Saudi Electronic University: Program Bahasa Arab Online secara gratis.

Saudi Electronic University: Program Bahasa Arab Online secara gratis.

Ajari keluargamu belajar bahasa Arab dan dampingi ia.

Saudi Electronic University (dalam bahasa arab: الجامعة السعودية الإلكترونية) memiliki progam pembelajaran bahasa Arab untuk penutur asing (non Arab) yang dijalankan dengan sistem online, Fleksibel dan tidak memiliki banyak persyaratan yang rumit. Peminat hanya butuh mengisi formulir dan memiliki email, kemudian pihaknya akan memberikan tes tahdid mustawa (kemampuan bahasa untuk melihat pada level mana pendaftar bisa memulai pembelajaran) yang selanjutnya pihak kampus akan memberikan akun Blackboard. 

Blackboard adalah sebuah website platform pembelajaran online yang lazim digunakan pada lingkungan akademis Kerajaan Arab Saudi.

Link Pendaftaran: https://seu.edu.sa/ar/arabic-online/home/

Target Peserta:

✓ Program ini cocok untuk peserta yang memiliki dasar Bahasa Arab dan hendak melanjutkan pembelajaran tingkat menengah dan lanjut.

✓ Program ini cocok untuk peserta yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Arab sama sekali. Namun memiliki pendamping yang menuntun Ia dalam proses pendaftaran, tahdid mustawa dan pembelajaran awal.

✓ Waktu pembelajaran pada tiap courses (materi kuliah) sangat fleksibel dan tidak ada deadline penyelesaian. Ujian tiap courses bisa diulang-ulang terus untuk muraja'ah (pemantapan pemahaman/hafalan).

Titik Kritis Program:

1. User Interface pendaftaran, tes tahdid mustawa, aplikasi blackboard dan seluruh tahapan proses pembelajaran, seluruhnya menggunakan bahasa Arab. Sehingga tidak ramah bagi pengguna yang belum bisa bahasa Arab. Apabila pengguna adalah seseorang yang tidak memiliki kemampuan bahasa Arab, Pengguna disarankan memiliki orang dekat yang dengan intesif mendampinginya pada seluruh proses pendaftaran, ujian dan pembelajaran. (Mohon izin, kami selaku admin informasi, sekaligus penyusun publikasi ini, tidak sanggup menerima pertanyaan seputar cara mendaftar dan proses perkuliahan secara detail. Carilah pendamping dan proses dilakukan secara mandiri masing-masing).

2. Pada proses pendaftaran, tes tahdid mustawa dan pembelajaran perkuliahan. Pengguna dituntut menggunakan komputer, memiliki speaker dan keyboard arabic. Karena pembelajaran juga mencakup mendengar, membaca, menulis (mengetik) dan melafadzkan.

3. Proses pendaftaran dan tes Tahdid mustawa membutuhkan waktu yang panjang (lebih dari satu jam). Pendaftar agar meluangkan waktu khusus dalam mendaftar dan tidak melakukannya karena iseng.

4. Setelah pendaftaran berhasil dan hasil tahdid mustawa keluar, link dan akun Blackboard akan diberikan via email. Kira-kira membutuhkan waktu dua pekan sebelum akhirnya akun tersebut bisa digunakan (Jika masih belum bisa, agar ditunggu sampai 1-2 bulan). Pihak kampus masih membutuhkan waktu agar akun pengguna bisa sinkron dengan Blackboard.

برنامج العربية على الإنترنت يلبي احتياجات ميدان تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها بتوفير برنامج إلكتروني متكامل يتيح دراسة العربية في كل مكان في العالم دون قيود زمنية أو جغرافية لأكبر عدد ممكن من الراغبين في التعلم بطاقة استيعابية غير محدودة متجاوزا عوائق التعليم التقليدي وموفرا التكلفة التعليمية وتبعات السفر والتنقل .

Semoga bermanfaat :)

Komentar