Beasiswa S1 Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. 2023

Beasiswa Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) pada sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia (UII)

Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) adalah pola seleksi yang dilakukan melalui penilaian rekam jejak prestasi (nilai rapor dan prestasi penunjang). Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 pada mata pelajaran sesuai Tabel Pemetaan Mata Pelajaran berikut:

Tabel Pemetaan Mata Pelajaran

*Siswa SMK cukup menggunakan 3 nilai mata pelajaran dari 7 nilai mata pelajaran (Fisika, Kimia, IPA, Biologi, Kompetensi Keahlian/Kejuruan, IPS, atau Keterampilan Komputer & Pengelolaan Informasi) yang sesuai dengan Program Studi yang dipilih.

Hal-hal penting yang harus diketahui:

  • Informasi lebih detail terkait Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) pada sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia (UII) ini, agar menggunakan situs ini: https://pmb.uii.ac.id/psb/
  • Secara umum, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023 pada kampus UIII terbuka hingga 28 Juli 2023. 
  • Adapun untuk seleksi Penelusuran Beasiswa memilik jadwalnya masing-masing sebelum tanggal di atas.
  • Pola seleksi PSB hanya dapat diikuti oleh peserta seleksi lulusan tahun 2022 (hanya bagi yang melakukan pengabdian di Pondok Pesantren) dan lulusan tahun 2023. 
  • Pilihan Program Studi Kedokteran hanya ditawarkan pada pola seleksi PSB Beasiswa Hafizah Hafiz.
Terdapat 5 jenis pola seleksi PSB, yaitu:
  1. PSB Beasiswa Hafizah Hafiz, 
  2. PSB Beasiswa Santri, 
  3. PSB Beasiswa Duafa, 
  4. PSB Beasiswa Atlet & Juara Seni, 
  5. serta PSB Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar). 

PSB Beasiswa Hafizah Hafiz

PSB Beasiswa Hafizah Hafiz adalah pola seleksi yang dilakukan berdasarkan nilai rapor (pengetahuan) dan kemampuan hafalan Al-Qur’an minimum 15 Juz. PSB Beasiswa Hafizah Hafiz juga dibuka untuk pilihan Program Studi Kedokteran. PSB Beasiswa Hafizah Hafiz untuk Program Studi Kedokteran hanya dapat diikuti oleh peserta lulusan/calon lulusan SMA/MA/Pondok Pesantren/SMK Kesehatan (Jurusan IPA) lulusan tahun 2022, atau 2023, dengan usia maksimum 21 Tahun per tanggal 31 Agustus 2023. Biaya pendaftaran PSB Beasiswa Hafizah Hafiz adalah Rp. 200.000 untuk pilihan program studi non-kedokteran dan Rp. 400.000 untuk pilihan program studi kedokteran.

Beasiswa

Terdapat 2 jenis beasiswa yang dapat diterima, yaitu Beasiswa 30 Juz dan Beasiswa 15 Juz. Beasiswa 30 Juz adalah beasiswa yang meliputi pembebasan biaya Dana Catur Darma, pembebasan biaya Uang Kuliah, serta bantuan Biaya Hidup (bulanan), sedangkan Beasiswa 15 Juz adalah beasiswa yang meliputi pembebasan biaya Dana Catur Darma dan pembebasan biaya Uang Kuliah.

Pelaksanaan

PSB Beasiswa Hafizah Hafiz dilakukan dalam bentuk Seleksi Berkas dan Ujian Kompetensi. Ujian Kompetensi dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dalam 2 sesi, yaitu sesi Tes Hafalan Al-Qur’an (melanjutkan ayat secara acak) dan sesi Wawancara (Akademik, Pengembangan Diri, Kecerdasan Spiritual, serta Kecerdasan Sosial). PSB Beasiswa Hafizah Hafiz dilaksanakan sebanyak 2 kali dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:

Periode Bulan Februari

Unggah Dokumen: 15 s/d 31 Januari
Seleksi Dokumen: 14 Februari
Ujian Kompetensi: 20 Februari
Hasil Kelulusan: 27 Februari

Periode Bulan Mei

Unggah Dokumen: 2 s/d 12 Mei
Seleksi Dokumen: 17 Mei
Ujian Kompetensi: 22 Mei
Hasil Kelulusan: 29 Mei

Khusus Program Studi Kedokteran, proses seleksi akan dilaksanakan dalam 2 tahap ujian, yaitu Ujian Tahap 1 dan Ujian Tahap 2. Ujian Tahap 1 dilakukan dalam bentuk Ujian Kompetensi, sedangkan Ujian Tahap 2 dilakukan dalam bentuk Ujian Kedokteran Dasar. Peserta seleksi hanya dapat mengikuti Ujian Tahap 2 jika dinyatakan lolos pada Ujian Tahap 1. 

Berikut jadwal pelaksanaan PSB Beasiswa Hafizah Hafiz khusus Program Studi Kedokteran:

Periode Bulan Februari

Unggah Dokumen: 15 s/d 31 Januari
Seleksi Dokumen: 14 Februari
Ujian Kompetensi: 20 Februari
Hasil Ujian Tahap 1: 27 Februari
Ujian Tahap 2: 13 Maret
Hasil Kelulusan: 17 Maret

Periode Bulan Mei

Unggah Dokumen: 2 s/d 12 Mei
Seleksi Dokumen: 17 Mei
Ujian Kompetensi: 22 Mei
Hasil Ujian Tahap 1: 29 Mei
Ujian Tahap 2: 19 Juni
Hasil Kelulusan: 23 Juni

Kebutuhan Dokumen

  1. Rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran sesuai dengan Tabel Pemetaan Mata Pelajaran.
  2. Sertifikat/Syahadah/Surat Keterangan hafalan Al-Qur’an (Minimum 15 Juz).
  3. Asesmen Diri PSB Beasiswa Hafizah Hafiz (form dapat diunduh di sini).
  4. Surat Keterangan Pengabdian di Pondok Pesantren/Sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2022.
  5. Karya gambar/sketsa buatan sendiri sebanyak 3 buah yang terdiri dari landmark kota tinggal, bagian dalam rumah sendiri, dan bagian luar rumah sendiri (khusus untuk pilihan Program Studi Arsitektur).

PSB Beasiswa Santri

PSB Beasiswa Santri adalah pola seleksi yang dilakukan berdasarkan nilai rapor (pengetahuan) dan prestasi unggul di bidang ilmu keagamaan dengan penguasaan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab yang baik. Peserta seleksi dapat memilih 3 pilihan program studi (kecuali Program Studi Kedokteran). Biaya pendaftaran untuk PSB Beasiswa Santri adalah Rp. 200.000.

Beasiswa

Beasiswa yang dapat diterima adalah pembebasan biaya Dana Catur Darma, pembebasan biaya Uang Kuliah, serta akomodasi tempat tinggal di Pondok Pesantren UII (bebas biaya). Selain menempuh pendidikan akademik, peserta seleksi yang menerima beasiswa ini juga akan mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren UII.

Pelaksanaan

PSB Beasiswa Santri dilakukan dalam bentuk Seleksi Berkas dan Ujian Kompetensi. Ujian Kompetensi dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dalam 2 sesi, yaitu sesi Tes Tulis (Potensi Akademik, Penguasaan Bahasa Arab, serta Penguasaan Bahasa Inggris) dan sesi Wawancara (Akademik, Pengembangan Diri, Kecerdasan Spiritual, serta Kecerdasan Sosial).  PSB Beasiswa Santri dilaksanakan sebanyak 2 kali dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:

Periode Bulan April

Unggah Dokumen: 15 s/d 31 Maret
Seleksi Dokumen: 6 April
Tes Tulis: 11 April
Wawancara: 12 April
Hasil Kelulusan: 8 Mei

Periode Bulan Juni

Unggah Dokumen: 15 s/d 31 Mei
Seleksi Dokumen: 6 Juni
Tes Tulis: 18 Juni
Wawancara: 19 Juni
Hasil Kelulusan: 26 Juni

Kebutuhan Dokumen

  1. Rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran sesuai dengan Tabel Pemetaan Mata Pelajaran.
  2. Asesmen Diri PSB Beasiswa Santri (dapat diunduh di sini).
  3. Esai/Artikel Singkat bertema “Peran Cendekiawan Muslim untuk Umat” (karangan sendiri).
  4. Esai/Artikel Singkat bertema “Capaian Prestasi Inspiratif dalam Hidupku” (karangan sendiri).
  5. Prestasi di bidang ilmu keagamaan (bisa lebih dari satu) tingkat Provinsi, Nasional, atau Internasional. Prestasi yang dapat digunakan adalah prestasi yang didapat selama menempuh pendidikan di SMA/MA/Pondok Pesantren/SMK.
  6. Surat Keterangan Pengabdian di Pondok Pesantren/Sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2022.
  7. Karya gambar/sketsa buatan sendiri sebanyak 3 buah yang terdiri dari landmark kota tinggal, bagian dalam rumah sendiri, dan bagian luar rumah sendiri (khusus untuk pilihan Program Studi Arsitektur).

PSB Beasiswa Duafa

PSB Beasiswa Duafa diperuntukkan bagi peserta seleksi dengan prestasi unggul (bidang akademik) namun membutuhkan bantuan biaya pendidikan (duafa). Peserta seleksi dapat memilih 3 pilihan program studi (kecuali Program Studi Kedokteran). Biaya pendaftaran untuk PSB Beasiswa Duafa adalah Rp. 50.000.

Beasiswa

Beasiswa yang dapat diterima adalah pembebasan biaya Dana Catur Darma dan pembebasan biaya Uang Kuliah.

Pelaksanaan

PSB Beasiswa Duafa dilakukan dalam bentuk Seleksi Berkas. PSB Beasiswa Duafa dilaksanakan sebanyak 2 kali dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:

Periode Bulan Maret

Unggah Dokumen: 15 s/d 28 Februari
Seleksi Dokumen: 7 Maret
Hasil Kelulusan: 27 Maret

Periode Bulan Juni

Unggah Dokumen: 15 s/d 31 Mei
Seleksi Dokumen: 6 Juni
Hasil Kelulusan: 26 Juni

Kebutuhan Dokumen

  1. Rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran sesuai dengan Tabel Pemetaan Mata Pelajaran.
  2. Asesmen Diri PSB Beasiswa Duafa (dapat diunduh di sini).
  3. Keterangan Tidak Mampu yang dapat berupa (salah satu) Kartu Miskin, Kartu Program Keluarga Harapan, Kartu Keluarga Sejahtera, Dokumen keterangan tidak mampu, Dokumen keterangan dari Panti Sosial/Panti Asuhan.
  4. Kartu Keluarga.
  5. Foto Rumah Tinggal (seluruh bagian luar rumah terlihat).
  6. Prestasi di bidang akademik (bisa lebih dari satu) tingkat Provinsi, Nasional, atau Internasional. Prestasi yang dapat digunakan adalah prestasi yang didapat selama menempuh pendidikan di SMA/MA/Pondok Pesantren/SMK.
  7. Surat Keterangan Pengabdian di Pondok Pesantren/Sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2022.
  8. Karya gambar/sketsa buatan sendiri sebanyak 3 buah yang terdiri dari landmark kota tinggal, bagian dalam rumah sendiri, dan bagian luar rumah sendiri (khusus untuk pilihan Program Studi Arsitektur).

PSB Beasiswa Atlet & Juara Seni

PSB Beasiswa Atlet & Juara Seni diperuntukkan bagi peserta seleksi dengan prestasi unggul (bidang Olah Raga atau Seni). Peserta seleksi dapat memilih 3 pilihan program studi (kecuali Program Studi Kedokteran). Biaya pendaftaran untuk PSB Beasiswa Atlet & Juara Seni adalah Rp. 200.000.

Beasiswa

Beasiswa yang dapat diterima adalah pembebasan biaya Dana Catur Darma dan pembebasan biaya Uang Kuliah.

Pelaksanaan

PSB Beasiswa Atlet & Juara Seni dilakukan dalam bentuk Seleksi Berkas dan Ujian Kompetensi. Ujian Kompetensi dilaksanakan secara luring di Kampus Terpadu UII (Yogyakarta) dalam 2 sesi, yaitu sesi Ujian Praktik (Sesuai prestasi di bidang Olah Raga atau Seni) dan sesi Wawancara (Akademik, Pengembangan Diri, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, serta Penguasaan Bidang Keahlian). PSB Beasiswa Atlet & Juara Seni dilaksanakan sebanyak 2 kali dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:

Periode Bulan Mei

Unggah Dokumen: 2 s/d 10 Mei
Seleksi Dokumen: 13 Mei
Ujian Kompetensi: 20 Mei
Hasil Kelulusan: 29 Mei

Periode Bulan Juli

Unggah Dokumen: 15 s/d 30 Juni
Seleksi Dokumen: 6 Juli
Ujian Kompetensi: 22 Juli
Hasil Kelulusan: 28 Juli

Kebutuhan Dokumen

  1. Rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran sesuai dengan Tabel Pemetaan Mata Pelajaran.
  2. Asesmen Diri PSB Beasiswa Atlet & Juara Seni (form dapat diunduh di sini).
  3. Sertifikat Pemenang/Juara di bidang olah raga atau seni tingkat provinsi, nasional, dan internasional.
  4. Surat Rekomendasi dari pelatih dan induk organisasi olah raga (khusus bidang Olah Raga).
  5. Surat Rekomendasi dari pelatih/kepala sekolah/organisasi pembina (khusus bidang Seni).
  6. Surat Rekomendasi dari LPTQ Wilayah (khusus prestasi bidang MTQ).
  7. Surat Keterangan Sehat dari dokter di Rumah sakit, Klinik, atau Puskesmas.
  8. Surat Keterangan Pengabdian di Pondok Pesantren/Sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2022.
  9. Karya gambar/sketsa buatan sendiri sebanyak 3 buah yang terdiri dari landmark kota tinggal, bagian dalam rumah sendiri, dan bagian luar rumah sendiri (khusus untuk pilihan Program Studi Arsitektur).

PSB Beasiswa KIP

PSB Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) diperuntukkan bagi peserta seleksi dengan prestasi unggul namun membutuhkan bantuan biaya pendidikan. Proses seleksi awal akan selenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia melalui Program Kuliah Merdeka. Informasi seleksi awal dapat diakses melalui laman web kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi KIP Kuliah Mobile Apps (berbasis Android). Pendaftaran PSB Beasiswa KIP tidak dipungut biaya (gratis).

Beasiswa

Beasiswa yang dapat diterima adalah pembebasan biaya Dana Catur Darma, pembebasan biaya Uang Kuliah, serta bantuan Biaya Hidup (bulanan).
Pelaksanaan
PSB Beasiswa KIP dilaksanakan sesuai dengan prosedur pelaksanaan dari Kemendikbudristek Republik Indonesia. Setelah dinyatakan lulus seleksi Program KIP Kuliah Merdeka dari Kemendikbudristek Republik Indonesia, peserta seleksi dapat melanjutkan pendaftaran di PSB Beasiswa KIP. Jadwal pelaksanakan akan disampaikan setelah ada informasi lanjutan dari pelaksanaan Program KIP Kuliah Merdeka.

Kebutuhan Dokumen

  1. Rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran sesuai dengan Tabel Pemetaan Mata Pelajaran.
  2. Asesmen Diri PSB Beasiswa KIP (dapat diunduh di sini).
  3. Dokumen Program KIP Kuliah Merdeka dari Kemendikbudristek Republik Indonesia.
  4. Prestasi di bidang akademik (bisa lebih dari satu) tingkat Provinsi, Nasional, atau Internasional. Prestasi yang dapat digunakan adalah prestasi yang didapat selama menempuh pendidikan di SMA/MA/Pondok Pesantren/SMK.
  5. Surat Keterangan Pengabdian di Pondok Pesantren/Sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2022.
  6. Karya gambar/sketsa buatan sendiri sebanyak 3 buah yang terdiri dari landmark kota tinggal, bagian dalam rumah sendiri, dan bagian luar rumah sendiri (khusus untuk pilihan Program Studi Arsitektur).

Prosedur dan Persyaratan


Informasi lebih detail terkait Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) pada sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia (UII) ini, agar menggunakan situs ini: https://pmb.uii.ac.id/psb/

1. Membuat NIU (Nomor Induk Utama)

Jika telah memiliki NIU, Anda dapat lanjut ke proses berikutnya. Jika belum, Anda harus membuat NIU terlebih dahulu. Panduan membuat NIU dapat diakses di sini.

2. Memilih Pola Seleksi

Masuk ke admisi.uii.ac.id (disarankan menggunakan laptop/komputer), kemudian “Beli Formulir”. Pilih pola seleksi sesuai dengan minat Anda. Setelah melakukan pembelian, Anda akan mendapat nomor tagihan untuk pembayaran formulir sesuai dengan pola seleksi yang telah Anda beli.

3. Melakukan Pembayaran Pola Seleksi

Pembayaran pola seleksi dapat dilakukan di semua kanal pelayanan pembayaran PMB UII (kantor cabang, ATM, internet banking, atau mobile banking) Bank Mitra UII (Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank BPD DIY, Bak BPD DIY Syariah, Bank Muamalat, dan Bank Bukopin). Panduan pembayaran melalui Bank Mitra UII dapat diakses di sini.

4. Mengunggah Dokumen

Mengisi dan mengunggah nilai rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 (dalam format PDF, JPEG, atau PNG).
Mengisi dan mengunggah kebutuhan dokumen yang disyaratkan (sesuai dengan pola seleksi PSB yang dipilih).
Perhatikan batas waktu unggah dokumen sesuai dengan pola seleksi yang dipilih.

5. Proses Verifikasi Dokumen

Proses verifikasi dokumen dilakukan oleh Panitia PMB UII terhadap segala unggahan data yang dilakukan oleh peserta seleksi. Unggahan data yang tidak lengkap akan dikembalikan ke peserta seleksi untuk diperbaiki sesuai batas waktu perbaikan. Peserta seleksi yang tidak memperbaiki data unggahan hingga batas waktu perbaikan akan dinyatakan tidak lulus seleksi. Hasil verifikasi dokumen dapat dipantau melalui admisi.uii.ac.id (disarankan menggunakan laptop/komputer).

6. Proses Seleksi Berkas

Proses seleksi berkas dilakukan terhadap nilai rapor (pengetahuan) serta kebutuhan dokumen (sesuai dengan pola seleksi PSB yang dipilih) yang telah melalui proses verifikasi.
Hasil seleksi berkas akan menentukan apakah peserta seleksi dapat lanjut ke tahap Ujian Hafalan Al-Qur’an (PSB Beasiswa Hafizah Hafiz), Ujian Wawancara (PSB Beasiswa Santri dan PSB Beasiswa KIP), Ujian Praktik (PSB Beasiswa Atlet & Juara Seni), atau tidak.
Khusus PSB Beasiswa Duafa, hasil seleksi berkas akan menentukan apakah peserta seleksi dinyatakan lulus seleksi (mendapatkan beasiswa) atau tidak.
Hasil seleksi berkas dapat dilihat di admisi.uii.ac.id (disarankan menggunakan laptop/komputer).

7. Ujian Prestasi

Ujian prestasi dilakukan dalam bentuk Ujian Hafalan Al-Qur’an (PSB Beasiswa Hafizah Hafiz), Ujian Wawancara (PSB Beasiswa Santri dan PSB Beasiswa KIP), atau Ujian Praktik (PSB Beasiswa Atlet & Juara Seni), sesuai dengan pola seleksi PSB yang dipilih. Hasil Ujian Prestasi akan menentukan apakah peserta seleksi dinyatakan lulus seleksi (mendapatkan beasiswa) atau tidak. Khusus peserta seleksi PSB Beasiswa Hafizah Hafiz yang memilih Program Studi Kedokteran, maka hasil Ujian Prestasi akan menentukan apakah peserta seleksi dapat lanjut ke Ujian Tahap 2 atau tidak. Jadwal Ujian Tahap 2 akan disampaikan bersamaan dengan penyampaian hasil Ujian Prestasi.

8. Ujian Tahap 2 (PSB Beasiswa Hafizah Hafiz)

Ujian Tahap 2 hanya diberlakukan bagi peserta seleksi PSB Beasiswa Hafizah Hafiz yang memilih Program Studi Kedokteran. Peserta seleksi dapat melanjutkan Ujian Tahap 2 jika dinyatakan lolos pada tahap Ujian Prestasi. Peserta seleksi PSB Beasiswa Hafizah Hafiz dengan pilihan Program Studi Kedokteran dinyatakan lulus seleksi (mendapatkan beasiswa) jika lolos di Ujian Tahap 2. Jadwal Ujian Tahap 2 dapat dilihat di admisi.uii.ac.id (disarankan menggunakan laptop/komputer).

9. Hasil Kelulusan

Hasil kelulusan akan diumumkan pada hari Senin terakhir di bulan pelaksanaan PSB (sesuai dengan pola seleksi PSB yang dipilih).
Khusus peserta seleksi PSB Beasiswa Hafizah Hafiz yang memilih Program Studi Kedokteran, hasil kelulusan akan diumumkan pada hari Senin terakhir di bulan pelaksanaan Ujian Tahap 2.
Hasil kelulusan dapat dilihat melalui admisi.uii.ac.id (disarankan menggunakan laptop/komputer).
Jika dinyatakan lulus seleksi, maka peserta seleksi wajib melakukan Registrasi dengan batas waktu 14 hari setelah pengumuman hasil kelulusan. Prosedur dan Ketentuan Registrasi dapat dilihat di sini.
Jika dinyatakan tidak lulus seleksi, para peserta seleksi tetap diperkenankan untuk meminta Surat Keterangan Tidak Lulus Seleksi kepada Panitia

Komentar