Daftar Lembaga Pendidikan Tinggi Dalam Negeri Pada Rumpun Agama Islam di Indonesia

Lembaga pendidikan tinggi swasta dalam negeri pada bidang ilmu agama islam yang berada di bawah naungan izin pemerintah atau yang disebut dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bagi generasi Islam dengan ajaran agama yang benar dan berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah sesuai pemahaman para sahabat.

Faktor-faktor yang bisa diperhatikan dalam mempertimbangkan kualitas sebuah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) sebagai pilihan bagi penuntut ilmu untuk melanjutkan pendidikannya, antara lain:

1. Kurikulum (Manhaj) Pendidikan

Kurikulum  pendidikan  Islam  adalah  kurikulum  pendidikan  yang berasaskan  ajaran  Islam,  yang  bersumber  dari  Al-Qur’an dan As Sunnah. Tujuan utamanya adalah pembinaan peserta didik (Mahasiswa) untuk bertauhid dan memiliki aqidah yang benar. Oleh karena itu, semua sumber yang dirunut berasal dari ajaran Islam sesuai dengan pemahaman para Sahabat dan Salafush shalih.

2. Bahasa Pengantar Perkuliahan

Islam bersumber dari Al Qur'an dan Sunnah. Dan keduanya diturunkan maupun diwariskan kepada kita dalam Bahasa Arab.

Kemampuan literasi bahasa Arab akan memudahkan individu mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai sumber-sumber keilmuan Islam. Seseorang harus memiliki keahlian bahasa Arab untuk memahami teks-teks keislaman dan memperkaya wawasan keilmuannya. Memilih perkuliahan dengan pengantar bahasa Arab menjadi sangat penting dalam menguasai ilmu agama Islam secara baik. Keahlian dalam bahasa Arab hanya dapat dicapai melalui aktif terlibat dalam belajar dan menggunakan bahasa tersebut dalam konteks praktis.

Dengan demikian, penguasaan bahasa Arab adalah hal yang integral dalam pemahaman ilmu-ilmu Islam. Memilih perkuliahan dengan pengantar bahasa Arab merupakan faktor penting dalam mencapai penguasaan di bidang ini. Oleh karena itu, individu sebaiknya fokus dalam mempelajari ilmu agama Islam yang diajarkan tak lepas pada penguasaan bahasa Arab. Melalui hal ini, kekayaan agama dapat lebih dipahami dan pemahaman terhadap teks-teks Islam dapat diperoleh dengan lebih baik.

Pentingnya kemampuan para penuntut ilmu (mahasiswa) di Indonesia dalam berbahasa Arab, akan menjadi satu hal yang berpengaruh pada bagaimana mereka memahami literasi ilmu keislaman dan khazanah keilmuan islam. 

Khazanah keilmuan Islam banyak ditulis dalam bahasa Arab. Kenyataan ini menegaskan bahwa bahasa Arab menjadi pengantar keilmuan, yang bersumber oleh al-Qur’an dan penulisan hadis. Khazanah keislaman ini di kalangan pesantren sering disebut dengan kitab kuning. Penguasaan teks khazanah keislaman tersebut dikuatkan dengan pemahaman bahasa Arab yang mumpuni. Penguasaan tersebut menjadi faktor vital dalam memahami turats keislaman, demikian kata Khalid al-Hazimi dalam al-Atsar al-Tarbawi li Dirasah al-Lughah al-Arabiyyah (2014).

Lebih lanjut, khazanah keislaman yang ditulis dalam bahasa Arab, tidak serta dapat dipahami langsung sesuai dengan bahasa padanan (misalnya: Arab-Indonesia atau Arab-English). Setiap teks (al-lafzh wa al-jumlah) memiliki struktur dan makna tertentu. Literasi sebagai kemampuan untuk memahami teks Arab menjadi keniscayaan. Bahasa Arab memiliki karakteristik paparan narasi-deskriptif (النثر), gaya bahasa (الأسلوب), dan stilistika (المعاني والبيان والبديع). Bahkan ditambah dalam bentuk syair (الشعر) dan pembentukannya yaitu القافية dan العروض. Analisis teksnya diperlukan gramatika dan morfologi (النحو والصرف).  Menegaskan bahwa, literasi khazanah keislaman diperlukan keterampilan bahasa Arab. Sebab merupakan instrumen ilmu yang cukup kompleks, terutama untuk kajian tafsir, ushul fikih, fikih, hadis, bahkan informasi keilmuan lainnya.

Pada era pasca kampus, kemampuan bahasa arab juga mempengaruhi tingkat kontribusi dalam produktifitas mereka dalam penulisan karya ilmiah, membaca, memahami dan menyampaikan fatwa-fatwa modern kontemporer, serta interaksi akademis berbagai even dan organisasi Islam Internasional, semisal OKI, Muslim World League, Islamic Fiqih Council, Fiqh Academy dan lainnya.

3. Akreditasi (pengakuan/penilaian negara atas kualitas institusi)

Manfaat utama dari akreditasi bagi pihak kampus atau perguruan tinggi adalah menjadi bukti kualitas pendidikan yang mereka sediakan. Akreditasi memiliki sejumlah kriteria yang distandarisasikan oleh negara. Jika berhasil mendapatkan akreditasi yang tinggi maka menjadi bukti bahwa kampus tersebut memang berkualitas di mata negara.

4. Lokasi

Lokasi kampus sangatlah berperan penting dalam mendukung perkuliahan berjalan dengan efektif dan memberikan kemudahan dalam menuntut ilmu. Akses menuju fasilitas pendidikan adalah hal mutlak diperlukan untuk mendapatkan pendidikan islam yang baik. Mahasiswa agar tak perlu dipusingkan dengan sarana transportasi. Selain faktor ekonomis, mahasiswa juga akan sangat terbantu dengan sarana transportasi umum yang ringkas dan mudah.

Hal lainnya, Lokasi kampus yang kondusif juga bisa meningkatkan kualitas proses belajar mahasiswa. Misal sebuah kampus berlokasi di area hijau yang sangat menyegarkan dan jauh dari kebisingan perkotaan, akan memberikan dampak psikologis yang bagus bagi mahasiswa terkait. Alhasil, mereka akan bisa fokus untuk belajar, memahami, menghafal dan menganalisa, tanpa perlu dicemaskan oleh distraksi dari luar.

5. Biaya Pendidikan

Pendidikan yang berkualitas merupakan suatu investasi yang mahal. Kesadaran Penuntut Ilmu untuk menanggung biaya pendidikan pada hakekatnya akan memberikan suatu kekuatan pada mereka untuk bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan pendidikan. Memang terasa sekali pendidikan itu mahal sekarang. Lebih ironis lagi selain uang pendidikan terasa tinggi, hasilnya atau mutunya atau kualitasnya konon menurun. Karena itu penuntut ilmu haruslah bisa memilah mana lembaga pendidikan yang dapat memberikan hasil yang setara dengan biaya pendidikan yang diberikan.

Sebaliknya Pembiayaan pendidikan ini sangat diperlukan untuk program Universitas, pengadaan sarana dan prasarana, gaji dosen, gaji pegawai, keperluan untuk menunjang tercapainya visi dan misi Perguruan Tinggi dan menciptakan sumber daya manusia berilmu yang berkualitas. Nyatanya biaya pendidikan memiliki peranan penting karena jika kekurangan biaya maka proses pendidikan akan terhambat. Faktor-faktor yang bisa diperhatikan dalam memilih sebuah lembaga pendidikan adalah dengan menyesuaikan biaya pendidikan dengan kemampuan peserta didik.

6. Jurusan dan Program yang disediakan

Penuntut Ilmu agar memilih jurusan yang tepat berdasarkan potensi, minat, kemampuan diri dan kebutuhan dakwah pada masyarakat dimana penuntut ilmu tinggal. Take the time, jangan tergesa-gesa. Fokus pada diri sendiri memang tak mudah dilakukan bagi sebagian orang. Tapi meluangkan waktu untuk mencari letak minat dan kemampuan akan sangat menentukan langkah berikutnya dimasa depan yang akan diambil. Jangan lupa lihat kebutuhan pada bidang apa yang dibutuhkan untuk dapat berdakwah kepada masyarakat. Apapun pilihan yang diambil, muaranya akan sama. Yaitu: ikhtiar untuk mendapatkan keridhoan Allah.

7. Alumni

Salah satu sudut pandang dalam menilai prospek kualitas sebuah perguruan tinggi adalah dengan melihat alumninya. Alumni adalah brosur berjalan. Baik dari Akhlak, kualitas wawasan keislaman, Aqidah, hingga perannya di Masyarakat. Melihat secara nyata kiprah dakwah para alumni dapat memberi gambaran seperti apa profil kualitas dari perguruan tinggi tertentu. 



Beberapa Profil Kampus

Beberapa profil kampus yang menawarkan program sarjana (S1) pada rumpun bidang ilmu agama islam dengan bahasa pengantar perkuliahan dengan menggunakan bahasa Arab secara penuh di Indonesia, beserta program studi yang ditawarkan, lokasi, jadwal pendaftaran dan biaya pendidikan.

(tulisan berwarna hijau dapat diklik)

1. Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA)

Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) (bahasa Arab: معهد العلوم الإسلامية والعربية في إندونيسيا; Transliterasi: Ma'had al-ʻulumi al-Islamiyyah wal 'arabiyah fi Indunisia; bahasa Inggris: Islamic and Arabic College of Indonesia) adalah lembaga pendidikan yang mengajarkan ilmu tentang agama Islam yang berada di bawah naungan Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud Riyadh. 

LIPIA didirikan pada tahun 1980 untuk memberikan pendidikan dengan konsentrasi dalam bahasa Arab dan agama Islam untuk siswa Indonesia dengan keputusan dari Mahkamah Kerajaan Arab Saudi, No. 5/N/26710.

LIPIA saat ini (2022) berlokasi di 4 (empat) tempat: Kampus LIPIA Jakarta, Kampus LIPIA Banda Aceh, Kampus LIPIA Medan dan Kampus LIPIA Surabaya.

Semua perkuliahan yang diajarkan di LIPIA disampaikan dalam bahasa Arab dan sekitar 80–90 persen pengajarnya berasal dari Arab Saudi. Lembaga memiliki standar penerimaan yang sangat tinggi, di mana hanya 200 siswa yang diterima dari 2000 pelamar. Begitu mereka diterima, mereka tidak perlu membayar uang sekolah, bahkan mereka dibayar tunjangan. 200 siswa lulus dari perguruan tinggi setiap tahun.

Perguruan tinggi ini mengajarkan manhaj salaf. Banyak alumni kemudian menjadi dai atau guru.

Beberapa tokoh yang pernah belajar di LIPIA adalah Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat 2008–2018), Anis Mata (Wakil Ketua DPR RI, 2009 - 2013), Mohammad Idris (Wali Kota Depok sejak 2016), ustadz Asrorun Ni’am Sholeh (Komisi Fatwa MUI Pusat), Kyai Muhammad Cholil Nafis (Sekretaris Program Studi Kajian Timur Tengah dan Islam Pascasarjana Universitas Indonesia, Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat 2015-2020), Ustadz Budiansyah (Pakar Nahwu asal Indonesia, saat LIPIA masih LBPA), ustadz Muslih Abdul Karim (Pengasuh Pesantren Baitul Qur'an, Doktor bidang Tafsir), ustadz Muhammad Nuzul Dzikri (Da'i), ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Da'i, Pembina Ponpes Minhajus Sunnah Bogor), ustadz Erwandi Tarmizi (Pakar Muamalat Kontemporer), Ustadz Nizar Sa’ad Jabal (Direktur Ma’had Al-Irsyad Al-Islamiy Tengaran Salatiga), Ustadz Agus Hasan Bashori (Mudir Ma’had ’Ali al-Aimmah Malang, doktor bidang Pendidikan Islam) dan masih banyak lagi yang tersebar di berbagai bidang.

Program Studi atau Jurusan yang ada di LIPIA adalah:

  1. I'dad Lughowy (Persiapan Bahasa Pra Kuliah), adalah program Non Gelar yang ditempuh selama 2 tahun masa studi. (Kampus Jakarta, Banda Aceh, Medan, Surabaya)
  2. Jurusan Syari'ah: memberikan gelar Bachelor of Shariah (B.Sh)/Lc. dalam bidang ilmu syar'iah. Masa belajar 4 (empat) tahun. (Kampus Jakarta)
  3. Jurusan Manajemen Administrasi Bisnis dan Keuangan (Ekonomi Syariah), memberikan gelar Bachelor of Business Administration (B.BA)/Lc. Masa belajar 4 (empat) tahun. (Kampus Jakarta)
  4. Jurusan Sastra Arab, memberikan gelar Bachelor of Arts (B.A)/Lc. Masa belajar 4 (empat) tahun. (Kampus Jakarta)

Alamat Kampus

  1. Jakarta: Jl. Taman Margasatwa Raya (dahulu Jl Warung Buncit Raya) No. 5A, RT.1/RW.11, Ragunan, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu kota Jakarta 12540
  2. Surabaya: Jl. Mayjen HR. Muhammad No. 1, Putat Gede, Suko Manunggal, Surabaya, Jawa Timur 60189
  3. Medan: Jl. Prof. HM. Yamin SH No.25B, Perintis, Medan Timur, Kota Medan, Sumatra Utara 20232
  4. Banda Aceh: No 8, Jl. Prof. A. Majid Ibrahim I, Lampaseh Kota, Kec. Kuta Raja, Kota Banda Aceh, Aceh 23116

Pembukaan Pendaftaran Tahun 2024/2025.

LIPIA Jakarta 22 Maret s.d 21 April 2024. (Sudah ditutup)
LIPIA Surabaya 29 April s.d 03 Mei 2024. (Sudah ditutup)
LIPIA Banda Aceh 18 April s.d 30 April 2024 (Sudah ditutup)
LIPIA Medan 29 April s.d 10 Mei 2024. (Sedang dibuka)

  • Informasi, Publikasi dan Link Pendaftaran pada tahun 2024: bisa merujuk pada artikel ini, pada umumnya pendaftaran lipia dibuka dua kali setahun, beberapa pekan sebelum perkuliahan dimulai (Januari dan September).
  • Kampus ini memberikan banyak fasilitas bagi mahasiswanya. Selain kuliah gratis atau tanpa biaya (beasiswa penuh), mahasiswa juga mendapat tunjangan uang saku atau biasa disebut mukafaah yang besaran nominalnya disesuaikan berdasarkan jenjang pendidikan ada. Mahasiswa mendapat 100 real per bulan bagi mahasiswa jenjang I’dad lughawi. Dan 200 real untuk jenjang bachelor (sarjana).



2. Ma'had-Ma'had Bahasa Arab dan Studi Islam di Indonesia (Jejak misi pendidikan AMCF)

Pada proses perjalanan mereka, para penuntut ilmu lulusan SMA umum yang masih awam atau kemampuan bahasa arabnya masih nol, terkadang bingung dimana mereka bisa pertama kali memulai pembelajaran bahasa arab. Maka di Indonesia, penuntut ilmu tersebut dapat mencoba memulainya dari Mahad-mahad yang sebelumnya dalam pengelolaan AMCF atau yang bisa kita sebut dengan Ma'had-ma'had jejak misi pendidikan islam AMCF, namun sekarang Ma'had-Ma'had ini telah lepas dan menjalankan manajemen serta operasionalnya masing-masing.

Ma'had-Ma'had ilmy ini pada awalnya adalah Lembaga Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam yang didirikan atas program kerjasama Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF). AMCF telah berkiprah di Indonesia sejak tahun 1992 sebagai organisasi sosial, nirlaba, dan nonpolitik, yang resmi dibentuk pada tahun 2002 dengan nama Yayasan Muslim Asia atau Muassasah Muslimy Asia Al Khairiyah.

Namun, karena kondisi yayasan AMCF yang mengalami kesulitan financial akibat pandemik covid-19 yang melanda dunia, maka pada bulan September 2020 yayasan AMCF menyerahkan sepenuhnya aset dan pengelolaan Ma’had-Ma'had Ilmy ini kepada stakeholder yang menjadi Induk Semang pelaksanaan belajar mengajar dimana ia memiliki MoU. Misalnya, pada kota Jogja, Solo, Makassar, Pontianak, Batam, Palembang, Sorong dan Sidoarjo, kepada: Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan selanjutnya PP Muhammadiyah menyerahkan pengelolaan Ma’had kepada Universitas Muhammadiyah tempat lokasi Ma'had ini bernaung.

Informasi 21 (dua puluh satu) lembaga pendidikan yang tersebar di penjuru Indonesia ini dapat disimak pada artikel ini.

3. STDI Imam Syafi'i, Jember Jawa Timur

Berlokasi di Jember, Jawa Timur, cikal bakal STDI Imam Syafii pada tahun 2007 adalah sebuah ma’had ‘aly bernama Ma'had Aly Imam Syafii. Dan sejak saat itu pula, tahapan perizinan pendirian Sekolah Tinggi dimulai. Hingga pada akhirnya, pada tahun 2010, Kementerian Agama RI, melalui Dirjen Pendidikan Tinggi Agama Islam, menerbitkan izin operasional bernomorkan : Dj.I/375/2010. Dan sejak saat itu pula, secara resmi ma’had ‘ali Imam Syafii berganti nama menjadi : Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi'i atau disingkat menjadi STDI Imam Syafi'i.

Saat ini, Dirjen Pendidikan Tinggi Agama Islam memberikan izin bagi STDI Imam Syafii untuk menyelenggarakan dua program studi pada jenjang Sarjana, yaitu:

  1. Program S1 (Sarjana) Studi Ahwal As Syakhsiyah;
  2. Program S1 (Sarjana) Studi Ilmu Hadits;
  3. Program Persiapan Bahasa Arab (I'dad Lughowi).

Kedua program studi sarjana ini telah terakreditasi Dikti dengan nomor, No. Akreditasi: 2813/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019 (Ahwal Syakhshiyah) dan No. Akreditasi: 1802/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019 (Ilmu Hadits).

Untuk menyiasati tantangan yang muncul dari komitmen penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar, maka disamping kedua prodi di atas, STDI Imam Syafii juga mendirikan program persiapan bahasa yang disebut dengan Program Al I’dad Al lugghawy. Yaitu program matrikulasi bahasa Arab, bagi calon mahasiswa baru yang belum lancar atau bahkan belum mampu berbahasa Arab secara aktif. Peserta didik di program Al I’dad Al lugghawy, ini mendapatkan pendidikan bahasa Arab secara intensif selama 1 atau 2 tahun. Dengan demikian, setelah mengikuti program ini, mereka dapat mengikuti ujian seleksi masuk Kuliah di STDI Imam Syafii.

  • Website resmi kampus: https://stdiis.ac.id/
  • Informasi Pendaftaran: https://pmb.stdiis.ac.id/, pada tahun 2024 pendaftaran dibuka pada 1 Februari s.d 31 Mei 2024. (Sedang dibuka)
  • Daftar tenaga pengajar bisa dicek di sini.
  • Gali informasi mengenai Kalender Akademik di STDI Imam Syafi'i Jember di page Laman Facebook Resmi mereka: STDI Imam Syafi'i - Jember.
  • Pada tahun 2023, biaya semester awal pada program idad lughoh adalah Rp. 6.000.000 / semester dan pada jenjang Sarjana S1 adalah Rp. 6.750.000 / semester.
  • Adapun biaya asrama adalah untuk putra Rp. 3.200.000 / semester, sedangkan putri 3.400.000 / semester (sudah mencakup biaya makan). Mahasiswa Idad Lughoh wajib mengambil Asrama.




4. STAI Ali Bin Abi Thalib, Surabaya Jawa Timur

Awal pendirian STAI bermula dari Ma’had Ali yang mengajarkan Bahasa Arab secara intensif selama 4 semester (2 tahun). Ma’had Ali Al-Irsyad didirikan pada bulan Oktober tahun 1996 di kota Surabaya, Jawa Timur. Dengan mengadopsi kurikulum dari Universitas Imam Ibnu Su’ud Kerajaan Saudi Arabia. Kemudian pada tahun 2006, awal perencanaan progam S1 yang akhirnya ditindak lanjuti dengan mengurus izin ke KOPERTAIS IV SURABAYA, hingga mendapatkan pengesahan dengan SK Dirjen Pendidikan Islam No. Dj.I/495/2007, tertanggal 17 Desember 2007. Ma’had Ali Al-Irsyad ditingkatkan menjadi STAI Ali bin Abi Thalib dengan masa studi Sarjana (S1) selama 4 tahun.
Visi STAI Ali bin Abi Thalib antara lain: Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Unggulan dalam bidang Bahasa Arab, Agama dan Pendidikan Islam. Dan menjadi cikal bakal lahirnya Universitas Islam bermetode salaf di Indonesia.
Program studi Sarjana (S1) yang ditawarkan adalah Pendidikan Bahasa Arab (PBA). 
Pada awal bulan Desember 2020 STAI Ali bin Abi Thalib telah mendapatkan Sertifikat Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1050/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2020 dengan Akreditasi Baik.

  • Website resmi kampus: https://stai-ali.ac.id/
  • Informasi Pendaftaran: https://stai-ali.ac.id/pmb-stai-ali-bin-abi-tholib/, pada tahun ajaran 2024 pendaftaran dibuka pada 01 Maret s.d 20 Mei 2024. (Sedang Dibuka)
  • Daftar tenaga pengajar bisa dicek di sini.
  • Gali informasi mengenai Kalender Akademik di STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya di page Laman Facebook Resmi mereka: STAI Ali Bin Abi Thalib Surabaya.
  • Pada tahun 2024, biaya uang gedung dan perlengkapan (dibayar sekali di awal) Rp. 5.500.000. Biaya  SPP, Heregistrasi, Iuran BEM dibayar dengan jumlah sebesar Rp. 4.075.000,- per semester . Sedangkan Asrama Putra biaya tinggal Rp. 3.000.000,- per semester dan Asrama Putri Rp. 3.500.000,- per semester.




5. STAI As Sunnah, Deli Serdang Sumatera Utara

Awal pendirian STAI bermula dari Ma’had Ali yang mengajarkan Bahasa Arab secara intensif selama 4 semester (2 tahun). Ma’had Ali As Sunnah didirikan pada bulan tahun 2002 di tepi kota Medan (Deli Serdang), Sumatera Utara. 

Melihat kebutuhan akan sarjana-sarjana Islam yang begitu tinggi (terutama di bidang pendidikan dan dakwah), dan sebagai bentuk kepedulian pengelola akan dakwah Islam serta komitmen pengelola untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa dengan ilmu agama dan bahasa Arab yang lebih tinggi, sebagai modal utama untuk menjawab kebutuhan masyarakat sekaligus sebagai sarana dakwah Islamiyyah yang relevan dengan dinamika zaman, maka Ma’had ‘Aly As-sunnah program D III ditingkatkan menjadi STAI As-sunnah program S1 masa studi 4 tahun  dengan keluarnya SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : DJ.I/149/2012.
Program yang tersedia antara lain:
  1. Program I'dad Lughowi (Persiapan Bahasa, Putra dan Putri)
  2. Sarjana (S1) Pendidikan Bahasa Arab (Putra dan Putri)
  3. Sarjana (S1) Pendidikan Agama Islam (Putra dan Putri)
  4. Sarjana (S1) Komunikasi dan Penyiaran Islam (Putra)
  5. Sarjana (S1) Bimbingan Penyuluhan Islam (Putra)
  6. Sarjana (S1) Hukum Ekonomi Syariah (Putra)
Sesuai dengan SK BAN-PT No. 323/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2019 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) As-Sunnah memperoleh nilai Akreditasi B.
  • Website resmi kampus: https://www.assunnah.ac.id/
  • Informasi Pendaftaran: https://pmb.assunnah.ac.id/, pada tahun 2024 pendaftaran dibuka pada 1 November 2023 s.d 17 Februari 2024 (Gelombang I) dan 13 Maret 2024 s.d 13 Juni 2024 (Gelombang II). (Sedang dibuka)
  • Susunan pengurus organisasi Sekolah Tinggi bisa dicek di sini.
  • Gali informasi mengenai Kalender Akademik di STAI As Sunnah di page Laman Facebook Resmi mereka: STAI As-Sunnah Deli Serdang.
  • Elemen pembiayaan terdiri atas:  Uang Pendaftaran (Rp. 200.000,-), Registrasi Ulang (Rp. 2.500.000,-), Jas Almamater (Rp. 350.000,-), Seragam Kuliah (Rp. 550.000,-), SPP & Living Cost (Rp. 4.500.000,-)




6. STIBA Ar rooyah, Sukabumi Jawa Barat

STIBA Ar-Raayah beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan RT 01/05, Kp. Cimenteng, Ds. Sukamulya, Kec. Cikembar, Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat 43157. Berdiri di atas lahan seluas 15 hektare. Berada di jalan poros Bogor-Pelabuhan Ratu.
Kampus Ar-Raayah adalah miniatur sebuah kota dengan peradaban ilmunya. Pengelolaan Sumber Daya Manusianya dituntut untuk visioner. Kampus ini memberikan konsep "sekolah" yang mandiri dan terintegrasi. Dari sisi keilmuan, mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti kelas Bahasa Arab selama setahun penuh. Pada tahap ini, mereka akan dibekali ilmu bahasa Arab hingga benar-benar mapan.
Pada tahun kedua hingga ketiga, selain memperkuat bahasa, Mahasiswa sudah masuk pada materi inti: seperti tafsir, hadis, fikih, dan semisalnya. Untuk selesai S-1 dibutuhkan lima tahun belajar, setahun untuk penguatan bahasa dan empat tahun untuk materi inti perkuliahan.
Pada akhir kuliah, atau semester delapan, mereka diwajibkan menulis skripsi dengan bahasa Arab, selain harus hafal minimal 20 juz.
Saat ini STIBA Ar-Raayah memiliki dua jurusan jenjang sarjana (S1): 

  1. Pendidikan Bahasa Arab (PBA - S.Pd)
  2. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI - S.Sos)
  3. Pendidikan Agama Islam (PAI - S.Pd)
  4. Manajemen Pendidikan Islam (MPI - S.Pd)
Pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian, STIBA Ar raayah memiliki SK 2345 Tahun 2012 tanggal 09 November 2012 berstatus aktif. Program Sarjana (S1) telah terakreditasi dengan baik dengan BAN PT No:0688/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017.
Komitmen kemampuan berbahasa arab dan kompentesi ilmu syar'i untuk para lulusannya dapat dilihat dari kualitas tenaga dosen pengajarnya yang sebagian merupakan Native Speaker dari Negara Saudi Arabia, Mesir, Sudan dan Comoro dengan latar belakang akademik yang mumpuni.
  • Profil Kampus dapat disimak di video ini.
  • Produk e-Jurnal Ar rooyah yang sudah dipublikasikan: klik disini.
  • Website resmi kampus: https://www.arraayah.ac.id/
  • Informasi Pendaftaran: bisa diklik pada tautan ini, pada tahun ajaran 2024 pendaftaran gelombang II sedang dibuka pada 01 Januari s.d 30 April 2024.
  • Gali informasi mengenai Kalender Akademik di STIBA Ar Raayah di page Laman Facebook Resmi mereka: STIBA Ar Raayah Sukabumi.
  • Flyer Pendaftaran resmi 2024/2025 dapat diunduh di sini.
  • Biaya pendaftaran 2024: Rp. 300.000,-
Sebagai gambaran skema pembiayaan pendidikan, dibagi atas 3 (tiga) jalur pendaftaran: Reguler, Mandiri dan Beasiswa. 
  • Untuk Mahasiswa Mandiri Biaya uang gedung dan perlengkapan (dibayar sekali di awal) Rp. 8.000.000. Biaya pendidikan per semester dengan jumlah sebesar Rp. 9.000.000,-).
  • Untuk Mahasiswa Reguler Biaya uang gedung dan perlengkapan (dibayar sekali di awal) Rp. 8.000.000. Biaya pendidikan per semester dengan jumlah sebesar Rp. 6.000.000,- (gabungan atas biaya bulanan Rp. 1.000.000).
  • Untuk Mahasiswa Jalur Beasiswa (Prestasi/Tahfizh) dengan syarat surat keterangan tidak mampu, dibebaskan dari seluruh biaya di atas hanya membayar biaya pendaftaran awal seleksi sebesar Rp. 300.000,-

7. STIQ Zad, Cianjur Jawa Barat

Berposisi di Cianjur Jawa Barat dengan Program Studi Sarjana (S1) Ilmu Al Qur'an dan Tafsir (S.Ag)Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Zad dibangun dengan latar belakang tujuan revitalisasi pendidikan qur’ani, yaitu pendidikan yang menjadikan al-Qur’an dan al-Sunnah sebagai pedoman, akidah Islam yang lurus sebagai asasnya. Kebutuhan terhadap pendidikan qur’ani ini didukung oleh tingginya antusiasme generasi muda mempelajari dan menghafalkan al-Qur’an, maka Yayasan ZAD al-Insaniyyah terdorong untuk ikut berkontribusi bagi umat, dengan mendirikan lembaga resmi pendidikan tinggi, berbentuk Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) ZAD dituangkan secara resmi dalam SK Menteri Agama RI Nomor.336 Tahun 2019 tentang izin penyelenggaraan STIQ Zad Cianjur., dengan mendapatkan dukungan kerja sama dengan salah satu Akademi Tafsir ternama di Saudi Arabia, dan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat serta praktisi pendidikan Islam.
Perkuliahan diajarkan dengan pengantar full berbahasa Arab dan Alumni diwajibkan menyelesaikan hafalannya sebanyak 30 Juz  serta berkompeten dan profesional dalam bidang ilmu al-Qur'an & Tafsir.
  • Website resmi kampus: http://stiqzad.ac.id/
  • Brosur Pendaftaran 2024: unduh PDF di sini, pada saat ini gelombang II sedang dibuka. Sejak tanggal 28 April s.d 25 Mei 2024.
  • Artikel publikasi pendaftaran 2024: di sini.
  • Daftar tenaga pengajar bisa disimak di sini.
  • Calon Mahasiswa Baru dapat mengajukan program beasiswa disesuaikan dengan prestasi akademik atau prestasi hafalan Al Qur'an (tahfizh) yang dimiliki (akan dilakukan seleksi tes tertulis dan wawancara).
  • Baik pendaftar yang berniat mengajukan proses beasiswa dan non beasiswa tetap harus mendaftar menggunakan portal pendaftaran yang sama dengan memilih apakah hendak diseleksi dengan Jalur Tahfizh atau Jalur Akademik. Keduanya tetap dibebankan biaya pendaftaran dan proses seleksi sebesar Rp. 300.000,-


8. STIBA Makassar Sulawesi Selatan

Berlokasi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar berdiri sejak tahun 1998 di bawah naungan Yayasan Pesantren Wahdah Islamiah (YPWI) Makassar. Selanjutnya mendapatkan izin pendirian dengan SK Kopertais Nomor 023 Tahun 2002. Kemudian mendapatkan perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi Perbandingan Mazhab dan Hukum, berdasarkan SK Dirjen Pendis No: 1376 Tahun 2014 pada Tgl 10 Maret 2014. STIBA Makassar digagas dan didirikan oleh Ketua Umum Wahdah Islamiyah beserta enam alumni Universitas Islam Madinah Saudi Arabia sekaligus dosen-dosen STIBA Makassar angkatan pertama.

Pada tanggal 22 November 2013, untuk pertama kalinya Program Studi Sarjana Perbandingan Mazhab dan Hukum Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar dinyatakan terakreditasi dengan peringkat “AKREDITASI B” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Berdasarkan Surat Keputusan No. 237/SK/BAN-PT/Ak-XVl/S/Xl/2013.
Kemudian pada tanggal 26 Februari 2019, BAN-PT kembali mengeluarkan SK No. 207/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2019 yang memutuskan bahwa Program Studi Sarjana Perbandingan Mazhab dan Hukum Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar dinyatakan terakreditasi dengan peringkat “AKREDITASI B”.
Rekomendasi eksistensi dari dakwah di bidang pendidikan ini didapatkan pihak STIBA dari tokoh dan ulama dunia, seperti: Syaikh al-Amin al-Hajj (Ketua Ikatan Ulama Muslim Dunia-Rabithah Ulama al-Muslimin), Prof. Dr. Nashir ibn Sulaiman al-‘Umar (Ketua Lembaga Tadabbur al-Qur’an Internasional), Dr. Sulaiman As Sallumi (Mufti Masjid Haram Makkah), Prof. Dr. Sulaiman al-Audah (Guru Besar Sejarah Islam di Universitas Qashim Saudi Arabia), Dr. Khalid as-Sabt (Pakar Tafsir Saudi Arabia), Prof. Dr. Muhammad bin Mathar az-Zahrani (Guru besar Hadits di Universitas Islam Madinah, KSA), Dr. Muhammad ad-Duways (Pakar pendidikan Saudi Arabia), Abdurrahman al-Khayyath (Mantan Duta besar Saudi Arabia untuk Indonesia) Musthafa al-Mubarak (Mantan Duta besar Saudi Arabia untuk Indonesia), Brigjen Usamah bin Muhammad Asy Syuaibi (Mantan Kepala Atase Militer Saudi Arabia/ Duta besar Saudi Arabia saat ini) memperlihatkan betapa kuatnya jaringan Sekolah Tinggi ini di sisi dunia Islam Internasional.
STIBA Makassar memiliki misi besar: menyebarkan fiqih Islam berdasarkan tuntunan Alquran dan Sunnah sesuai pemahaman Salafus Shalih melalui gerakan dakwah yang dipelopori oleh para ahlul ilmi.
Dengan pengatar berbahasa Arab, jurusan ditawarkan adalah:

  1. S1 Syariah (Perbandingan Mazhab) dengan gelar S.H
  2. S1 Tarbiyah (Pendidikan Bahasa Arab) dengan gelar S.Pd
  3. S1 Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah) dengan gelar S.H
  4. S1 Ushuluddin (Ilmu Hadits) dengan gelar S.Ag
  5. Program I'dad Lughowi (Persiapan Bahasa Arab - Pra S1 non gelar)
Informasi Pendaftaran:
  • Website resmi kampus: https://stiba.ac.id/
  • Artikel publikasi pendaftaran 2024: di sini.
  • Link Formulir Pendaftaran: https://pmb.stiba.ac.id/, pada tahun 2024 pendaftaran dibuka pada 08 Februari s.d  21 Juni 2024 (sedang dibuka)
  • Profil Asatidzah pendiri STIBA dapat dilihat pada artikel ini.
  • Gali informasi mengenai Kalender Akademik di STIBA Makassar di page Laman Facebook Resmi mereka: Info STIBA Makassar.
  • Pada angkatan 2024, Uang Pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- Biaya uang gedung dan perlengkapan (dibayar sekali di awal) Rp. 8.935.000. Biaya  SPP dibayar per bulan dengan jumlah sebesar Rp. 434.000,- (Rp. 2.600.000 /semester)


9. Ma'had Al Wafa Putri, Tamansari Bogor Jawa Barat

Ma'had Al Wafa Putri adalah Lembaga Pendidikan Islam setingkat S1 di peruntukan bagi mereka yang telah menyelesaikan pendidikannya di tingkat SMA/MA atau sederajat. Yang bertujuan mencetak kader-kader Da’iyah dan Hafizah yang fasih berbahasa Arab, hafal Al-Qur’an dan unggul dalam ilmu syar’i.

Mahad ini memiliki target capaian lulusan i’dad hafidzoh antara lain: Mahasiswi dengan Hafalan Al-Quran 30 juz mutqin, Berkesempatan mengambil sanad bagi yang memenuhi syarat, hafal serta memiliki sanad matan tuhfatul athfal dan jazari, memahami Ilmu Syar’i, bergelar Sarjana S.Pd.I yang mampu berbahasa arab lisan dan tulisan.

  • Website resmi Yayasan: https://www.alwafa.or.id/
  • Informasi Pendaftaran: https://www.alwafa.or.id/pendaftaran-mahasiswi-tahun-ajaran-baru-2024-2025-mahad-al-wafa-putri/, pada tahun 2024 pendaftaran Gelombang I dibuka pada 10 Desember 2023 s.d 29 Februari 2024, Gelombang II dibuka pada 01 Maret 2024 s.d 31 Mei 2024 (Sedang Dibuka)
  • Pada program jenjang D2, Uang Pendaftaran Rp. 150.000, Uang Pangkal Rp. 1.500.000 (sekali dibayarkan), SPP perbulan Rp. 750.000/bulan. Asrama Gratis.
  • Pada program jenjang S1, Uang Pendaftaran Rp. 150.000, Uang Pangkal Rp. 3.500.000 (sekali dibayarkan), SPP perbulan Rp. 1.400.000/bulan. Asrama Gratis.Berlokasi di Bogor Jawa Barat, program S1 


10. STIT Hidayatunnajah Bekasi Jawa Barat

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Hidayatunnajah Bekasi merupakan sekolah tinggi yang bermanhajkan ahlussunnah Wal Jamaah. STIT memiliki dua Program Studi Unggulan, yakni : 
  1. Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan 
  2. Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Sekolah Tinggi ini menawarkan perkuliahan dengan pengantar bahasa Arab dan bahasa Inggris yang diampu oleh dosen – dosen lulusan Timur tengah dan indonesia. Kurikulum perpaduan antara kurikulum timur tengah dan nasional. Lulusan Sekolah Tinggi ini diharapkan mampu menjadi pengajar yang tangguh, bisa membaca kitab, Hafal Al-Qur’an minimal 5 juz. Sekolah Tinggi telah memiliki izin penyelenggaraan pendidikan tinggi dari pemerintah pada SK PT: KMA 287 tahun 2019.
  • Website resmi kampus: https://www.stithidayatunnajah.ac.id/
  • Informasi Pendaftaran: silahkan klik di sini, pada tahun 2024 pendaftaran Gelombang 3 dibuka pada 25 Maret s.d 07 Juni 2024 (Sedang dibuka)
  • Gali informasi mengenai Kalender Akademik di STIT Hidayatunnajah Bekasi di page Laman Facebook Resmi mereka: STIT Hidayatunnajah Bekasi.
  • Pada tahun 2023, biaya uang gedung dan perlengkapan (dibayar sekali di awal) Rp. 5.100.000. Adapun biaya  SPP, Kegiatan Mahasiswa, iuran ujian dibayar per semester dengan jumlah sebesar Rp. 3.900.000,- (di luar asrama).  Biaya Pendaftaran Rp. 354.500,-.
  • Informasi pembiayaan dan program beasiswa 2024, dapat ditanyakan langsung ke panitia Penerimaan Mahasiswa Baru 2024: Ustadz Pepen Suhendra 085281634040, Ustadz Muh Ikhfar Adnan 085771144408, Teguh Siswoyo 085779329028. Kebutuhan Asrama bisa hubungi: Ustadz Mulhendra Lc M.Pd (0853 7613 2124)

Program Terpisah:
  • Pada program yang terpisah di tahun 2024, program I'dad Mu'allimil Lughah Al Arabiyah (persiapan bahasa dan Tahfizh 2 tahun untuk Ikhwan/Putra) membuka pendaftaran pada 01 Februari dan tenggat waktu hingga 30 April 2024 dengan sistem Beasiswa Penuh atau tanpa dipungut biaya (Sedang dibuka)Link: https://tinyurl.com/YuksDaftarIMLA24
  • Adapun untuk Akhwat/Putri, program I'dad Muhafizhat (3 tahun pendidikan, praktek ngajar 2 tahun) dibuka pendaftaran juga pada 01 Februari dan tenggat waktu hingga 24 Maret 2024 dengan sistem Beasiswa Penuh atau tanpa dipungut biaya (Sedang dibuka)Link: https://tinyurl.com/YuksDaftarIM24



11. Mahad Badr Al Islami, Bogor Jawa Barat (Khusus Putra)

Ma’had Badr Al-Islami merupakan Lembaga Pendidikan Islam yang didirikan tahun 2004.
Program Pendidikan pada Ma’had Badr Al-Islami adalah:
  1. Pendidikan I’dad Lughawy  (D2 - 10 kandidat beasiswa)
  2. Sarjana Pendidikan / I'dad Mu'allimin (S1 - 10 kandidat beasiswa)
  3. Mahir bil Qur’an (S1 - full beasiswa)
Tujuan Ma’had Badr Al-Islami adalah mencetak kader-kader Da’i yang fasih berbahasa arab, hafal Al-Qur’an dan menguasai ilmu syar’i dalam rangka memahami Islam sesuai dengan pemahaman Ahlussunnah wal Jama’ah, mengamalkannya dan mendakwahkannya kepada masyarakat.
  • Website resmi kampus: https://www.mahadbadr.com/
  • Informasi Pendaftaran: https://www.mahadbadr.com/pmb/, pada tahun 2023 Pendaftaran dibuka pada 15 Januari 2024 – 15 April 2024 untuk Gelombang II (Sedang dibuka)
  • Pada program S1 (I'dad Mu'allimin), Biaya Pangkal (dibayar sekali di awal) Rp. 3.500.000. Jaket almamater Rp. 300.000 (dibayar sekali) Biaya  SPP dan Makan (Asrama Gratis) dibayar perbulan dengan jumlah sebesar Rp. 1.350.000/bulan.  SPP pada tahun ke-3 dan ke-4 berkurang menjadi Rp 675.000/bulan.
  • SPP termasuk makan 3x sehari dan pembelajaran
  • Disediakan program Full Beasiswa hingga selesai Sarjana, pada program S1 Mahir Bil Qur'an.


12. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani (STITMA) Yogyakarta

Berada di Kompleks Islamic Centre Bin Baz, Bantul, Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani (STITMA) Yogyakarta, telah mendapatkan ijin operasional dengan No. 3364 Tahun 2017 dengan Program Studi Sarjana (S1): 

  1. Pendidikan Agama Islam (PAI) dan
  2. Pendidikan Bahasa Arab (PBA). 
Dimana pada tiap-tiap Jurusan terdapat:
  • Program Unggulan (Pengantar Perkuliahan Bahasa Arab)
  • Program Reguler
  • Program Weekend (Kelas Karyawan)
Pada tahun 2021, kedua Program studi berhasil mendapatkan akreditasi "Baik" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) masing-masing pada SK nomor 2698 untuk Program studi PAI dan SK nomor 9664 untuk Program studi PBA pada tahun tersebut. 
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Islam yang berupaya melahirkan generasi Muslim yang berkualitas dan bermanfaat bagi umat dan masyarakat; pengetahuan agama yang memadai, berwawasan luas, beraqidah benar, berakhlak mulia dan berdedikasi tinggi sesuai tuntunan Al Quran dan As Sunnah sejalan dengan pemahaman para pendahulu umat yang Shalih.
Lulusan Sekolah Tinggi ini ditargetkan mampu membimbing ummat sebagai guru Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab yang kompeten, memiliki aqidah yang shahih, integritas dan moral yang baik, mampu berperan menjadi pengembang bahan ajar di bidangnya, menguasai matan kitab-kitab turats dan memiliki hafalan Al Qur'an minimal 10 juz mutqin.
  • Website resmi kampus: https://stitmadani.ac.id/
  • Brosur Pendaftaran dapat diunduh di sini.
  • Informasi Program Beasiswa (Unggulan dan Reguler) dapat diunduh di sini. Adapun untuk Program Karyawan tidak terdapat jalur beasiswa.
  • Pada tahun ajaran 2024 pendaftaran gelombang II dibuka pada 01 Maret s.d 20 Juli 2024. (Sedang dibuka)
  • Daftar tenaga pengajar bisa dicek di sini.
Elemen Biaya Pendidikan (Unggulan dan Reguler) :
  • Pada tahun 2023, Biaya pendaftaran dibebankan sebesar Rp. 303.000,- untuk seluruh pendaftar.
  • Biaya Uang pangkal (pembayaran hanya sekali) sebesar Rp. 8.000.000 dan Biaya  SPP  dibayar per semester dengan jumlah sebesar Rp. 2.500.000,-
  • Biaya Jas, Orientasi dan Perpustakaan (pembayaran hanya sekali) sebesar Rp. 800.000,- untuk seluruh mahasiswa baru.
  • Biaya Makan dan Asrama sebesar Rp. 1.000.000,- per bulan.
  • Program Beasiswa bisa diterapkan pada Calon Mahasiswa terpilih yang membebaskan ia dari pembayaran Uang Pangkal, SPP per semester dan Uang Makan+Asrama per bulan

13. Mahad Aisyah binti Abu Bakar Li al-Dakwah, Bogor Jawa Barat (khusus Putri)

Mahad Aisyah binti Abu Bakar Li al-Dakwah adalah Perguruan Tinggi Islam khusus putri yang memiliki tujuan untuk melahirkan generasi Islam yang berkualitas, berkompeten, dan berakhlak karimah dalam kehidupan masyarakat di atas tuntutan Al-Qur'an dan Sunnah sesuai dengan manhaj salafus shalih. 
Kurikulum dan sistem pembelajaran disusun untuk mencapai ketiga target, yakni:
  • Hafal Qur’an 30 Juz bersanad
  • Mahir dan fasih Berbahasa Arab
  • Menguasai Ilmu Pendidikan dan Syariah
Dimana realisasinya, seluruh mahasiswi Mahad Aisyah dituntut untuk menggunakan Bahasa Arab, baik dalam perkuliahan, juga dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya pendidik berkualitas dari dalam negeri, untuk mendukung kualitas pembelajaran, Mahad Aisyah mendatangkan 5 Syaikhah Hafidzah Bersanad dan 3 Syaikh dari Timur Tengah juga dengan program tahfizh 30 juz.
Di bawah Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah (YLKM), Mahad Aisyah binti Abu Bakar Li al-Dakwah merupakan perguruan tinggi berasrama khusus muslimah pertama di Indonesia, bermanhaj Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang terletak di kaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. 
Pada tahun 2020, Mahad Aisyah binti Abu Bakar Li al-Dakwah sudah mendapatkan sertifikasi internasional berupa ISO 14001:2015  Manajemen Lingkungan dan ISO 9001:2015 Manajemen Mutu. 
Kuliah Sarjana (S1) di Mahad Aisyah dilakukan selama 4 tahun (8 Semester) dengan rincian 1 tahun pertama persiapan bahasa/i’dad lughowi dan 3 tahun berikutnya adalah kegiatan perkuliahan. Ijazah Negara Menginduk pada Kampus STAI Publisistik Thawalib Jakarta (Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam)

Kemampuan bahasa arab dasar adalah syarat untuk melakukan pendaftaran, karena saat ujian seleksi akan di tes kemampuan bahasa arab secara lisan dan tulisan. Adapun untuk perkuliahan, memang menggunakan bahasa arab. Tidak ada batasan umur untuk mendaftar, selama memiliki Ijazah SLTA / sederajat, maka dapat mendaftar di Mahad Aisyah.
Kurikulum Mahad Aisyah berfokus pada pendidikan khusus wanita berbasis tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah yang diimplementasikan dalam konsep berpikir konstruktif guna memberikan solusi bagi tantangan zaman yang dinamis.
Selain perkuliahan, mahasiswi juga diberikan keterampilan keputrian seperti memasak, menjahit dan bekam. Mahasiswi juga diberikan kegiatan ekstrakurikuler seperti renang, memanah dan badminton.
  • Website resmi kampus: https://www.mahadaisyah.id/
  • Brosur Pendaftaran dapat diunduh di sini.
  • Formulir Pendaftaran: https://pmb.mahadaisyah.id/ai/pmb, pada tahun 2023, Pendaftaran gelombang II pada 19 Maret s.d 12 Mei 2024 (Sedang dibuka)
  • Daftar tenaga pengajar bisa dicek di sini.
  • Biaya wakaf pengembangan, kitab tahun pertama dan perlengkapan almamater (dibayar sekali di awal) Rp. 16.100.000.
  • Biaya perawatan (dibayar sekali di awal) Rp. 18.000.000 s.d > Rp 22.000.000,-
  • Biaya  SPP,  dibayar per semester dengan jumlah sebesar Rp 5.700.000,-
  • Biaya Asrama, dibayar per semester dengan jumlah sebesar Rp. 3.000.000,- s.d > Rp. 3.400.000,-

14. Ma'had Aly Imam Bukhari, Solo Jawa Tengah (khusus Putri)

Ma’had ‘Aly Imam Bukhari (MAIB) adalah salah satu program pendidikan di Ponpes Imam Bukhari Karanganyar Surakarta. Berdiri pada tahun 2013, program ini diperuntukkan bagi para alumni putri pesantren atau siswi SMA dan sederajat yang ingin mengambil pendidikan agama di tingkat perguruan tinggi.
Ma'had Aly Imam Bukhari (MAIB) mendidik dengan pendidikan berbasis kitab ulama salaf dengan mengacu kepada kurikulum LIPIA dengan Bahasa Arab sebagai pengantar perkuliahan. Mahad Aly menyediakan asrama dengan lingkungan kondusif di komplek Pondok Pesantren Imam Bukhari. Dengan Dosen berkompeten hingga S2 dan S3 yang merupakan: Lulusan dari UIM, Al Azhar Mesir, LIPIA Jakarta, dan lainnya. Biaya pendidikan yang terjangkau. Dan Ekstrakurikuler yang variatif (BEM, menjahit, tata boga, panahan dan renang).

Mulai tahun 2023 MAIB bekerjasama dengan Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta, untuk menyelenggarakan pendidikan S1, pada Fakultas Syari’ah, Prodi Hukum Keluarga Islam, dengan gelar akademik Sarjana Hukum (S.H.). Sehingga, calon mahasiswi bisa memilih kuliah di MAIB saja atau MAIB plus IIM.
Program studi yang dibuka adalah :
  1. Program Syu’bah Lughah: Ditempuh 4 semester, dibuka untuk calon mahasiswi yang belum siap mengikuti perkuliahan dengan bahasa Arab dengan kurikulum berbasis Al-‘Arabiyah Baina Yadaik
  2. Program Studi Setara S1 : Jurusan Fiqh Wa Ushuluhu (Syari’ah) ditempuh 8 semester
  3. Program Studi Setara S1 + Pengindukan Ijazah S1 : Jurusan Fiqh Wa Ushuluhu (Syari’ah) dengan Pengindukan Ijazah ke  Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta jurusan Hukum Keluarga Islam, ditempuh 8 semester.
Calon mahasiswi Program Studi setara S1 diharuskan memiliki kemampuan berbahasa Arab aktif dan pasif, serta memiliki dasar Ilmu Agama yang memadai.
  • Website resmi kampus dan informasi pendaftaran: https://bukhari.or.id/pendaftaran-mahad-aly-imam-bukhari/
  • Link Pendaftaran: https://pmb.bukhari.or.id/
  • Pada kalender akademik tahun 2024 pendaftaran Gelombang II dibuka pada 01 Mei – 01 Juni 2024 (Sedang dibuka).
  • Biaya uang pembangunan, perlengkapan, wakaf, kesehatan, kegiatan dan SPP bulan pertama  (dibayar sekali di awal) Rp. 10.000.000,- 
  • Biaya  SPP, Asrama, dan Konsumsi dibayar per bulan dengan jumlah sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan (Rp. 9.000.000,- / semester).
  • Biaya kitab (dibayarkan jenjang) Syu’bah Lughah: Rp. 750.000 s.d 800.000, Program S1: Rp 1.500.000,-
  • Jika mengambil program pengindukan Ijazah, terdapat tambahan: Rp. 4.200.000,-



15. Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak (STIU WM), Bogor Jawa Barat

Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor atau disingkat STIU WM digagas sebagai upaya pengembangan program tahfizh Al-Qur'an Mahad Wadi Mubarak untuk memenuhi semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap kader yang tidak saja hafal Al-Qur'an, tetapi juga mendalami bidang keilmuan Al-Qur'an dan secara formal diakui oleh lembaga-lembaga pendidikan lain. Dengan Program Studi Sarjana (S1) Ilmu Al Qur'an dan Tafsir, Masa Pendidikan program STIU WM terdiri dari 4 tahun belajar ditambah 1 tahun pengabdian.
STIU Wadi Mubarak menawarkan suasana pendidikan yang kondusif bagi siapapun yang berkeinginan kuat untuk dapat mempelajari Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Dengan perhatian pada Pengamalan Sunnah, Sekolah Tinggi ini menyediakan Lingkungan Belajar yang Nyaman dan Asri, dikondisikan agar proses menghafal Al-Qur’an yang kondusif dengan lembaga yang berpengalaman di Bidang Tahfizh. Sekolah Tinggi ini juga memiliki kerjasama Internasional dengan tenaga pengajar yang Kompeten. Dan memiliki Kurikulum Pendidikan yang Integral. Para alumninya berkesempatan melanjutkan Studi ke Timur Tengah dan juga berkesempatan menjadi pengajar dengan Jaringan Alumni yang Luas.
Pengurusan izin formal STIU WM dimulai sejak tahun 2016 dan pada tahun 2017 akhirnya turun surat keputusan dari Kementarian Agama terkait Izin Operasional perguruan tinggi dengan nomor 3692 tahun 2017 Perihal Izin Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor Jawa Barat dengan Nama Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.
Kualifikasi lulusan adalah sarjana yang hafal Al-Qur’an mutqin 30 juz, memiliki keahlian dalam bidang ilmu- ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, ahli dalam bidang penelitian keagamaan, yang mampu mencari alternatif pemecahan masalah sosial dan keagamaan dan mampu bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang bergerak di bidang sosial dan keagamaan.
  • Website resmi kampus dan informasi pendaftaran: https://stiuwm.ac.id/
  • Pada tahun ajaran 2023 pendaftaran dibuka sejak 05 September 2023 s.d 30 April 2024(sedang dibuka).
  • Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan terkait pendaftaran, bisa disimak di sini.
  • Tidak ada informasi resmi biaya pendidikan per semester, karena sudah masyhur STIU WM menyesuaikan dengan kondisi ekonomi masing-masing Mahasiswa. 
  • Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, peminat bisa langsung menghubungi wa.me/6285883576234

16. Universitas Darussalam Gontor (UNIDA), Ponorogo Jawa Timur

Berlokasi di Ponorogo, Jawa Timur Indonesia, Universitas Darussalam Gontor (University of Darussalam Gontor), atau disingkat UNIDA Gontor, merupakan sebuah universitas Islam swasta berbasis pesantren yang menerapkan sistem asrama (boarding system) yang didesain untuk pembelajaran yang efektif dan efisien. Di dalam sistem asrama dan kegiatan perkuliahan, Bahasa Arab dan Inggris digunakan sebagai pengantar pengajaran dan komunikasi untuk seluruh civitas academica. Di dalam sistem asrama pula aktivitas keilmuan, kerohanian, dan kewirausahaan dilaksanakan, sehingga akan tercipta komunitas dan dari komunitas terbentuk tradisi keilmuan. Universitas Darussalam Gontor telah resmi berdiri dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 197/E/O/2014 tentang Izin Pendirian Universitas Darussalam Gontor tertanggal 4 Juli 2014, setelah sebelumnya cikal bakal lembaga pendidikan tingginya bernama Institut Pendidikan Darussalam (IPD) sejak tahun 1963, dan ISID pada tahun 1996. UNIDA Gontor terakreditasi pada tahun 2020 dengan status Baik Sekali, berdasarkan surat keputusan No. 1035/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2020.
Saat ini, untuk program sarjana (S1), UNIDA Gontor memiliki tujuh fakultas dan tujuh belas Program Studi (Prodi) yang telah terakreditasi oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Akreditasi Nasional. Fakultas-fakultas yang diajar dengan medium (bahasa pengantar perkuliahan) berbahasa Arab antara lain:
Fakultas Ushuluddin
  1. Program Studi Agama Agama
  2. Program Studi 'Aqidah dan Filsafat Islam
  3. Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir
Fakultas Syariah
  1. Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
  2. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Fakultas Tarbiyah
  1. Program Studi Pendidikan Agama Islam
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Selanjutnya Program Studi Tadris Bahasa Inggris di Fakultas Tarbiyah, diajar dengan medium (bahasa pengantar perkuliahan) Bahasa Inggris, bergitu pula dengan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Fakultas Humaniora, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Sains dan Teknologi juga diajar dengan medium (bahasa pengantar perkuliahan) berbahasa Inggris. Informasi lebih lengkap mengenai program studi di Universitas Darussalam Gontor dapat dipelajari di sini.
  • Web Resmi kampus dapat dilihat di sini 
  • Informasi Pendaftaran: https://pmb.unida.gontor.ac.id/, pada tahun akademis 2023 pendaftaran dibuka pada 11 Maret - 9 April 2024  (Sedang Dibuka)
  • Booklet Pendaftaran dapat diunduh di sini.
  • Pada Tahun Ajaran 2024, Biaya pendaftaran dibebankan ke pelamar sebesar Rp. 250.000, sedangkan estimasi biaya pendidikan hingga S1 bisa diunduh di sini.
  • Beasiswa-beasiswa yang ditawarkan untuk Mahasiswa Aktif UNIDA antara lain, dapat disimak di sini.





17. Sekolah Tinggi Ilmu Pendididikan Islam (STIPI) Magfirah, Jawa Barat

Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Islam Maghfirah adalah lembaga pendidikan tinggi dengan sistem asrama bilingual (Arab & Inggris) yang bertujuan untuk mencetak guru-guru berwatak dan berkarakter kuat dengan bekal ilmu yang mumpuni serta beraqidah Al Sunnah Wal Jamaah.
Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Islam Maghfirah terletak di alam yang sangat asri dengan suasana pegunungan Gede Pangrango yang indah dan udara sejuk. Fasilitasnya juga dibuat sangat asri dan menyatu dengan alam sehingga sangat nyaman untuk tempat belajar.
Kehidupan berasrama yang Islami dengan lingkungan berbahasa Arab yang sangat kuat dan tradisi ibadah yang dominan serta usaha untuk menegakkan nilai dan karakter Islami dalam kegiatan sehari-hari.
Program Studi yang disediakan antara lain:
  1. S1 Manajemen Pendidikan Islam;
  2. S1 Pendidikan Matematika;
  3. S1 Pendidikan IPA;
  4. S1 Pendidikan Agama Islam.
Diajar dan dibina langsung oleh para Doktor dan Alim Ulama dari Timur Tengah sekaligus sebagai native speaker dengan Lingkungan Al Quran yang baik sekali untuk menghafal dan mengkaji dengan para Syaikh yang memiliki sanad Al Quran. Sekolah tinggi ini memberikan fokus pada pembinaan karakter dan mental sebagai calon guru profesional dan Beasiswa diberikan untuk mahasiswa/wi yang berprestasi dalam hafalan Al Quran / Nilai Akademik / Berbahasa Arab dan Inggris.
  • Website resmi kampus: https://stipimaghfirah.ac.id/
  • Informasi Pendaftaran: https://pendaftaran.stipimaghfirah.ac.id/, pada tahun 2024 pendaftaran gelombang kedua dibuka hingga 15 Mei 2024 (Sedang Dibuka).
  • Gali informasi mengenai Kalender Akademik di STIPI Maghfirah di page Laman Facebook Resmi mereka: STIPI Maghfirah .
  • Biaya pendaftaran dan tes seleksi sebesar Rp. 200.000, setelah diterima Mahasiswa baru dibebankan biaya Uang Pangkal sebesar Rp. 4.000.000 (sekali dibayar), adapun biaya persemester terdiri atas SPP Rp 2.400.000/semester dan Biaya makan dan asrama Rp. 600.000/bulan;
  • Bagi Mahasiswa yang mendaftar dengan jalur beasiswa 100% (kaderisasi Guru) maka akan mendapatkan beasiswa uang semester, dibebaskan biaya makan dan asrama, dan hanya dibebankan biaya pendaftaran.




18. Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar Rahmah, Surabaya Jawa Timur. 

Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar Rahmah merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang fokus mencetak imam dan manajer masjid dengan jenjang S1 (Sarjana).
STIDKI Ar Rahmah Surabaya hadir untuk memposisikan diri sebagai sarana terciptanya Peradaban Masyarakat Madani. Dimana lingkungan STIDKI Ar Rahmah Surabaya menciptakan lingkungan yang beradab serta islami dalam setiap aktivitasnya, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, maju terdepan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Legalitas Resmi Kemenag RI SK No 2013 Tahun 2015 memiliki ijin resmi dari Kemenag RI. Fokus Program Studi S1 Manajemen Dakwah. Dengan Lulusan Berkualitas mencetak Lulusan Imam Masjid Pemimpin Peradaban. Sistem pembelajaran yang Kontekstual dan Aplikatif Masa Kuliah 4 Tahun & Pengabdian 1 Tahun.
Dalam waktu yang bersamaan, kuliah di STIDKI Ar Rahmah bisa dapat tiga hal sekaligus : kuliah S1 gratis Pogram Studi Manajemen Dakwah, menghafal dan melancarkan Al Qur'an 30 juz, serta mengembangkan kapasitas kepemimpinan dan tsaqomah islamiyah.
  • Website resmi kampus: https://www.stidkiarrahmah.ac.id/
  • Informasi Pendaftaran: https://pmb.stidkiarrahmah.ac.id/, pada tahun 2024 Pendaftaran kelihatannya dibuka sepanjang tahun. 
  • Publikasi Informasi Profil Kampus dan Panduan Pendaftaran. Silahkan klik di sini.
  • Akun Instagram Resmi Kampus: @stidki.arrahmahsurabaya
  • Mahasiswa STIDKI Ar Rahmah mendapatkan beasiswa penuh selama empat tahun, meliputi : gratis biaya pendidikan, biaya tempat tinggal, biaya makan sehari-hari, serta kebutuhan primer lainnya. 





19. Pendidikan Ulama dan Zuama (PUZ) - Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah, Balikpapan  Kaltim.

Pendidikan Ulama dan Zuama (PUZ) adalah cita-cita besar yang sudah dipancang para pendiri Ormas Islam Hidayatullah sejak awal. Yaitu memadukan program pengkaderan dan pendidikan yang bisa menghasilkan kader berwawasan ulama sekaligus berjiwa pemimpin.
Pada tahun 2017, harapan itu bersemai setelah ditunjuknya Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah untuk menjalankan program khusus ini. PUZ menjadi program khusus STIS Hidayatullah Balikpapan, maka mahasiswa yang terdaftar di PUZ sejatinya adalah mahasiswa STIS Hidayatullah yang berhak menyandang gelar Sarjana Hukum (SH) bila dinyatakan lulus.
Kehadiran PUZ ini akan berupaya mencetak dan melahirkan kader -kader yang memiliki kualifikasi berbahasa Arab yang baik, menguasai ilmu syar’i, hafal al-Quran 30 juz dan memiliki jiwa kepemimpinan yang terlihat pada kemampuan leadership dan manajerial yang baik.
  • Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) sendiri memiliki 3 (tiga) program studi: S1 Hukum Keluarga, S1 Hukum Ekonomi Syariah, kemudian program Pendidikan Ulama dan Zuama (PUZ).
  • Website resmi program PUZ: https://ulamazuama.id/
  • Program Idad Lughawi adalah syarat masuk kuliah S1 Pendidikan Ulama Zuama. Kelas persiapan bahasa Arab ini berlangsung selama 10 bulan di Kampus Induk Hidayatullah Ummul Qura Balikpapan atau di Mahad Al Wafa Sleman Yogyakarta. 
  • Informasi Pendaftaran I’dad Lughawi PUZ Tahun 2024-2025 pada Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah: bisa dibaca di sini.
  • Pada tahun 2024 pendaftaran dibuka hingga 25 April 2024 2024 (Gelombang 3) - (Sedang Dibuka)
  • Biaya Idad Lughoh Pendidikan Ulama dan Zuama (PUZ), terdiri atas: Biaya Formilir dan Pendaftaran Rp. 300.000,-, Biaya Kitab apabila diterima Rp. 1.000.000 (sekali dibayarkan),pengadaan sarpras Rp. 750.000,- Biaya hidup perbulan Rp. 900.000,-. (Idad Lughoh hanya 10 Bulan, untuk dilanjutkan Beasiswa S1 Kuliah Kader/Timur Tengah).
  • Pendidikan Ulama dan Zuama (PUZ) di Jogjakarta merupakan Beasiswa Penuh.


20. Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Dirosat Islamiyah Al Hikmah (STIU DIA) Jakarta.

STIU Dirosat Islamiyah Al-Hikmah merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang berada di bawah Yayasan Al-Hikmah Jl Bangka Pela Mampang Jakarta Selatan. Pada awalnya kampus ini bernama “Kuliah Dirosat Islamiyah AL HIKMAH“ yang disingkat menjadi “KDI Al HIKMAH“, berdiri pada bulan September 1992. Program studi yang dibuka pada saat berdiri adalah Bahasa Arab Intensif (I’dad Lughowi).
Karena antusias belajar para peserta yang sangat tinggi dan banyaknya permintaan dari berbagai pihak, maka pada tahun 1994 Kuliah Dirosat Islamiyah membuka program Jami’ah (setara S1) dengan menggunakan Bahasa Arab sebagai pengantar perkuliahan, dengan jurusan Islamic Studies (Dirosat Islamiyah).
Selanjutnya pada bulan Juli 2007 KDI Al-Hikmah resmi terdaftar di Departemen Agama RI dan berubah nama sesuai peraturan yang ada, yaitu menjadi STIU Dirosat Islamiyah Al-Hikmah dengan Program Studi Tafsir-Hadits (S1) dan Program Matrikulasi Bahasa Arab bagi Mahasiswa yang belum lancar berbahasa Arab.
Seiring dengan perubahan beberapa peraturan tentang pendidikan tinggi, diantaranya perubahan nomenklatur program studi, maka pada tahun 2016 program studi Tafsir Hadits berubah menjadi Program Studi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (IAT).

Hingga saat ini, di awal tahun 2022 STIU DIA (Dirosat Islamiyah Al Hikmah) memiliki dua program pendidikan yaitu : 

  1. Matrikulasi Bahasa Arab selama 2 semester;
  2. Program Studi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (IAT) yang sudah terakreditasi oleh BAN PT dengan nilai B dan telah meluluskan 559 sarjana.

Visi kampus adalah Kampus Keagamaan Islam berbasis Bahasa Arab untuk menghasilkan sarjana berkualitas serta berwawasan wasathi.

  • Website resmi kampus: https://stiudialhikmah.ac.id/
  • Informasi Pendaftaran: https://stiudialhikmah.ac.id/8-september/, pada tahun ajaran 2023 pendaftaran dibuka pada Gel I: 27 Maret 2023 – 26 Mei 2023 dan Gel II: 1 Juni 2023 – 31 Juli 2023. (TA 2024 Belum Dibuka).
  • Daftar tenaga pengajar bisa dicek di sini.
  • Pada tahun 2023, Biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- untuk pendaftar Gelombang II. Apabila sudah diterima, biaya semester pada program S1 adalah Rp. 2.200.000 / semester. Biaya untuk program idad lughoh adalah Rp. 1.800.000 / semester.
  • Uang Pangkal hanya dibebankan pada mahasiswa baru program S1 sebesar Rp. 1.800.000 (sekali dibayarkan).

21. MABAIS Jajar Islamic Center, Surakarta Jawa Tengah.

Program Ma’had ‘Aly Bahasa Arab dan Pendidikan Islam (MABAIS) merupakan rintisan perguruan tinggi Islam yang memadukan kuliah keagamaan berbahasa Arab berbasis kurikulum LIPIA dengan prodi S-1 Pendidikan Agama Islam (gelar S.Pd). Masa belajar 4 tahun (8 semester), dengan bobot 158 sks. Dengan memadukan mata kuliah keagamaan khas pesantren dan mata kuliah wajib perguruan tinggi di Indonesia.

Dengan kelas putra dan putri terpisah, Keunggulan Program ini adalah:
  • Mendapatkan 2 ijazah, dari Ma’had dan KOPERTAIS dengan gelar S.Pd (Jurusan: Pendidikan Agama Islam)
  • Bahasa Arab aktif sebagai pengantar KBM
Profil utama lulusan adalah melahirkan kader pendidik Ahlussunnah Wal Jama’ah yang berkompeten dalam Bahasa Arab dan Ilmu Syar’i.
Adapun Output Kompetensi yang harus dicapai setelah 8 semester, antara lain:
  1. Hafal dan paham 8 juz Al-Qur’an
  2. Lancar komunikasi bahasa Arab
  3. Hafal dan paham 300 hadits shohih pilihan
  4. Hafal dan paham matan kitab-kitab Ulama Ahlus Sunnah dalam aqidah, fiqih, mustholah hadits, ushul fiqih, nahwu dan waris
  5. Menguasai ilmu kependidikan & metodologi pengajaran.
Informasi Penting Lain:
  • Website resmi kampus: https://jicsolo.com/
  • Informasi Pendaftaran: https://jicsolo.com/category/informasi-ppdb/pada tahun ajaran 2023 pendaftaran dibuka pada 1 Maret s/d 30 Juni 2023 (TA 2024 Belum Dibuka).
  • Pada tahun 2023, Biaya pendaftaran dan seleksi sebesar Rp. 250.000,- untuk seluruh pendaftar. Apabila sudah diterima, biaya semester pada program S1 adalah Rp. 3.050.000 / semester. 
  • Uang Pangkal (Biaya awal untuk seragam 2 stel, KTM dan biaya sarpras) hanya dibebankan pada mahasiswa baru program S1 sebesar Putra: Rp. 1.250.000,- Putri: Rp. 1.500.000,- (sekali dibayarkan).



22. LPTI Ar-Robithoh, Kediri Jawa Timur. (Khusus Putri)

Lembaga Pendidikan Tinggi Islam Ar-Robithoh Kediri adalah Lembaga Islam yang berupaya melahirkan para sarjana dari generasi Umat Islam yang berkualitas dan bermanfaat bagi umat dan masyarakat di Negeri ini lebih khusus para Mahasiswa sebagai calon Ibu bangsa yang bertugas mendidik anak-anak bangsa.
 
Karena: “Ibu adalah tempat mendidik apabila kamu persiapkan maka kamu telah menyiapkan bangsa yang baik (Tangguh) untuk generasi penerusnya”
 
Dengan berbekal ilmu agama yang kuat, ber-akidah yang benar, ber-akhlaq mulia, berwawasan yang luas dan berdedikasi tinggi sesuai tuntunan Al-Quran dan Sunnah Rosululloh dengan mengikuti pemahaman 3 generasi ke-emasan Islam (shohabat, Tabi’in dan Tabiut tabi’in). Pendahulu umat Islam ini yang sholih.
 
Program Studi yang ditawarkan adalah:
  1. Idad Lughowiy (Bagi Lulusan SMA/SMK yang tidak memiliki dasar Bahasa Arab;
  2. Tarbiyah Al Banat dan Studi Islam, yang merupakan Kombinasi Sistem antara Kurikulum Universitas Islam Madinah dan kurikulum Lembaga Pendidikan Tinggi Ar-Robithoh yang dikhususkan bagi mahasiswi dengan waktu tempuh pendidikan selama 4 tahun (8 semester);
  3. Tarbiyah Al Banat dan Studi Islam dengan program tambahan pengindukan Ijazah Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam IAIH Pare.
Keungggulan Program Kampus:
  • Kombinasi kurikulum Universitas Islam Madinah dan Kurikulum Mulok LPTI Ar-Robithoh
  • Kampus berbasis pesantren, disediakan Asrama / kost
  • Kajian dan halaqoh ilmiah. 
Adapun Output Kompetensi yang harus dicapai setelah 8 semester, antara lain:
  1. Hafal Al-Quran 10 Juz
  2. Hafal Hadis-hadist Hukum
  3. Kemampuan Menulis Karya Ilmiah
  4. Lulusan siap menjadi wanita sholihah, Ibu yang berilmu guna mewujudkan cita-cita keluarga yang sakinah mawaddah dan rohmah dan pendidik putra-putrinya tercinta yang sholih dan sholihah sebagai penerus da’wah yang berguna bagi agama nusa dan bangsa.
  Informasi Penting Lain:
  • Akun Facebook Kampus: LPTI Ar Robithoh
  • Alur Pendaftaran dilakukan dengan menghubungi narahubung (Lihat Brosur)
  • Pada tahun ajaran 2024 pendaftaran dibuka pada 1 Februari s/d 31 Juli 2024 (Sedang Dibuka)
  • Daftar tenaga pengajar antara lain: Ustadz Kamalul Qurun M.U. Lc. (Alumni Universitas Islam Madinah KSA), Ustadz Muhammad Yusron M. S.Ag (Alumni Ma’had I’dad Al-Aimmah wa Ad-Duat di bawah Robithoh Alam Al-Islamy Makah KSA), Ustadz Fajar Basuki, Lc, Ustadzah Desi N.S. A.Md, Kep, Ustadzah Dyah Arianti S.Pd.
  • Pada tahun 2024, Biaya pendaftaran sebesar Rp. 350.000,- untuk seluruh pendaftar. Biaya daftar ulang Rp. 3.500.000 apabila sudah diterima, biaya semester pada program S1 adalah Rp. 2.280.000 / semester. Biaya akomodasi tempat tinggal (kost) Rp. 360.000,- per semester.
  • .Bagi Tholibat yang mengikuti program tambahan pengindukan Ijazah Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam IAIH Pare, terdapat biaya tambahan Rp. 300.000 (registrasi) dan Rp. 1.500.000,- per semester.

23. Ma'had Aly Riyadushshalihin (MARS) Pandeglang, Banten.

Ma'had 'Ali Riyadhussholihiin (MARS) adalah program pendidikan tinggi di Pondok Pesantren Riyadhussholihiin, Pandeglang, Banten, yang berdiri pada tahun 2023. Program ini diperuntukkan bagi para lulusan pondok pesantren atau SMA/sederajat yang ingin melanjutkan menuntut ilmu agama Islam di pendidikan tinggi dengan basis pesantren.

Program ini dibentuk dalam rangka menunggu turunnya izin pendirian STIT Riyadhussholihiin yang sudah mencapai tahap akhir, semoga Allah memudahkan.

Ijazah Kelulusan:
  1. Ijazah Ma'had Ali Riyadushsholihin (MARS)
  2. Ijazah S1 Pendidikan Agama Islam (Pengindukan Ijazah)
  3. Ijazah I'dad lughowiy
Informasi Penting Lain:
  • Link Pendaftaran Online : http://pmb.riyadhussholihiin.or.id
  • Pada tahun ajaran 2024 pendaftaran dibuka pada  2 Januari 2024 - 31 Mei 2024 (Sedang Dibuka)
  • Daftar tenaga pengajar antara lain: Syeikh Prof. Dr. Muhammad led Al Wudzaina (Dosen Ummul Qura-online), Syeikh Mukhlid Musa Al-Matrofi (Muqri Masjidil Haram Makkah-online), Ustadz Dr. (HC) Fachrudin Nu'man, Lc. M.Pd. (Alumni Universitas Islam Madinah), Ustadz Dr. Abdullah Roy, Lc., M.A (Alumni Universitas Islam Madinah), Ustadz Dr. Hendra Oktavia Saputra, Lc., M.S.L (Alumni Universitas Minisota), Ustadz Badri, S.Pd.I., M.Pd. (Alumni Yaman), Ustadz Arif Rahman, Lc., M.Pd. (Alumni Universitas Islam Madinah), Ustadz Bambang Eka Kencana, Lc., M.A. (Alumni LIPIA Jakarta), Ustadz Sopyan Hadi, M.Pd. (Alumni STAI Ali Bin Abi Thalib Surabaya), Ustadz Mustaqim, M.Pd.
  • Pada tahun 2024, Biaya SPP adalah Rp. 250.000/bulan. Kegiatan Mahasiswa Rp. 50.000/bulan, Biaya Makan Rp. 500.000/bulan (pilihan), Biaya Pengindukan Ijazah Rp. 355.000/bulan, Laundri Rp. 100.000/bulan. (Total: Rp. 1.255.000/bulan).



Semoga Bermanfaat


Komentar