate Studies berdasarkan syarat nilai minimal pendaftar

Apabila pendaftar memenuhi syarat awal, pendaftar akan diseleksi berdasarkan dokumen resmi dan sertifikat yang telah dikumpulkan saat pendaftaran yaitu transkrip nilai pada pendidikan sebelumnya, esai akademik, surat pernyataan, resume, dan nilai tes bahasa Inggris berupa IELTS atau TOEFL

Pendaftar yang lolos seleksi dokumen akan diundang untuk mengikuti tes wawancara. Tes wawancara akan dilakukan secara daring untuk pendaftar yang saat ini berada di luar Qatar. Pendaftar akan dinilai berdasarkan sikap saat wawancara, kemampuan akademik dan kemampuan penelitiannya.

Pendaftar yang lolos seleksi akhir dan telah mengisi formulir pendaftaran program beasiswa akan diseleksi berdasarkan kriteria tipe beasiswa yang dipilih oleh pendaftar.




Komentar