Hamad Bin Khalifa University (HBKU) - Qatar 2023

 

Hamad Bin Khalifa University (HBKU) - Qatar

Hamad Bin Khalifa University (HBKU) adalah sebuah Universitas Negeri di Qatar yang terletak di dalam Education City di Doha, Ibukota Qatar.

Saat ini HBKU sedang membuka pendaftaran Mahasiswa baru untuk perkuliahan yang dimulai pada Musim Gugur (Fall) Tahun 2023.

Deadline Pendaftaran: Rabu, 01 Februari 2023.

Link Pendaftaran berbahasa Inggris: https://www.hbku.edu.qa/en/admissions

Link Pendaftaran berbahasa Arab: https://www.hbku.edu.qa/ar/admissions

Eligibilitas (Kriteria Layak) Pendaftar

Untuk jenjang Magister dan Doktoral, Persyaratan dari masing-masing pelamar antara lain:
  1. Terbuka untuk Putra dan Putri, tanpa batasan usia.
  2. Telah menyelesaikan jenjang sebelumnya pada jenjang yang dilamar.
  3. IPK nilai kumulatif pada jenjang sebelumnya minimal 3.0 dari 4.0 (setara dengan 3.75 dari 5.0 atau 75 dari 100).
  4. Memiliki minimal dua pemberi rekomendasi dari Dosen yang pernah mengajarnya di Jenjang sebelumnya.
  5. Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris yang baik (required to submit a valid IELTS score of 6.5 or a TOEFL IBT score of 79 in order to demonstrate their proficiency in English), selain pada Jurusan Magister Studi Islam (Konsentrasi Fiqih dan Masyarakat)
  6. Melengkapi seluruh dokumen dan Proses seleksi yang ada.

Kemampuan Bahasa Arab Pada Magister Studi Islam (Konsentrasi Fiqih dan Masyarakat) -

 ماجستير الآداب في الدراسات الإسلامية المعاصرة

 (الفقه والمجتمع)

Program studi Magister Studi Islam (Konsentrasi Fiqih dan Masyarakat) adalah satu-satunya jurusan pada kampus ini dimana bahasa yang digunakan pada perkuliahan menggunakan Bahasa Arab.
Pelamar harus menunjukkan kemahiran dalam bahasa Arab melalui bukti hasil studi (misalnya menyelesaikan gelar sarjana di mana bahasa pengantar pengantar adalah bahasa Arab atau dengan menyelesaikan ujian kemahiran yang ditawarkan oleh pihak kampus Qatar University). Nantinya, saat mengajukan permohonan beasiswa pun, pelamar akan melalui proses wawancara dengan menggunakan bahasa Arab.

Selain itu, siswa perlu membuktikan kemahiran bahasa Inggris mereka dengan memberikan skor yang setara dengan: TOEFL 35-45 atau IELTS 5. Pengecualian dimungkinkan jika pelamar telah menjalani proses perkuliahan dalam bahasa Inggris pada jenjang sebelumnya. Tingkat skor TOEFL dan IELTS di atas adalah tingkat kemampuan bahasa inggris dasar dimana level kemampuan Bahasa Inggris ini cukup ringan, setara dengan kemampuan Bahasa Inggris siswa dengan Kurikulum Sekolah Menengah di Indonesia.

Informasi lebih detail mengenai profil Program studi Magister Studi Islam (Konsentrasi Fiqih dan Masyarakat) dapat diperoleh melalui link berikut ini.

Progam Studi Sarjana Teknik Komputer

Program Sarjana Teknik Komputer adalah satu-satunya jurusan pada jenjang Sarjana (S1) di HBKU untuk pelamar dari kalangan SMA/Sederajat.
Pelamar yang ingin masuk ke bidang Teknik Komputer harus memiliki catatan akademik SMA/MA jurusan IPA dengan nilai akademik yang kuat dengan bukti transkrip nilai yang unggul dalam bidang matematika dan sains
Dikarenakan pengantar perkuliahan akan disampaikan dengan bahasa Inggris, dan HBKU tidak menyediakan kelas persiapan bahasa, Pelamar diharuskan mengikuti ujian IELTS atau TOEFL (tidak ada batas minimal khusus) untuk menunjukkan kemahiran mereka dalam bahasa Inggris. Skor tes SAT atau ACT bersifat opsional tetapi sangat dianjurkan dan akan dipertimbangkan dengan baik dalam proses penerimaan ini.

Informasi lebih detail dapat diperoleh melalui link berikut ini.

Berkas Yang Harus Diunggah

  1. Transkrip Akademik dengan Ijazah
  2. Sertifikat Hasil Kemampuan Bahasa (IELTS atau TOEFL)
  3. 2 (dua) buah Surat Rekomendasi
  4. Personal Statment of Interest
  5. Curriculum Vitae (CV)
  6. Passport
Surat Rekomendasi akademik, berasal dari guru/dosen yang pernah mengajar pelamar pada jenjang sebelumnya. Format Surat Rekomendasi ditentukan oleh pihak kampus. Pelamar harus menyerahkan dua surat rekomendasi, salah satunya harus dari rekomendasi akademik. Pelamar akan menemukan tautan ke formulir rekomendasi di aplikasi penerimaan online.

Personal Statment of Interest adalah sebuah esai ilmiah yang terdiri atas 300-500 kata yang berisikan penjelasan:
  • Mengapa mereka melamar program studi ini,
  • Bagaimana studi mereka di HBKU Qatar pada program studi yang dipilih, akan berkontribusi pada pencapaian tujuan pribadi mereka.
  • Informasi tentang minat diri tentang program studi.
  • Pencapaian prestasi serta penelitian pelamar dan kaitannya dengan program studi yang dipilih. 
Pernyataan pribadi yang tidak dilengkapi dengan poin-poin di atas tidak akan diterima. Pelamar Master of Arts dalam Studi Islam Kontemporer yang berniat untuk mengejar konsentrasi di Fiqh dan Masyarakat harus menyerahkan pernyataan pribadi mereka dalam bahasa Arab.

Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas mengenai identitas pribadi, riwayat pendidikan, prestasi akademik atau non akademik, serta data dan informasi yang menjelaskan nilai lebih dari seorang individu untuk melamar beasiswa atau pekerjaan.
Curriculum Vitae bisa juga disebut sebagai Riwayat Hidup yang berisi informasi tentang kehidupan pemilik CV yang dituangkan secara rinci tapi ringkas.
Berbagai data yang tercantum di dalam CV berfungsi untuk mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan tulisan yang realistis dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh kampus/perusahaan. Bagi kampus/perusahaan, Curriculum Vitae memiliki fungsi untuk mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan kualifikasi dan posisi jabatan apa yang dicari atau dibutuhkan.
Tips dalam menyusun CV untuk beasiswa dapat dibaca di sini (sumber schoters).

Dokumen apa saja yang harus diterjemahkan?

  • Dokumen yang diterjemahkan adalah Dokumen berbahasa Indonesia yang harus Bahasa Inggris (Khusus Magister Studi Islam, dapat diterjemahkan ke Bahasa Arab).
  • Dokumen seperti Ijazah yang sudah dalam bahasa Inggris/Arab, tidak perlu diterjemahkan lagi pada tahap pendaftaran.
  • Karena itu, usahakan agar berkas seperti Surat Rekomendasi dan CV juga sudah tertulis dalam Bahasa Inggris/Arab agar tidak perlu diterjemahkan lagi agar tidak boros biaya.
  • CV bisa disusun sendiri dan dapat menggunakan bahasa Inggris selain bahasa Arab
  • Passport secara mutlak tidak perlu diterjemahkan karena merupakan dokumen yang berlaku internasional.
  • Dokumen terjemahan ga bisa berdiri sendiri. Dia harus selalu bersama aslinya. Gabungkan keduanya menjadi satu file PDF. Lakukan itu pada setiap pendaftaran. Kecuali jika memang kolom unggah terjemahan dan aslinya terpisah. Pokoknya intinya jangan pernah kirimkan hasil terjemahan tanpa dilampirkan asli.

Tes Kompetensi Kemampuan Bahasa Inggris (IELTS atau TOEFL)


Hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftarkan diri ke HBKU adalah hasil tes
IELTS atau TOEFL IBT.

  • Skor minimal untuk Program studi Magister Studi Islam (Konsentrasi Fiqih dan Masyarakat) hanyalah TOEFL 35-45 atau IELTS 5.
  • Skor untuk jurusan selainnya dimana perkuliahan dilakukan menggunakan bahasa inggris, standar minimal TOEFL 79 atau IELTS 6.5


Profil Kampus

Hamad Bin Khalifa University (HBKU) adalah sebuah Universitas Negeri di Qatar yang terletak di dalam Education City di Doha, Ibukota Qatar. Dibuka pada tahun 2010 dan mulai mewisuda angkatan pertama mereka pada 2014. Nama kampus HBKU diambil dari nama Emir Qatar sebelumnya yang bernama Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani.

Foto: Annas Rolli Muchlisin (Mahasiswa Indonesia di HBKU)

College of Islamic Studies (CIS) diterjemahkan sebagai Fakultas Studi Islam di Universitas ini, merupakan salah satu fakultas paling diincar oleh Calon Mahasiswa asal Indonesia. 
CIS adalah rumah bagi para cendekiawan dan mahasiswa yang berkomitmen pada kebangkitan Islam yang mengakar dan menghargai penerapannya yang beragam dalam kehidupan. Islam adalah agama sekaligus peradaban dengan pandangan global, sistem pengetahuan, dan struktur nilai yang istimewa. Inilah yang membuat Islam menjadi kekuatan pendorong dalam sejarah dan dunia saat ini di berbagai bidang penting kehidupan, termasuk menjadi agama yang tumbuh paling cepat di dunia. 
CIS adalah rumah para cendekiawan dan mahasiswa yang berkomitmen untuk mempelajari Islam dari perspektif berbagai disiplin ilmu, dan selanjutnya berkontribusi pada kebangkitannya dengan konsep yang mengakar. Dengan lingkungan akademik internasional dan interdisipliner, arsitektural kampus yang unik, dan fasilitas yang luar biasa, CIS menawarkan pengalaman yang menyenangkan, merangsang, dan memotivasi untuk belajar dan belajar. Siswa akan menemukan diri mereka tenggelam dalam pendidikan yang komparatif, kritis, dapat diterapkan, dan yang terpenting berakar pada tradisi pengetahuan Islam yang kaya.


Profil Pengajuan Beasiswa

Qatar Foundation for Education, Science and Community Development (QF), adalah sebuah organisasi nirlaba swasta yang didirikan pada tahun 1995. Proyek andalannya adalah Kota Pendidikan, yang berfungsi sebagai pusat keunggulan akademik dan menampung kampus-kampus cabang universitas dan institusi internasional terkenal. QF juga terlibat dalam berbagai penelitian ilmiah dan proyek pembangunan ekonomi dan sosial. Beasiswa yang diterapkan di HBKU dan ditawarkan untuk Mahasiswa Asing ini juga merupakan bagian dari program Qatar Fondation (QF).

Proses Pendaftaran Masuk sebagai Mahasiswa Baru dan proses Pengajuan Beasiswa adalah dua hal yang berbeda. Untungnya, proses ini dilakukan secara terintegrasi (menyatu) pada pelamar dari kalangan Mahasiswa Asing.

Mahasiswa Baru yang berprestasi yang diterima dalam program pascasarjana dapat langsung mengajukan permohonan beasiswa yang diberikan melalui perguruan tinggi pada saat proses wawancara penerimaan. Dana beasiswa prestasi ini terbatas dan akan diberikan kepada mahasiswa yang paling berkualitas secara akademis berdasarkan kriteria penerimaan HBKU dan berdasarkan evaluasi dan rekomendasi dari komite yang terdiri dari pengajar dalam program/fakultas yang dipilih dan disetujui oleh Dekan. 

Beasiswa ini mencakup hal-hal sebagai berikut:

  • Pelunasan biaya kuliah secara penuh ataupun sebagian (35 s.d 100%).
  • Pelunasan biaya Asrama secara penuh ataupun bersubsidi (35 s.d 100%);
  • Tiket transportasi kelas ekonomi hanya untuk mahasiswa (dibeli oleh HBKU hanya jika visanya disetujui);
  • Tunjangan maksimal bulanan sebagaimana diatur dalam kebijakan dan prosedur HBKU. Tunjangan ini adalah satu-satunya bagian dari beasiswa yang dibayarkan langsung kepada mahasiswa.

Mahasiswa yang menerima beasiswa / keringanan biaya kuliah harus mengajukan permohonan kembali setiap tahun untuk kelanjutan Program Beasiswa. Komite Beasiswa akan mengevaluasi kelayakan mahasiswa untuk melanjutkan beasiswa ke tahun ajaran berikutnya. Biasanya, mahasiswa pascasarjana harus mempertahankan CGPA/IPK 3.0 atau lebih tinggi.

Tutorial Pendaftaran:


Video: Annas Rolli Muchlisin (Mahasiswa Indonesia di HBKU)

Komentar