Beasiswa Pascasarjana (S2, S3 dan Diploma 'Ali) King Saud Univesity - Riyadh, 2022

Pembukaan pendaftaran Beasiswa Pascasarjana (S2, S3 dan Diplom 'Ali) King Saud University (KSU) di Riyadh.

Alhamdulillah telah dibuka pendaftaran Beasiswa ini dimulai dari hari Ahad, 27 Februari 2022 sampai dengan Senin, 14 Maret 2022.

Link Pendaftaran: https://dgs.ksu.edu.sa/Account/Login



Eligibilitas (kriteria layak) pelamar Beasiswa:

  1. Memiliki ijazah S1 bagi pelamar jenjang S2 (Master/Magister) dan Diplom 'Ali, memiliki ijazah S2 bagi pelamar jenjang S3 (Doktoral/PhD).
  2. Mampu berbahasa Arab dengan fasih bagi pelamar di bidang Pendidikan, Agama Islam/Syariah dan Bahasa Arab, mampu berbahasa Inggris dengan fasih bagi pelamar di bidang sainstek dan Sosial Humaniora (Non Agama).
  3. IPK minimal 3,25 dari 5 (2.6 dari 4) untuk pelamar jenjang S2 (Master/Magister), 2,75 dari 4 (2,2 dari 4) untuk pelamar jenjang Diplom 'Ali dan 3,75 dari 5 (3 dari 4) untuk jenjang S3 (Doktoral/PhD)
  4. Pelamar harus lulus pemeriksaan kesehatan dan sehat secara medis.
  5. Terjemahan Ijazah harus disertifikasi oleh atase kebudayaan Saudi di negara penerbit ijazah (legalisir terjemahan dilakukan pada saat proses pembuatan visa apabila calon mahasiswa dinyatakan diterima. Untuk Pendaftaran, dokumen tersebut belum diperlukan. Cukup unggah ijazah asli dan terjemahan saja).
  6. Pelamar tidak memiliki riwayat kejahatan.
  7. Mengikuti alur pendaftaran dan menggunggah berkas wajib yang dibutuhkan.
Informasi mengenai persyaratan bisa dicek di sini.

Dokumen-dokumen yang harus disiapkan, antar lain:

Seluruh dokumen diunggah dengan format PDF dengan maksimal kapasitas 10 MB. Dokumen Wajib

1. Passport yang masih berlaku;
2. Ijazah pendidikan jenjang sebelumnya (S1 atau S2) dan terjemahannya;
3. Transkrip nilai ijazah pendidikan jenjang sebelumnya dan terjemahannya;
4. 2 (dua) Surat Rekomendasi profesor/dosen yang mengajar pelamar beasiswa pada jenjang sebelumnya. (Berbahasa Arab/Inggris atau diterjemahkan)
5. Biografi diri atau Curriculum Vitae (السيرة الذاتية). Format bebas.

Dokumen Pendukung

6. Sertifikat kemahiran bahasa Inggris (TOEFL IBT min 45 atau IELTS min 4), untuk pelamar yang mengambil jurusan rumpun umum/sainstek (non Agama Islam dan bahasa Arab). Persyaratan bahasa ini akan muncul pada detail setelah memilih jurusan. - Batas Kadaluarsa 2 tahun sejak tes diambil.
7. Sertifikat skor hasil ujian qudrot (minimal skor 70), untuk pelamar yang mendaftar menggunakan iqomah (kartu penduduk mukim) atau berasal dari dalam Kerajaan Saudi Arabia, bagi pelamar yang mendaftar menggunakan Passport tidak diwajibkan. - Batas Kadaluarsa 5 tahun sejak tes diambil.
8. Sertifikat skor hasil ujian GRE, bagi yang memilikinya (tidak wajib).

Sumber informasi minimal skor dapat dilihat di sini.

Penerjemahan. Dokumen yang diterjemahkan adalah Dokumen Indonesia ke Bahasa Arab atau Bahasa Inggris.
Khusus pendaftaran beasiswa ke Universitas di Kerajaan Arab Saudi, Dokumen seperti Ijazah yang sudah dalam bahasa Arab/Inggris, tidak perlu diterjemahkan lagi pada tahap pendaftaran. Karena itu, usahakan agar berkas seperti CV dan Surat Rekomendasi juga sudah tertulis dalam Bahasa Arab/Inggris agar tidak perlu diterjemahkan lagi agar tidak boros biaya. 
Passport secara mutlak tidak perlu diterjemahkan kedalam bahasa Inggris/Arab karena merupakan dokumen yang berlaku internasional.
Dokumen terjemahan ga bisa berdiri sendiri. Dia harus selalu bersama aslinya. Gabungkan file asli dan terjemahan menjadi satu kesatuan file PDF. Lakukan itu pada setiap pendaftaran. Kecuali jika memang kolom unggah terjemahan dan aslinya terpisah. Pokoknya intinya jangan pernah kirimkan hasil terjemahan tanpa dilampirkan asli.

Legalisir. Legalisir hasil terjemahan dari Ijazah dan Transkrip nilai diperlukan hanya jika kandidat telah dinyatakan diterima sebagai Mahasiswa Baru King Abdulaziz University. Pada tahapan pendaftaran, Pelamar cukup menterjemahkan saja dokumen ke Penerjemah Resmi tanpa perlu melakukan legalisir. Hal ini berlaku untuk semua pendaftaran di Kampus Saudi.

Curicullum Vitae (CV) adalah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup, umumnya CV menjabarkan data dan informasi yang diperlukan untuk melamar beasiswa/pekerjaan. Pada CV biasanya terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat aktifitas/prestasi lainnya. CV adalah bagian penting dalam syarat mendapatkan beasiswa ini. Pelamar agar mampun melakukan pencarian sendiri format CV yang baik dan sesuai dengan kepribadian pelamar.


Nilai Beasiswa dan Persaingan Kuota

Kesetaraan Biaya pendidikan program Diplom 'Aly berkisar 30.000-50.000 real, program S2 berkisar 70.000 - 100.000 real dan program S3 berkisar 100.000-150.000 real. Mekanisme program berbayar ini tidak dibuka untuk Mahasiswa Internasional. Sehingga otomatis setiap pendaftar non Saudi yang menggunakan Passport akan diajukan sebagai program beasiswa eksternal. 

Program beasiswa eksternal/internasional ini sangat langka dan memiliki batas kuota yang sangat terbatas. Secara umum, pada setiap program jurusan, hanya akan diambil satu orang pada satu negara. Pelamar Beasiswa agar dapat dengan cerdas memilih jurusan potensial yang memiliki persaingan yang lebih rendah.

Pemilihan Jurusan

Setiap akun pendaftaran hanya dapat mengajukan/memilih satu program jurusan pada periode yang sama.

Program Jurusan Magister (S2), PhD/Doktoral (S3) dan Diplom 'Ali pada rumpun ilmu pendidikan (كلية التربية), Agama Islam dan Bahasa Arab yang dapat diambil, antara lain:

Program Jurusan Magister (S2) dan PhD/Doktoral (S3) pada rumpun ilmu Administrasi Bisnis (ادارة الاعمال) yang dapat diambil, antara lain:


Selain bidang-bidang di atas, King Saud University di Riyadh juga menyediakan program pascasarjana (S2/S3) rumpun-rumpun di bidang Sains, Teknik, Psikologi, Pariwisata, Media, Arsitektur dan Perencanaan. Lebih detailnya, pelamar dapat melihat langsung pada formulir pendaftaran nantinya.

Hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Sesuai dengan Dekrit No. 94 dated 29/3/1431 AH regulating the admission of students of non-Saudi scholarships in higher education institutions in the Kingdom, Pelamar Internasional tidak dapat mengambil jurusan pada rumpun Ilmu Kesehatan.
  2. Mahasiswa penerima beasiswa internasional harus langsung meninggalkan Kerajaan ketika masa studinya telah berakhir. Mereka pun dilarang bekerja untuk perorangan atau perusahaan selama masa studi, atau jika terbukti melanggar, maka status beasiswa dan hak tinggalnya akan diberhentikan.

 

Tutorial Pendaftaran.

1. Tutorial pendaftaran berformat PDF dan berbahasa arab dapat diunduh di sini.

2. Informasi tentang bagaimana cara pengisian 4 (empat) kolom nama, bisa dibaca di sini.

3. Bagi pelamar asal Indonesia yang tidak memiliki hasil ujian qudrot atau skor ujian qudrott berada di bawah nilai 70 dapat menekan pilihan لا ينطبق, karena hasil ujian Qudrot hanya diwajibkan bagi pendaftar dengan menggunakan Iqomah Saudi. Sama halnya bagi pelamar yang tidak memiliki skor GRE.


4. Bagi pelamar asal Indonesia, tidak perlu risau dengan biaya pendidikan yang tertera karena tampilan ini dimaksudkan hanya bagi mahasiswa Saudi. Sistem pendidikan di Saudi tidak memiliki skema lain bagi Mahasiswa Internasional selain skema Beasiswa. Dengan mengajukan pendaftaran ini, Pelamar secara otomatis sekaligus juga telah mengajukan pengajuan beasiswa pendidikan.

5. Setelah mengikuti seluruh langkah tutorial pada poin 1. Pelamar agar memeriksa kembali seluruh isian formulir dan berkas yang diunggah, sebelum akhirnya menyelesaikan pendaftaran dengan menekan tombol "إرسال" ..

6. Selesai



Semoga Allah senantiasa melapangkan rizki kalian dalam menuntut Ilmu.





 





Komentar