Yordania: Kerajaan Hasyimiyya Urduniyya

Yordania: Kerajaan Hasyimiyya Urduniyya

- Tidak ada batasan umur untuk kuliah di Jordania -

sumber gambar: mlleprincess

Ada satu negara yang layak dipertimbangkan untuk dijadikan tujuan belajar pada bidang Agama Islam dan Bahasa Arab di Timur Tengah, yaitu Yordania. Namun perlu disampaikan bahwa biaya hidup dan kuliah di negara Syam ini relatif tinggi, serta cukup sulit sekali mendapatkan informasi beasiswa.

Yordania ialah sebuah negara di Timur Tengah yang berbatasan dengan Suriah di sebelah utara, Arab Saudi di timur dan selatan, Irak di timur laut, serta Negeri Israel dan Tepi Barat di barat. Yordania adalah negara kerajaan dengan banyak pegunungan, sangat jarang ditemukan daerah yang datar dan landai seperti di Mesir, di kota Amman sendiri juga berbukit-bukit.
Setidaknya ada 5 kampus yang bisa dipilih: University of Jordan, Yarmouk University, W.I.S.E University, Mu’tah Universiy dan Applied Science "Private" University (ASU). Bahkan untuk bidang Ekonomi Islam, Yarmouk University merupakan salah satu kampus terbaik di Kawasan Timur Tengah. Kampus-kampus di Jordania pada umumnya, menerapkan sistem perkuliahan dengan tiga semester selama 1 tahun; Fall, Spring dan Summer (semester pendek) sehingga jenjang S-1 sangat mungkin  diselesaikan kurang dari  4 tahun dan S-2 bisa kurang dari 2 tahun. Bahasa pengantar kuliah didominasi Bahasa Arab dan pada mata kuliah tertentu menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa resmi kedua di Yordania. Kemampuan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris adalah persyaratan untuk dapat melanjutkan studi Pascasarjana (S2/S3) di Negara ini.

Negara yang terkenal dengan Laut Mati-nya ini ternyata memiliki nilai tukar uang yang tinggi. 100 dollar setara dengan 70 JD (mata uang Yordan). Biaya hidup disana pun juga cukup tinggi. Meskipun, kehidupan disana tidaklah lebih sejahtera dari pada Mesir. Sebagai gambaran, Rp. 3.000.000/bulan merupakan biaya hidup pas-pasan disana. Segalanya mahal, sewa rumah sederhana di Yordan sama dengan rumah ber-AC di Mesir. Dan hanya kurang dari 100 WNI yang berminat melanjutkan studi disana dan kebanyakan adalah putra-putri anak orang menengah ke atas yang sebagian mereka punya mobil pribadi.
Para pengajar kebanyakan adalah professor yang sudah banyak berkiprah di dunia internasional. Mereka tidak hanya dari Yordania, banyak dosen yang berasal dari Mesir, Iraq, Syiria, Libya dan Yaman. Di W.I.S.E University, Syeikh Ramadhan Al Buthy, Syeikh Wahbah Al Zuhayli, Syeikh Musthofa Al Bugha, Syeikh Qahthan al Doury dan lain sebagainya pernah didaulat menjadi Profesor tamu selama beberapa tahun dan kemudian dilanjutkan oleh professor-professor muda dari Syiria. Yordania juga memiliki Prof. Hamdy Murad, salah satu dewan pakar di kementerian Wakaf dan tokoh perdamaian. Beliau ada tokoh akademik di forum-forum internasional.

Selain di kampus, mahasiswa juga bisa mengikuti pembelajaran dengan sistem talaqqi. Ada banyak lembaga dan Masyayikh yang membuka lebar-lebar pintu rumahnya untuk para mahasiswa yang ingin intens mengaji, menyambung tali sanad dan menambah wawasan keislaman. Talaqqi yang digelar bisa berupa mengaji/Tahfid Al Qur’an bersanad dan mengaji kitab-kitab rujukan primer Islam; Tafsir, Akidah, Hadis, Mantik dan Fikih. Mengenai Mazhab Fiqih, mayoritas warga Yordania adalah Sunni yang mengambil Mazhab Syafi’i. Serta beberapa bermadzhab Hanafi.
Dari segi transportasi, negeri yang terkenal dengan kisah di gua Ashabul Kahfi, tidak memiliki sistem transportasi publik yang memadai, tidak ada bus umum, angkutan umum dan sebagainya, cuma ada taksi. Itulah mengapa kemampuan mengemudi mobil di Yordania oleh Mahasiswa Indonesia adalah hal yang umum dan bahkan ada yang bekerja sebagai supir travel rentalan dan pemandu wisata. Pembayaran taksi di sana tidak memakai sistem argo, tapi menggunakan sistem kesepakatan dan itupun terkadang masih mahal. Jarak tempuh satu kilometer bisa merogoh kocek Rp. 30.000 kalau dirupiahkan.

Yordania memiliki 4 musim: dingin, semi, panas dan gugur. Musim dingin di sana bisa sampai -5 C, sehingga tak jarang jalanan akan tertutup salju jika musim dingin mencapai puncaknya. Musim panasnya relatif tidak terlalu panas jika dibanding dengan negara sekitar. Saat libur musim panas tiba, wisatawan-wisatawan dari negara arab teluk banyak menghabiskan waktu liburnya di Yordania untuk menghindari udara panas menyengat di negara asal mereka yang sampai 50 C.

Soal destinasi wisata, tidak diragukan lagi. Yordania merupakan negara yang kaya tempat bersejarah dan wisata alami yang mendunia. Beberapa tempat wisata bahkan sering digunakan lokasi syuting film-film Hollywood seperti Petra (Transformer II) dan Wadi Rum (Indiana Jones dan The Martian). Tempat wisata lain yang menjadi destinasi favorit wiasatawan adalah Dead Sea, Jordan River, Mount Nebo (tempat bersejarah Nabi Musa), Gua Ashabul Kahfi, Kastil Ajloun dan istana-istana peninggalan Romawi, pohon Nabi, Wadi Mujib, Aqabah, Citadel dan masih banyak lagi. 
Wisatawan dari Asia Tenggara yang ingin ke Masjid Al-Aqsha pasti akan singgah di Yordania dulu. Kemudian masuk wilayah Palestina melalui jalur darat. Sebenarnya jarak antara Amman dan masjid Al-Quds tidak begitu jauh sekitar 75 KM. Dahulu sebelum ada blokade perbatasan oleh Israel, orang-orang Amman banyak yang pergi ke Aqsha hanya untuk salat Jumat.

Tidak ada batasan umur untuk kuliah di Jordania. Jika anda berstatus sebagai mahasiswa di Yordania, anda akan mendapat banyak keuntungan. Kartu mahasiswa dan Visa pelajar merupakan dokumen ‘sakti’ untuk bisa masuk tempat wisata dengan tarif yang sangat murah. Jika wisatawan asing di Petra dikenai tarif 50 JD, maka anda sebagai mahasiswa hanya membayar 1 JD. 1 JD sekitar Rp. 20.000. Visa pelajar juga bisa anda gunakan untuk pengajuan Visa Umroh ke Baitullah dengan biaya yang relatif aman dikantong mahasiswa, kurang lebih 250-300 JD atau sekitar 6 jutaan selama satu minggu via jalur darat. Pastinya umroh naik bus 16 jam melewati batas-batas teritorial negara orang akan jadi pengalaman berharga yang langka dan sensasinya sudah pasti akan menarik. 


Markaz Lughoh di Yordania

Bahasa resmi di Yordania adalah Bahasa Arab, walaupun tidak sedikit dari warga setempat yang menguasai Bahasa lnggris sebagai bahasa resmi kedua. Hampir setiap institusi pendidikan di Yordania memiliki Language Center atau Markaz Lughah yang menyediakan kelas Bahasa Arab untuk Non Arab sebagai bagian dari kurikulum. Di samping itu, ada banyak lembaga-lembaga kursus yang tersebar di sekitar kampus dengan biaya yang beragam. Tidak ada batasan umur untuk kuliah di Jordania, sehingga negara ini menjadi tempat yang sangat ideal bagi siapapun yang hendak mempelajari Bahasa Arab dan Ilmu agama dari segala usia.

Markaz Albani

Markaz al-Imam al-Albani li al-Dirasat al-Manhajiyyah wa al-Abhath al-'Ilmiyyah (Imam al-Albani Center Society for Studies and Research), berlokasi di Amman, Yordania. Adalah asosiasi resmi di bawah naungan Kementerian Pembangunan dan Sosial Yordania, dan diawasi oleh Kementerian Agama Yordania. Markaz ini sebenarnya adalah muassasah yang didirikan dengan izin Kementerian Penerangan Yordania, nomor referensi 6/9/3665, tanggal 3 Desember 2000. Markaz ini diresmikan pada hari Senin, 13 Syawal 1421 bertepatan dengan 8 Januari 2001, dipimpin dan dipelopori oleh ulama terkemuka Yordania, yang merupakan murid dari Syeikh Muhammad Nasir al-Din al-Abani dan mereka adalah Syeikh Salim bin 'Id al-Hilali, Syeikh Muhammad bin Musa Al Nasr, Syeikh Ali bin Hassan al-Halabi al-Athari dan Syeikh Masyhur bin Hasan Al Salman. 
Markaz ini terletak 900 meter dari jalan Amman al-Zarqa' berdekatan dengan hostel al-Amir Hasyim. Sejak berdirinya, lembaga ini telah menyelenggarakan berbagai kegiatan nadwah ilmiyah terkait pentingnya berpegang pada manhaj ahlus sunnah waljama'ah.
Kegiatan Mahasiswa Universitas Jordania yang mengikuti kajian di markaz ini, dapat dilihat pada akun instagram Syabab Muslim Official.

Kampus-Kampus Pilihan di Jordania

A. University of Jordan (Al-Urduniyyah University)


Merupakan universitas pertama dan tertua di negara Yordania yang mana pertama kali di buka pada tahun 1962 M. Terletak di ibukota Amman, Yordania. Kampus ini merupakan institusi pendidikan terbesar di Yordania dan yang mana mayoritas mahasiswa Indonesia mengenyam pendidikan tingkat lanjut S1, S2, dan S3 di Yordania.

Fakultas Syariah (Hukum Islam) di Al-Urduniyyah University, dibuka pada tahun 1964 yang merupakan kampus yang terpisah dengan Universitas. Perkembangan lebih lanjut, kampus ini menyatu dengan Universitas dan menjadi bagian darinya pada tahun 1971. 

Jurusan:

  • Fakultas Syariah: Ushuluddin, Fiqh, Masharif lslamiyyah (Program Pascasarjana: Tafsir Al Qur'an, Hadith, Fiqh dan Ushul Fiqih)
  • Fakultas Sastra: Sastra Arab

B. Yarmouk University


Berdiri pada 24 juni 1975. Terletak di Provinsi lrbid yang berjarak sekitar 80 km ke arah utara dari lbu Kota Yordania. Universitas tersebut di beri nama sesuai dengan lokasinya yang berdekatan dengan medan perang yarmouk.

Fakultas Syariah dan Dirosat Islamiyah (Hukum Islam dan Studi Islam) di Al-Yarmouk University, dibuka pada tahun 1990. 
Awalnya, pada tahun 1992, Yarmouk University hanya memiliki 2 departemen. Departemen Fiqh dan Dirosat Islamiyah dan Departemen Ushuluddin. Namun saat ini, Fakultas tersebut memiliki empat departemen:
  • Departemen Ushuluddin (studi Hadits dan Al Qur'an)
  • Departemen Fiqih dan Ushul Fiqh
  • Departemen Ekonomi dan Perbankan Islam
  • Departemen Dirosat Islamiyah (Pendidikan Agama Islam, Komunikasi Dakwah dan Institusi Riset Keluarga)

Kampus ini juga memiliki Fakultas Sastra dengan jurusan Sastra Arab.


C. Mu'tah University


Berdiri pada tanggal 09 April 1981. Pada 3 tahun pertama sejak diresmikannya, Universitas Mut'ah hanya membuka 2 fakultas yaitu fakultas militer dan kepolisian serta fakultas pendidikan umum. Kemudian dengan perkembangan yang cepat pada tahun 1986 telah mampu membuka fakultas-fakultas lainnya.

Jurusan:

  • Fakultas Syariah: Ushuluddin, Fiqh dan Ushul Fiqh.
  • Fakultas Sastra: Sastra Arab


D. Philadelphia University



Universitas yang terletak 20 km dari Kota Amman, Yordania, lebih tepatnya di Jerash Road. Universitas ini di dirikan pada tahun 1989. Pada tahun 2016 universitas ini menduduki peringkat ke-31 se dunia arab dan peringkat 4 dari seluruh kampus di Yordania.

Jurusan:

  • Fakultas Adab: Departemen Bahasa dan Sastra Arab, Universitas Philadelphia, memanfaatkan sumber-sumber yang sudah mapan dan pengetahuan yang baru berkembang terkait bidang kesusastraan Arab. Sumber-sumber tradisional termasuk teks Al-Qur'an, Hadits otentik Nabi, warisan Arab-Islam, termasuk prosa, puisi, bahasa dan tata bahasa, retorika, kritik, dan risalah tentang Agama. Tujuan mempelajari teks-teks tradisional adalah untuk memastikan siswa mengidentifikasi dengan warisan keislaman mereka, memperbaiki daya tanggap keislaman dan budaya arab, mengembangkan apresiasi linguistik dan sastra, dan memungkinkan mereka untuk membaca dan memahami teks-teks tradisional, serta mendeteksi keindahan teks-teks tersebut dengan kemahiran.


E. Applied Science "Private" University (ASU) Yordania


Applied Science "Private" University (ASU, bahasa Arab: جامعة العلوم التطبيقية الخاصة) merupakan Universitas Swasta yang berlokasi di daerah Shafa Badran Kota Amman, Yordania. Didirikan pada tahun 1991 sebagai universitas swasta terbesar di Yordania dalam hal luas kampus dan jumlah pendaftar siswa. 

Jurusan pada rumpun agama islam yang yang tersedia: Fakultas Syariah dan Studi Islam (كلية الشريعة والدراسات الإسلامية). Applied Science University (ASU, bahasa Arab: جامعة العلوم التطبيقية الخاصة) merupakan universitas swasta yang berlokasi di daerah Shafa Badran Kota Amman, Yordania. Didirikan pada tahun 1991 sebagai universitas swasta terbesar di Yordania dalam hal luas kampus dan jumlah pendaftar siswa. 

Jurusan pada rumpun agama islam yang yang tersedia: Fakultas Syariah dan Studi Islam (كلية الشريعة والدراسات الإسلامية). 
Fakultas ini telah ada di ASU sejak tahun 1991/1992 M. Fakultas ini memiliki Takhoshshush Fiqh dan Ushul Fiqih. sebuah laboratorium yang berkaitan dengan keterampilan membaca dan pembelajaran hadits didirikan pada tahun 2007/2008 M, untuk mengadakan halaqah pengkajian dan ilmiah secara kolektif untuk mahasiswa/i. 
Fakultas ini berusaha untuk menggunakan teknologi modern dalam menangani sumber-sumber ilmu di bidang fiqih, hadits, tafsir dan ilmu hukum lainnya.​ Dengan Harmonisasi antara sisi teoritis dan praktis, dengan memperhatikan pelatihan lapangan. Fakultas mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian ilmiah dan berpartisipasi dalam penelitian dan konferensi internal dan eksternal. Fakultas berusaha menumbuhkan perasaan Islami berdasarkan cinta, toleransi dan menghindari kebencian dan fanatisme tercela.

F. World Islamic Science and Education (WISE) University


Universitas terbaru di Yordania, akan tetapi sangat cepat perkembangannya. Berdiri pada tahun 2008, terletak di Kota Amman, lebih tepatnya di daerah JI. Sarh Asy-Syahid, Thobarbur.

Jurusan yang tersedia:
  • Fakultas Syaikh Nuh Qudho Lissyari'ah Wal Qonun: Fiqih dan Ushul Fiqh.
  • Fakultas Dakwah dan Ushuluddin: Dirosat Islamiyah dan Ushuluddin (Hadits dan Tafsir)
  • Fakultas Fiqih: Takhoshush Fiqh Hanafi, Maliki dan Syafi'i.
  • Fakultas Seni dan Arsitektur Islam.
  • Fakultas Keuangan dan Bisnis: Perbankan Syariah. 

Wajib Fasih berbahasa Inggris untuk dapat melanjutkan studi S2 dan S3

Pada dasarnya Bahasa lnggris adalah syarat utama bagi pendaftar S2/S3 untuk bisa diterima di universitas yang bersangkutan, terutama bagi Jordan University, Yarmouk University, dan Mu'tah University. Jika pendaftar tidak memenuhi persyaratan ini, maka kampus tidak bisa menerima pendaftar. 

Jalur-jalur Pendaftaran:

1. Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (HPMI) di Kerajaan Hashimiyah Yordania (Bukan Beasiswa)

Kilas balik organisasi pelajar Indonesia di Yordania tempo dulu, PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Yordania adalah salah satu organisasi pelajar yang dibentuk dan didirikan guna menampung pelajar Indonesia yang berada di Yordania. Organisasi ini di bentuk pada tahun 1978 atas dasar kekeluargaan. Di tahun 90-an, organisasi ini sempat mengalami guncangan akibat selisih pendapat hingga terbagi menjadi dua kelompok, sampai akhirnya terbentuk kembali kesatuan visi dan misi di tahun 2006 dan kemudian dinamakan HPMI Yordania.

HPMI Yordania sebagai wadah perkumpulan pelajar Indonesia sangatlah aktif mengadakan berbagai macam kegiatan seputar pendidikan dan sosial budaya. Beragam acara diselenggarakan untuk mempromosikan Indonesia seperti pameran kebudayan di tiap kampus yang menampilkan berbagai macam budaya dan makanan hingga pengadaan seminar, kajian dan kegiatan belajar mengajar antar mahasiswa. Salah satu proyek garapan HPMI terkait pendaftaran kuliah di kampus-kampus Yordania adalah peluncuran aplikasi HPMI Yordania.

Apikasi HPMI Yordania dapat diinstal menggunakan Android dan IoS, memuat formulir pendaftaran kampus segala jenjang, profil Universitas, Berita seputar Yordania, Info Kajian Mahasiswa, Petunjuk Wisata dan Ziarah, serta mesin presensi.

Aplikasi ini dapat diunduh pada link: https://linktr.ee/aplikasihpmiyordania



2. Kuliah ke Jordania dengan Pendaftaran melalui Agensi (bukan Beasiswa)

Kami akan merekomendasikan beberapa agensi/individu yang layak kamu pertimbangkan untuk membantu proses pendaftaranmu di negara Turki, endorse dari kami ini tidak dibayar oleh pihak agensi, dan mereka tidak memiliki hubungan apa-apa dengan penulis atau web minhatiy ini.

2.a Agen-agen dan Lembaga Jasa Konsultansi Pendidikan ke Yordania

Beberapa publikasi yang bisa kita kumpulkan antara lain:

2.b Perantara Mahasiswa Yordania yang ada di sana 

Nama: Muhammad Ramadhan, BA, MA.
PDF Informasi bisa diunduh di sini.
Grup Whatsapp Kupas Tuntas Kuliah Yordania 2023, Jalur Mandiri. Klik di sini.




_________________________________________________________

Artikel Lain: 

Beasiswa Baznas RI untuk Mahasiswa Universitas Al Azhar Mesir dan Timur Tengah

(termasuk Yordania)


Setiap tahunnya, Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) RI memberikan Bantuan Pembiayaan (Beasiswa) untuk 300 Mahasiswa Universitas Al Azhar Mesir dan Negara Timur Tengah lain (termasuk Yordania) yang aktif dan telah dinyatakan diterima.


Informasi lebih lanjut mengenai seleksi tahun 2022, bisa membaca artikel ini.

Komentar