Beasiswa Pascasarjana (S2, S3 dan Diploma 'Ali) King Saud Univesity - Riyadh, 2023

Beasiswa Pascasarjana (S2, S3 dan Diploma 'Ali) King Saud Univesity - Riyadh, 2023

Pembukaan pendaftaran Beasiswa Pascasarjana (S2, S3 dan Diplom 'Ali) King Saud University (KSU) di Riyadh.

Alhamdulillah telah dibuka pendaftaran Beasiswa ini dimulai dari hari Ahad, 12 Maret 2023 sampai dengan Senin, 03 April 2023 (Diperpanjang setelah sebelumnya 28 Maret 2023).

Link Pendaftaran: https://dgs.ksu.edu.sa/



Eligibilitas (kriteria layak) pelamar Beasiswa:

  1. Telah memiliki ijazah S1 (Sarjana) bagi pelamar jenjang S2 (Master/Magister) dan Diplom 'Ali, serta memiliki ijazah S2 (Master/Magister) bagi pelamar jenjang S3 (Doktoral/PhD).
  2. Mampu memberikan 2 (dua) surat rekomendasi dari Dosen/Profesor yang mengajarnya pada jenjang sebelumnya.
  3. Mendapatkan persetujuan dari kantor/lembaga tempat ia bekerja untuk melanjutkan pendidikan, apabila pelamar adalah seorang pegawai.
  4. Memenuhi persyaratan standar minimal IPK, ujian seleksi dan sertifikat kemampuan bahasa (IELTS) yang disyaratkan berbeda-beda pada masing-masing Jurusan (link persyaratan tambahan jurusan terdapat di bawah).
  5. Secara umum, Kampus meminta agar pelamar mampu berbahasa Arab dengan fasih bagi pelamar di bidang Pendidikan, Agama Islam/Syariah dan Bahasa Arab, mampu berbahasa Inggris dengan fasih bagi pelamar di bidang sainstek dan Sosial Humaniora (Non Agama).
  6. Pelamar harus lulus pemeriksaan kesehatan dan sehat secara medis.
  7. Pelamar tidak memiliki riwayat kejahatan.
  8. Mengikuti alur pendaftaran dan menggunggah berkas wajib yang dibutuhkan.
Informasi mengenai persyaratan umum bisa dicek di sini.
Informasi mengenai persyaratan khusus pada masing-masing jurusan

Sumber Gambar. PPMI Riyadh

Dokumen-dokumen yang harus disiapkan, antar lain:

Seluruh dokumen diunggah dengan format PDF dengan maksimal kapasitas 10 MB. Dokumen Wajib

1. Passport yang masih berlaku;
2. Ijazah pendidikan jenjang sebelumnya (S1 atau S2) dan terjemahannya;
3. Transkrip nilai ijazah pendidikan jenjang sebelumnya dan terjemahannya;
4. 2 (dua) Surat Rekomendasi profesor/dosen yang mengajar pelamar beasiswa pada jenjang sebelumnya. (Berbahasa Arab/Inggris atau diterjemahkan)
5. Biografi diri atau Curriculum Vitae (السيرة الذاتية). Format bebas.

Dokumen Pendukung

6. Sertifikat kemahiran bahasa Inggris (TOEFL IBT min 45 atau IELTS min 4), untuk pelamar yang mengambil jurusan rumpun umum/sainstek (non Agama Islam dan bahasa Arab). Persyaratan bahasa ini akan muncul pada detail setelah memilih jurusan. - Batas Kadaluarsa 2 tahun sejak tes diambil.
7. Sertifikat skor hasil ujian qudrot (minimal skor 70), untuk pelamar yang mendaftar menggunakan iqomah (kartu penduduk mukim) atau berasal dari dalam Kerajaan Saudi Arabia, bagi pelamar yang mendaftar menggunakan Passport tidak diwajibkan. - Batas Kadaluarsa 5 tahun sejak tes diambil.
8. Sertifikat skor hasil ujian GRE, bagi yang memilikinya (tidak wajib).

Informasi minimal skor kembali ke persyaratan khusus tiap jurusan yang diambil.

Penerjemahan. Dokumen yang diterjemahkan adalah Dokumen Indonesia ke Bahasa Arab atau Bahasa Inggris.
Khusus pendaftaran beasiswa ke Universitas di Kerajaan Arab Saudi, Dokumen seperti Ijazah yang sudah dalam bahasa Arab/Inggris, tidak perlu diterjemahkan lagi pada tahap pendaftaran. Karena itu, usahakan agar berkas seperti CV dan Surat Rekomendasi juga sudah tertulis dalam Bahasa Arab/Inggris agar tidak perlu diterjemahkan lagi agar tidak boros biaya. 
Passport secara mutlak tidak perlu diterjemahkan kedalam bahasa Inggris/Arab karena merupakan dokumen yang berlaku internasional.
Dokumen terjemahan ga bisa berdiri sendiri. Dia harus selalu bersama aslinya. Gabungkan file asli dan terjemahan menjadi satu kesatuan file PDF. Lakukan itu pada setiap pendaftaran. Kecuali jika memang kolom unggah terjemahan dan aslinya terpisah. Pokoknya intinya jangan pernah kirimkan hasil terjemahan tanpa dilampirkan asli.

Legalisir dan Proses Apostille. Legalisir atau proses apostille dari hasil terjemahan Ijazah dan Transkrip nilai diperlukan hanya jika kandidat telah dinyatakan diterima sebagai Mahasiswa Baru King Saud University. Pada tahapan pendaftaran, Pelamar cukup menterjemahkan saja dokumen ke Penerjemah Resmi tanpa perlu melakukan legalisir. Hal ini berlaku untuk semua pendaftaran di Kampus Saudi.

Curicullum Vitae (CV) adalah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup, umumnya CV menjabarkan data dan informasi yang diperlukan untuk melamar beasiswa/pekerjaan. Pada CV biasanya terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat aktifitas/prestasi lainnya. CV adalah bagian penting dalam syarat mendapatkan beasiswa ini. Pelamar agar mampun melakukan pencarian sendiri format CV yang baik dan sesuai dengan kepribadian pelamar.


Biaya Pendidikan, Nilai Beasiswa dan Persaingan Kuota

Biaya pendidikan program Diplom 'Aly berkisar 30.000-50.000 real, program S2 berkisar 70.000 - 100.000 real dan program S3 berkisar 100.000-150.000 real. Mekanisme program berbayar ini tidak dibuka untuk Mahasiswa Internasional. Sehingga otomatis setiap pendaftar non Saudi yang menggunakan Passport akan diajukan sebagai program beasiswa eksternal. 

Program beasiswa eksternal/internasional ini sangat langka dan memiliki batas kuota yang sangat terbatas. Secara umum, pada setiap program jurusan, hanya akan diambil satu orang pada satu negara. Pelamar Beasiswa agar dapat dengan cerdas memilih jurusan potensial yang memiliki persaingan yang lebih rendah.

Pemilihan Jurusan

Setiap akun pendaftaran hanya dapat mengajukan/memilih satu program jurusan pada periode yang sama.

Program Jurusan Magister (S2), PhD/Doktoral (S3) dan Diplom 'Ali pada rumpun ilmu pendidikan (كلية التربية), Agama Islam dan Bahasa Arab yang dapat diambil, antara lain:

Program Jurusan Magister (S2) dan PhD/Doktoral (S3) pada rumpun ilmu Administrasi Bisnis (ادارة الاعمال) yang dapat diambil, antara lain:


Selain bidang-bidang di atas, King Saud University di Riyadh juga menyediakan program pascasarjana (S2/S3) rumpun-rumpun di bidang Sains, Teknik, Psikologi, Pariwisata, Media, Arsitektur dan Perencanaan. Daftar Jurusan yang tersedia lebih detail, pelamar dapat melihat pada artikel terkait persyaratan khusus yang tautannya sudah dibagikan di atas atau pada formulir pendaftaran nantinya.

Hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Sesuai dengan Dekrit No. 94 dated 29/3/1431 AH regulating the admission of students of non-Saudi scholarships in higher education institutions in the Kingdom, Pelamar Internasional tidak dapat mengambil jurusan pada rumpun Ilmu Kesehatan.
  2. Mahasiswa penerima beasiswa internasional harus langsung meninggalkan Kerajaan ketika masa studinya telah berakhir. Mereka pun dilarang bekerja untuk perorangan atau perusahaan selama masa studi, atau jika terbukti melanggar, maka status beasiswa dan hak tinggalnya akan diberhentikan.

 Tutorial Pendaftaran.

1. Tutorial pendaftaran berformat PDF dan berbahasa arab dapat diunduh di sini.

2. Informasi tentang bagaimana cara pengisian 4 (empat) kolom nama, bisa dibaca di sini.

3. Bagi pelamar asal Indonesia yang tidak memiliki hasil ujian qudrot atau skor ujian qudrott berada di bawah nilai 70 dapat menekan pilihan لا ينطبق, karena hasil ujian Qudrot hanya diwajibkan bagi pendaftar dengan menggunakan Iqomah Saudi. Sama halnya bagi pelamar yang tidak memiliki skor GRE.


4. Bagi pelamar asal Indonesia, tidak perlu risau dengan biaya pendidikan yang tertera karena tampilan ini dimaksudkan hanya bagi mahasiswa Saudi. Sistem pendidikan di Saudi tidak memiliki skema lain bagi Mahasiswa Internasional selain skema Beasiswa. Dengan mengajukan pendaftaran ini, Pelamar secara otomatis sekaligus juga telah mengajukan pengajuan beasiswa pendidikan.

5. Setelah mengikuti seluruh langkah tutorial pada poin 1. Pelamar agar memeriksa kembali seluruh isian formulir dan berkas yang diunggah, sebelum akhirnya menyelesaikan pendaftaran dengan menekan tombol "إرسال" ..

6. Selesai


Semoga Allah senantiasa melapangkan rizki kalian dalam menuntut Ilmu.
 





Komentar