Beasiswa Al Qasimia University (Uni Emirates Arab) 2023 - S1 Mahasiswa Internasional

Beasiswa Al Qasimia University (Uni Emirates Arab) 2023 - S1 Mahasiswa Internasional


Universitas Al Qasimia (Al Qasimia University) di Kota Sharjah, Uni Emirates Arab, memulai penerimaan aplikasi pendaftaran dari pelajar putra dan putri yang ingin mendaftar periode ganjil (fall semester) tahun akademik 2023/2024. 

Waktu pendaftaran: 09 Maret s.d 10 Juli 2023.

Link Pendaftaran (gunakan menu perubahan Bahasa Inggris atau Arab di pojok atas): https://www.alqasimia.ac.ae/

  • Klik Tombol Merah "Register Now" 

Beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar Indonesia merupakan bentuk penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin Emirat Sharjah, yakni H.H. Dr. Sheikh Sultan bin Muhammed Al Qasimi, yang juga merupakan Anggota UAE Federal Supreme Council.

Beasiswa hanya diperuntukan bagi lulusan siswa SMA atau yang setara, yang tidak memiliki keluarga (orang tua atau saudara) yang bermukim di UEA.

BELAJAR DI UNIVERSITAS AL QASIMIA

Masa belajar di Universitas Al Qasimia adalah 4 (empat) tahun (belum termasuk program bahasa Arab intensif). Selama masa tersebut, mahasiswa harus menyelesaikan 129-135 jam kredit (credit hours) untuk memperoleh gelar Sarjana (Bachelor) di salah satu jurusan berikut:


PERSYARATAN PENERIMAAN PADA PROGRAM SARJANA

Untuk pendaftar yang memiliki ijazah sekolah menengah atas atau yang setara:
  1. Rata-rata nilai minimum 70% sebagai syarat masuk semua college di atas (selain college Ekonomi dan Manajemen minimum 75%)
  2. Namun, untuk yang menggunakan Nilai Raport Pondok atau Sekolah keagamaan Islam, Rata-rata nilai minimum 75% jika ingin masuk ke College of Sharia & Islamic Studies dan College of Holy Quran.
  3. Dan untuk pendaftar yang menggunakan Nilai Raport Sekolah Menengah Kejuruan (jurusan komersial/ekonomi) rata-rata nilai minimum 80% untuk masuk ke College of Economics & Management.
  4. Semua pemohon wajib membuktikan bahwa mereka telah menyelesaikan 3 (tiga) tahun masa sekolahnya di sekolah menengah atas (termasuk kelas 10, 11, dan 12).

Persyaratan Umum:

  1. Pendaftar wajib mengisi jurusan yang diinginkan.
  2. Pendaftar wajib melakukan penyetaraan ijazah ke Kementerian Pendidikan UEA apabila ijazah tersebut dikeluarkan di luar negara UEA. (akan diuruskan oleh Universitas setelah pelajar diterima)
  3. Mahasiswa yang dikeluarkan dari Universitas Al Qasimia atau universitas lain karena alasan akademik dan kelakuan tidak baik tidak akan diterima.
  4. Telah menamatkan sekolah menengah atas atau yang setara dengan nilai rata-rata yang dipersyaratkan dan tidak boleh lebih awal dari 3 (tiga) tahun sebelum mengajukan pendaftaran kepada Universitas Al Qasimia.
  5. Usia pemohon maksimal 20 tahun pada saat mendaftarkan diri.

BAHASA PENGANTAR

  • Bahasa Arab merupakan bahasa pengantar di College of Sharia and Islamic Studies, College of Arts and Humanities, dan College of Holy Quran.
  • Bahasa Arab dan Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar di College of Mass Communication dan College of Economics and Management.
  • Mahasiswa baru yang bahasa ibunya bukan Bahasa Arab harus mengambil tes penempatan dalam Bahasa Arab. Mereka yang lulus tes dapat langsung mengambil kursus di jurusannya (sesuai kondisi di masing-masing college). Sedangkan mereka yang tidak lulus tes dapat mengikuti program Bahasa Arab intensif dan harus menyelesaikannya dalam 1-2 semester regular.

DOKUMEN YANG DIPERSYARATKAN

  1. Paspor yang masih berlaku. (Tidak perlu diterjemahkan).
  2. Ijazah SMA sederajat dan Terjemahannya.
  3. Transkrip asli atau buku rapor asli selama 3 (tiga) tahun bersekolah (kelas 10, 11, 12) di sekolah menengah atas atau yang setara. Dan terjemahannya.
  4. SKCK atau SKKB yang masih berlaku dan Terjemahannya
  5. Akta kelahiran dan terjemahan
  6. Surat Keterangan Sehat yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Umum (yang menyatakan bahwa pemohon bebas dari berbagai penyakit berbahaya) dan terjemahannya.
  7. TOEFL/IELTS (jika ingin mengambil jurusan Komunikasi, Ekonomi dan Manajemen). Sertifikat TOEFL (IBT61, CBT173 atau PBT500) atau sertifikat IELTS (5.0) diperlukan untuk mereka yang ingin masuk College of Economics & Management. Sertifikat TOEFL (IBT45, CBT133 atau PBT450) atau sertifikat IELTS (4.5) diperlukan bagi mereka yang ingin masuk College of Mass Communication.
  8. Mengisi dua file form pendaftaran yang terlampir di website pendaftaran kampus.
  9. Pas foto ukuran berlatar belakang putih.
  10. File screenshot bukti telah mengikuti akun media sosial di Instagram atau Facebook Kampus.
  11. Dokumen tambahan pendukung lainnya.

Program Beasiswa

  • Beasiswa hanya diberikan kepada pelajar yang tidak bermukim atau bertempat tinggal di UEA.
  • Mahasiswa penerima beasiswa memperoleh gaji/reward bulanan yang ditentukan oleh Universitas (sesuai dengan ketentuan yang berlaku).
  • Hanya mahasiswa yang memilih tinggal di hostel/asrama Universitas selama kelas musim panas yang berhak menerima intensif bulanan musim panas.
  • Mendaftarkan diri mengikuti kegiatan kelas musim panas wajib bagi mereka yang tidak berlibur pulang ke Indonesia.
  • Mahasiswa penerima beasiswa diberikan satu tiket penerbangan pulang pergi (pp) selama GPA dan TGPA mereka tidak kurang dari 2.00 (70%) sepanjang masa studi. (GPA = ipk per semester. TGPA = ipk keseluruhan)
  • Universitas bertanggung jawab atas Visa dan Kartu ID Emirat dan proses penerbitannya.
  • Universitas memberikan asuransi kesehatan kepada mahasiswa penerima beasiswa.
  • Visa mahasiswa akan dibatalkan apabila mahasiswa tidak menghadiri hari pertama Pengarahan/Orientasi untuk Semester.

Ketentuan Beasiswa

  • Registrasi perkuliahan setiap semester wajib, tidak boleh dibatalkan atau dihentikan.
  • GPA dan TGPA mahasiswa pada masing-masing semester harus mencapai setidaknya 2.00 (70%) untuk dapat meneruskan beasiswa
  • Apabila GPA dan TGPA mahasiswa penerima beasiswa pada satu semester kurang dari 2.00 (70%) (tidak termasuk kursus musim panas), maka beasiswa akan dihentikan.
  • Mahasiswa penerima beasiswa wajib memanfaatkan waktu untuk belajar, dan tidak diizinkan bekerja selama masa belajar di Universitas.
  • Mahasiswa penerima beasiswa yang mengikuti program Bahasa Arab intensif harus lulus program tersebut maksimal dalam 1 (satu) tahun kalender akademik. Selanjutnya mereka mengambil salah satu dari jurusan yang ada sesuai dengan ketentuan penerimaan dan ketersediaan kursi di masing-masing jurusan. Apabila mereka gagal, ketentuan danperaturan Universitas berlaku.
  • Mahasiswa berjanji untuk mematuhi peraturan-peraturan yang ditetapkan Universitas. termasuk masalah etika dan tingkah laku di kampus.
  • Mahasiswa tidak diizinkan menarik diri/keluar dari Universitas dan meninggalkan UEA tanpa memperoleh izin terlebih dahulu dari pihak Universitas.
  • Mahasiswa akan diberikan transkrip setelah tamat dan memperoleh kesarjanaan dari Universitas.

Link-Link Penting Seputar Pendaftaran:

Untuk informasi lebih lengkap, silakan akses 
  • Situs web resmi www.alqasimia.ac.ae
  • Pendaftar menginstall Aplikasi Telegram, kemudian manfaatkan seluruh fitur Bot Telegram Aqu.id dengan menekan tombol ini: https://t.me/aquidbot
  • Pendaftar agar bersentuhan langsung dengan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa di Al Qasimia dengan mengikuti akun Instagram PPMI Al Qasimia.  Dan memanfaatkan fitur "Sorotan" (Highlight) yang berhubungan seputar pendaftaran.

INFORMASI PENTING LAINNYA

Hal-hal yang lain harus diperhatikan terkait pemberkasan, terjemahan, legalisir, dan alur pendaftaran adalah sbb:
  1. Jika ijazah asli dan transkrip nilai atau Raport asli sudah berbahasa arab atau inggris, tidak perlu melampirkan terjemahnya.
  2. Proses legalisir berkas di Kementerin Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kedubes UAE hanya dilakukan jika calon pendaftar telah menerima surat penerimaan tahap awal (Qabul Mabda’i) dan agar menyertakan surat tersebut kepada pihak kedubes sebelum melegalisir dokumen.
  3. Calon mahasiswa yang telah mendaftar online dan lolos dalam pemberkasan tahap 1 maka pihak Universitas akan menghubungi pendaftar untuk melakukan wawancara melalui “Skype”.
  4. Wawancara akan menggunakan bhs Arab dan / atau bhs Inggris.
  5. Setelah diwawancarai dan dinyatakan diterima Tahap awal (Qabul Mabda’i) , semua dokumen asli harus dibawa(dikirim melalui ekspedisi DHL atau yang lainnya) ke Alamat yang diberikan oleh pihak kampus.
  6. Setelah berkas dikirim, pendaftar diharap menunggu untuk mendapatkan Visa jika lolos. Visa akan dikirim via e-mail dengan format .pdf.
  7. Calon mahasiswa membayar biaya tiket penerbangan sendiri menuju UEA (pihak Universitas tidak menanggung biaya perjalanan ini).
  8. Perlu adanya komitmen calon mahasiswa yang diterima untuk belajar dengan baik dan menyelesaikan pendidikan tepat waktu agar tidak gagal atau diberhentikan sebagaimana dijelaskan dalam ketentuan dan persyaratan di atas.

Calon mahasiswa harus mendaftar langsung dan akan diwawancarai oleh pihak Universitas. Tidak ada perantara yang boleh mewakilkan proses pendaftaran dan tidak ada biaya yang dikenakan Universitas dalam proses pendaftaran. 

Calon mahasiswa yang diterima oleh Universitas Al Qasimia agar memberitahu KBRI Abu Dhabi.


Komentar