Beasiswa Turki 2023: Turkiye Burslari Scholarship (YTB)

Beasiswa Turki 2023: Turkiye Burslari Scholarship (YTB)

Kamu sedang mencari beasiswa ke Turki? Yuk kenalan dulu dengan beasiswa bergengsi dari Turki yang pembukaannya selalu rutin setiap awal tahun: Turkiye Burslari Scholarship (YTB). Beasiswa YTB Turki merupakan program beasiswa pendidikan untuk para pelajar internasional, termasuk Indonesia. 

Waktu Pendaftaran: 10 Januari 2023 sampai dengan 20 Februari 2023

Web Resmi Pendaftaran: https://www.turkiyeburslari.gov.tr/

Apa itu Turkiye Burslari Scholarship ?

Beasiswa Turkiye Burslari adalah beasiswa untuk program Sarjana (S1), Magister (S2), Doktoral (S3), penelitian, hingga program bahasa Turki. Beasiswa YTB Turki tidak hanya memberikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup saja, tapi juga menjamin penempatan universitasmu nanti. Bukan hanya itu, dengan jaringan alumni dunia dan program pengembangan diri yang ditawarkan, Beasiswa Turkiye Burslari memberikan pengalaman belajar yang berbeda dari pada yang lain. 

Beasiswa Turkiye Burslari diberikan oleh Presidency for Turks Abroad and Related Communities (YTB) dan bekerja sama dengan institusi lain seperti YÖK, Yurt - Kur, General Directorate of Migration Management dan Ministry of Foreign Affairs. Hingga awal berdiri, Beasiswa YTB Turki telah memberangkatkan ribuan mahasiswa dari 178 negara dunia.

Jenis-jenis Program yang Ditawarkan

A. Full-time Program Beasiswa Turkiye Burslari

Salah satu beasiswa YTB Turki yang menjadi pilihan banyak orang adalah program full-time. Program ini mencakup beasiswa penuh waktu untuk program Sarjana (S1), Master/Magister (S2), dan Doktoral (S3). Berikut rincian full-time Beasiswa Turki Turkiye Burslari.

1. Undergraduate Program

Undergraduate Scholarship Program adalah beasiswa yang diberikan oleh Beasiswa YTB Turki untuk calon mahasiswa sarjana (lulusan SMA/sederajat) dari berbagai negara, salah satunya Indonesia. Program beasiswa ini memberi kesempatan kepada calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan di semua program sarjana di Turki.

2. Master (Graduate) Program

Master Scholarship Program adalah beasiswa YTB Turki yang diberikan untuk level master atau magister. Program yang ditawarkan sangat luas, mulai dari Social Science, Humanities, Natural Sciences, Islamic Studies (Dirosat Islam) dan Engineering, tidak tersedia untuk program spesialis di bidang kedokteran.

3. Doctoral (Graduate) Program

Doctoral Scholarship Program adalah beasiswa YTB Turki yang diberikan untuk level phD dan doktor. Program yang ditawarkan juga sangat luas, mulai dari Social Science, Humanities, Natural Sciences, Islamic Studies (Dirosat Islam) dan Engineering, tidak tersedia untuk program spesialis di bidang kedokteran.

B. Short-term Program Beasiswa Turki Turkiye Burslari

Program ini mengacu pada beasiswa jangka pendek untuk beberapa area dan kelompok sasaran tertentu. Terlebih bagi Pelamar Beasiswa yang sudah memiliki pengalam kerja profesional.

1. Success Scholarship Program (1 tahun)

Diberikan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Turki dengan biaya mandiri dan memiliki prestasi akademik yang baik dan tersedia untuk jenjang S1, S2, maupun S3. Fasilitas yang ditawarkan program beasiswa YTB Turki hanya mencakup uang saku per bulan.

2. Research Scholarship Program (3-12 bulan)

Program ini dirancang untuk mendorong para peneliti dan akademisi internasional untuk melakukan riset kolaborasi dengan akademisi Turki di universitas paling bergengsi. Program ini hanya tersedia untuk mahasiswa doktoral yang berada di tahap penyusunan disertasi dan hanya menyediakan fasilitas uang saku per bulan.

3. Turkish Language Programme for Public Officials and Academicians (KATIP)

Program ini dirancang untuk pejabat publik asing, diplomat, akademisi, dan peneliti yang ingin belajar bahasa Turki dan mengenal Turki lebih dalam selama 8-10 bulan. Fasilitaskan yang diberikan oleh Beasiswa Turki Turkiye Burslari mencakup uang saku bulanan dan akomodasi.



Mencermati Bidang yang tersedia pada program Beasiswa Turkiye Burslari dan Bahasa Pengantar Perkuliahan

Untuk Beasiswa Burslari Scholarship (YTB) di Turki, pelamar beasiswa dapat melakukan pendaftaran melalui online dengan mengisi formulir yang ada di website kemudian memilih langsung universitas yang diminati. Sehingga saat pelamar mendapatkan beasiswa, secara otomatis juga akan diterima pada universitas yang dituju.

Sistem perkuliahan yang di Turki kebanyakan menggunakan pengantar bahasa Turki, namun ada juga beberapa universitas dan Jurusan yang menggunakan bahasa Inggris, Prancis, dan Arab. Sebelum melamar beasiswa sebaiknya pelamar mencermati bahasa pengantar apa yang akan digunakan dalam proses studi disana. Selain itu, pelamar juga akan mendapatkan bimbingan bahasa turki atau yang disebut Tomer selama satu tahun sebelum memulai progam perkuliahan yang tentunya program tomer tersebut akan banyak membantu proses perkuliahan nantinya.

Langkah-langkah mencari Info Program yang diinginkan dan mencermati kesediaan Universitas yang ditawarkan pada Beasiswa Burslari Scholarship (YTB).

  1. Gunakan fitur pencarian: https://www.turkiyeburslari.gov.tr/ScholarshipSearch
  2. Kosongkan Program Name, City dan University.
  3. Agar isi Education Level (jenjang pendidikan), Education Field (bidang jurusan), Education Languange (bahasa pengantar perkuliahan) yang kamu incar.
  4. Klik "Program Search" untuk melihat hasil.

Misalnya kamu adalah pemburu Beasiswa dengan Program yang diinginkan adalah Bidang ilmu keislaman, Jenjang Sarjana dan Bahasa Perkuliahan adalah Bahasa Arab.

  • Maka pada kolom Education Field, kamu akan mengisi "Islamic Theology"
  • Pada kolom Select Level, kamu isi dengan "Bachelor Degree",
  • Dan pada Education Language, kamu isi dengan "Arabic"

Maka setelah menekan "Program Search", kamu akan mendapatkan daftar Universitas-Universitas di Turki yang tersedia dan bisa kamu pilih untuk pengajuan mendapatkan Beasiswa ini.

Catat semua kampus-kampus tujuan tersebut untuk nantinya kamu masukan ke dalam formulir pendaftaran yang akan kamu isi kelak saat pendaftaran.


Eligibilitas (Kriteria Layak) Pendaftar Beasiswa Turki Turkiye Burslari

1. Maksimal Usia

  • Tidak lebih dari 21 tahun bagi pendaftar jenjang Sarjana
  • Tidak lebih dari 30 tahun bagi pendaftar jenjang Magister/Master
  • Tidak lebih dari 35 tahun bagi pendaftar jenjang Doktoral/phD
  • Tidak lebih dari 45 tahun bagi pendaftar Research Program

2. Nilai minimum untuk masing-masing jenis program dan beasiswa:

  • Bagi pendaftar jenjang S-1, nilai minimum ijasah pendidikan sebelumnya 70%.
  • Bagi pendaftar jenjang S-2 dan S-3, nilai minimum ijasah pendidikan sebelumnya 75%.
  • Bagi pendaftar jurusan kedokteran, nilai minimum ijasah pendidikan sebelumnya 90%.

3. Bukan merupakan warga negara Turki

Brosur Informasi Pendaftaran Lebih Detail

Berkas-Berkas Persyaratan Beasiswa Turkiye Burslari

  1. KTP dan Paspor yang masih berlaku.
  2. Pas photo terbaru dengan pakaian yang formal.
  3. Hasil ujian akhir (Bagi peserta yang tidak mempunyai kualifikasi atau sertifikasi internasional).
  4. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus sementara.
  5. Transkip nilai/Rapor semester satu sampai semester akhir yang telah diterima dan dilegalisasi pihak sekolah atau universitas.
  6. Nilai ujian internasional (SAT, GRE, GMAT, DELF, YOS , dll) jika diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih.
  7. Nilai hasil ujian bahasa TOEFL/IELTS (Jika diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih).
  8. Proposal penelitian dan contoh karya tulis/jurnal (Hanya untuk pelamar program PhD).
  9. Surat rekomendasi dalam bahasa Inggris dari kepala sekolah/guru/pejabat/dosen/petinggi instansi. bisa melampirkan 1-3 surat.
  10. Scan piagam/sertifikat/project/voluunter yang pernah diikuti.
  11. Letter of intents, yaitu Motivation letter dengan format tanya jawab (maksimal 3000 karakter per pertanyaan) mengenai alasan belajar ke Turki, mengapa memilih bidang studi tersebut, rencana karir setelah lulus, dsb (diisi dalam bahasa Inggris atau Turki).
  12. Pilihan universitas dan jurusan (Maksimal 12 pilihan). Sebaiknya fokus pada satu jurusan.
Catatan:
  • Berkas dokumen yang menggunakan bahasa Indonesia lalu diterjemahkan ke bahasa Inggris harus diterjemahkan menggunakan jasa penerjemah tersumpah.
  • Beberapa jurusan/program studi yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris membutuhkan persyaratan atau berkas dokumen tambahan seperti nilai skor TOEF/IELTS. Sedangkan untuk program studi yang menggunakan bahasa Turki tidak membutuhkan nilai skor TOEFL/IELTS.
  • Untuk jurusan/program studi yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Arab, pelamar bisa usahahkan mendaftar menggunakan skor TOAFL/ALPT.

Cara Mendaftar Beasiswa Turkiye Burslari

  1. Membuat akun di laman pendaftaran resmi beasiswa Turkiye Burslari, pada Web Resmi Pendaftaran: https://tbbs.turkiyeburslari.gov.tr/
  2. Mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan
  3. Mengisi daftar preferensi universitas dan program studi
  4. Menulis essay mencakup pengalaman-pengalaman yang dimiliki dan rencana masa depan
  5. Cek kelengkapan form sebelum submit pendaftaran

Tutorial Cara Daftar Beasiswa YTB Turki 2022-2023 (Sumber: Sobat Campus)

Tahap Seleksi Beasiswa Turki Turkiye Burslari

Tahap seleksi beasiswa YTB Turki memiliki beberapa tahap seleksi yang agak berbeda. Jadi siapkan dirimu sebaik mungkin ya.

  1. Seleksi administrasi: penilaian dan penyaringan terhadap berkas - berkas yang sudah dikumpulkan
  2. Expert valuation: pertimbangan dari komite ahli terhadap kandidat berdasarkan minat keilmuan, career goals, konsistensi preferensi, kontribusi di kegiatan sosial, dan sebagainya
  3. Tes akademik: tes yang terdiri dari 30 soal matematika, geometri, dan logika ditujukan bagi pendaftar S-1 untuk bidang health sciences, science and engineering, dan sosial sciences
  4. Interview: umumnya berlangsung selama 15-30 menit mencakup perkenalan, pengecekan dokumen, tujuan mendaftar, pengetahuan akademis dan career goals, closing dan pertanyaan dari pendaftar terkait beasiswa
  5. Pengumuman hasil seleksi YTB Turki

DURASI PROGAM BEASISWA

  • Program S1 (Undergraduate Program) : 4-6 Tahun (tergantung durasi masing-masing program studi) + 1 tahun Tomer Bahasa Turki.
  • Program S2 (Master Program) : 2 tahun + 1 tahun Tomer Bahasa Turki.
  • Program S3 (PhD Program) : 4 tahun + 1 tahun Tomer Bahasa Turki.

CAKUPAN BEASISWA

  1. Gratis biaya kuliah sampai lulus.
  2. Tunjangan per bulan sebesar 1.000 TL untuk Program S1 , 1.400 TL untuk Program S2 dan 1.800 TL untuk Program S3.
  3. Akomodasi/Tempat tinggal.
  4. Asuransi kesehatan.
  5. Biaya perjalanan PP (Indonesia-Turki) pada awal dan akhir studi.
  6. Gratis Tomer atau kursus bahasa turki selama 1 tahun sebelum memulai kuliah.
  7. Penerima beasiswa akan menerima bimbingan sosial, budaya dan akademik dalam bentuk kongres, seminar, akademi mahasiswa internasional, program-program terkait olahraga dan seni, pelatihan, peluang magang dan orientasi karier.

Timeline Seleksi Beasiswa Turkiye Burslari 2023

Pada tahun 2023 beasiswa YTB Turki memiliki timeline sebagai berikut:
  • Periode pendaftaran: 10 Januari-20 Februari
  • Proses evaluasi: Maret-Mei
  • Interview: Juni-Juli
  • Pengumuman hasil: Agustus
  • Initial Procedures: Agustus
  • Transfers of Grantees to Turkiye: September
Demikian langkah-langkah untuk kuliah di Turki jalur beasiswa yang kami bisa jelaskan. Semoga bermanfaat.
Segala pertanyaan terkait Beasiswa Turkiye Burslari bisa langsung ditanyakan kepada Turkiye Burslari via email info@turkiyeburslari.gov.tr 

Komentar