TDV - Turkiye Diyanet Burlari (Beasiswa Keagamaan Islam di Turki) 2023

TDV - Turkiye Diyanet Burlari (Beasiswa Keagamaan Islam di Turki) 2023


Beasiswa TDV atau Türkiye Diyanet Vakfi yang dikenal juga dengan beasiswa Diyanet Bursları merupakan program beasiswa yang didanai secara penuh (fully funded) oleh Turkiye Diyanet Foundation. Turkiye Diyanet Foundation (Türkiye Diyanet Vakfi) merupakan lembaga keagamaan non pemerintah Turki yang didirikan 13 Maret 1975 oleh Menteri Agama Turki saat itu.

Program ini memberikan peluang beasiswa bagi pelajar SMP untuk melanjutkan jenjang SMA (Imam Hatip High School Program) di Turki dan Beasiswa Sarjana hingga Doktoral bagi calon Mahasiswa Internasional. Beasiswa TDV hanya menyediakan jurusan ilahiyat (agama Islam). Sehingga untuk jenjang perkuliahan, hanya tersedia pilihan fakultas atau jurusan mengenai Islamic Theology yang meliputi Islamic Studies (Studi Islam), Philosophy and Religious Studies (Studi Agama dan Filosofi) dan Islamic History and Arts (Seni dan Sejarah Islam).

Beasiswa ini bertujuan untuk membangun jembatan kebudayaan dan pendidikan antara Turki dengan negara lain. Selain itu, beasiswa ini juga untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat Muslim di seluruh dunia untuk mengalami dan menimba ilmu pengetahuan di Turki.

Intinya adalah, Beasiswa TDV diberikan oleh Turkiye Diyanet Foundation kepada para pelajar dan mahasiswa Internasional, termasuk dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Turki untuk jenjang SMA, S1, S2 dan S3.

Sumber Informasi resmi yang sangat bisa kamu andalkan untuk mengetahui kabar mengenai beasiswa ini bisa diambil dari akun Instagram: Indonesian Awardee for TDV Scholarship.

Perbedaan Beasiswa YTB dan Beasiswa TDV

Pada umumnya terdapat dua jenis beasiswa yang dimanfaatkan mahasiswa asal Indonesia untuk bisa kuliah di Turki. Dua Beasiswa ini adalah: Beasiswa YTB (Turkiye Burslari Scholarships) dan Beasiswa TDV (Türkiye Diyanet Vakfi). Perbedaan mendasar YTB dan TDV adalah: Jika YTB adalah Beasiswa seluruh bidang pada kampus-kampus di Negara Turki yang merupakan Beasiswa dari Pemerintah Turki. Maka TBV, hanya mengkhususkan pada bidang Keagamaan Islam saja yang pendanaan berasal dari lembaga keagamaan non pemerintah Turki yang diakui dan resmi.

Gambaran umum terkait meneruskan studi di Turki, bisa disimak pada artikel ini.

Jenis-Jenis Beasiswa TDV yang Ditawarkan

Beasiswa TDV atau Türkiye Diyanet Vakfi yang dikenal juga dengan beasiswa Diyanet Bursları memiliki 3 (tiga) program utama untuk Mahasiswa Asing, antara lain:
  • Beasiswa Jenjang SMA pada bidang Agama: International Imam Hatip High School Scholarship Program. Para penerima beasiswa SMA Imam Hatip ini akan menjalani studi setingkat SMA di Imam Hatip High School yang menekanan pada penguasaan ilmu agama Islam. Kurikulum pembelajaraannya sebenarnya sama dengan SMA pada umumnya, namun ada pelajaran kejuruan pendidikan agama Islam yang mempersiapkan mereka untuk siap menjadi Imam dan Khatib di Masjid.
  • Beasiswa Jenjang Sarjana (S1) pada bidang Agama: International Theology Undergraduate Scholarship Program. Adalah program perkuliahan Agama Islam jenjang Sarjana, untuk lulusan SMA sederajat di Indonesia. 
  • Beasiswa Jenjang Pascasarjana (S2/S3) pada bidang Agama: International Theology Graduate Scholarship Program. Adalah program perkuliahan Agama Islam jenjang Magister dan Doktoral, untuk lulusan dengan jurusan yang linear (ilmu agama) pada jenjang sebelumnya. 


Berkas-Berkas yang harus disiapkan Pendaftar pada tahapan Pemberkasan:

Berkas yang tidak perlu diterjemahkan:
  • Kartu Identitas (KTP/Kartu Keluarga/Passport)
  • Sertifikat-Sertifikat
  • Ijazah dan Transkrip Nilai
Berkas yang dapat dibuat langsung menggunakan Bahasa Inggris / Turki atau diterjemahkan hanya apabila dokumen asli masih dalam bahasa Indonesia:
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Motivation Letter
  • Surat Rekomendasi

Bahasa-Bahasa yang digunakan pada tahapan Pendaftaran, Seleksi Beasiswa dan Perkuliahan

  • Berkas yang digunakan pada pendaftaran, menggunakan bahasa Asli dokumen (Identitas, Sertifikat, Ijazah dan Transkrip), kemudian menggunakan Bahasa Inggris atau Turki untuk beberapa dokumen lainnya (CV, Motivation Letter, Surat Rekomendasi).
  • Seleksi Wawancara nantinya dapat menggunakan Bahasa Inggris, Bahasa Arab atau Bahasa Turki, tergantung kemampuan Kandidat.
  • Membuka gerbang pendaftaran beasiswa di Turki untuk warga negara asing (Non-Turki) adalah sebuah misi negara tersebut untuk memperkenalkan dan mempopulerkan kebudayaan dan bahasa Turki untuk dunia internasional. Maka agar dapat diketahui bahwa pada umumnya Jurusan Ilahiyat (Dirosat Islamiyah) di Turki perkuliahan disampaikan dalam Bahasa Turki. Meski demikian kemampuan Bahasa Arab juga wajib dikuasai oleh Mahasiswa. Cangkupan Beasiswa nantinya akan memberikan fasilitas persiapan pada kedua bahasa ini.

Eligibilitas (Kriteria Layak) Pendaftar

Persyaratan Pendaftaran pada jenjang SMA Anatolian Imam Hatip:

  1. Bukan merupakan warga negara Republik Turkiye;
  2. Lahir setelah 01 Januari 2007;
  3. Belum Menikah;
  4. Merupakan lulusan jenjang SMP sederajat dengan rata-rata nilai minimal 70 persen;
  5. Tidak pernah mendapatkan hukuman disiplin dari sekolah asal;
  6. Tidak mengulang atau diskors dari sekolah lebih dari dua tahun tanpa alasan yang sah setelah menyelesaikan jenjang SMP;
  7. Tidak pernah sebelumnya menyelesaikan sekolah dasar (Primary School) di Turki;
  8. Tidak memiliki masalah kesehatan mental atau fisik atau hambatan untuk belajar di Turkiye;
  9. Keluarga siswa harus tinggal di luar Turki
  10. Bukan merupakan pengungsi atau tidak tinggal bersama keluarga di Turki
  11. Saat ini tinggal di Indonesia dan merupakan warga negara Indonesia

        Persyaratan Pendaftaran pada jenjang Sarjana (S1):

        1. Bukan merupakan warga negara Republik Turkiye;
        2. Lahir setelah 01 Januari 2002;
        3. Sehat Mental dan Fisik;
        4. Merupakan lulusan jenjang SMA sederajat dengan rata-rata nilai minimal 70 persen;
        5. Tidak pernah mendapatkan hukuman atau Surat Peringatan (SP) dari sekolah asal;
        6. Tidak sedang menunda pendidikan (gap year) lebih dari dua tahun setelah lulus SMA;
        7. Bagi yang pernah dinyatakan sebagai Penerima Beasiswa Türkiye Diyanet Foundation (mis. pada jenjang pendidikan sebelumnya), yang bersangkutan tidaklah pernah diberhentikan beasiswanya secara sepihak oleh yayasan TDV; 
        8. Beasiswa ini tidak berlaku bagi Pelajar yang sedang menjalani studinya di Turki.

        Persyaratan Pendaftaran pada jenjang Pascasarjana (S2/S3):

          1. Bukan merupakan warga negara Republik Turkiye;
          2. Pelamar jenjang Master (S2), harus belum mencapai usia 30 tahun sejak tanggal 1 Januari tahun permohonan dibuat, (01.01.1993). Pelamar jenjang Doktoral (S3), harus belum mencapai usia 35 tahun sejak tanggal 1 Januari tahun permohonan dibuat, (01.01.1987).
          3. Jarak kelulusan pada jenjang sebelumnya tidak lebih dari dua tahun,
          4. Memiliki skripsi/tesis gelar sebelumnya, (jika universitas lulusan siswa menawarkan program skripsi/tesis)
          5. Telah lulus atau akan lulus dari Program Studi Dirosat Islam, Syariah atau Jurusan Studi Islam terkait lainnya pada tanggal Juli 2023 ,
          6. Untuk tidak memiliki masalah kesehatan mental atau fisik yang akan menyebabkan hambatan untuk belajar di Türkiye,
          7. Tidak pernah menerima hukuman disipliner atau hukuman selama periode pendidikan sebelumnya,
          8. Bagi Pelamar Internasional yang berasal dari Universitas di luar Turkiye pada jenjang sebelumnya, memerlukan sertifikat bahasa yang diakui secara internasional, (seperti untuk bahasa Inggris: TOEFL, IELTS. Untuk bahasa Arab: ALPT)
          9. Bagi Pelamar Internasional yang berasal dari Universitas di Turkiye pada jenjang sebelumnya, harus mencapai skor minimal 50 dalam ujian bahasa YDS/YÖKDİL yang diselenggarakan oleh ÖSYM,
          10. Lebih diutamakan, pelamar internasional yang berasal dari Universitas di Turkiye pada jenjang sebelumnya, telah mencapai skor minimal 55 dalam ujian ALES yang diselenggarakan oleh ÖSYM,
          11. Lebih diutamakan, Pelamar yang telah menerbitkan Jurnal/Karya yang diakui secara internasional.

          Cakupan Beasiswa:

          1. Gratis biaya perkuliahan hingga lulus termasuk kursus bahasa Turki (TÖMER) dan kursus bahasa Arab.
          2. Tunjangan setiap bulan.
          3. Tiket pesawat PP Indonesia-Turki setiap tahun.
          4. Tempat tinggal berupa asrama dengan fasilitas makan 3x sehari, dsb.
          5. Asuransi kesehatan.
          6. Gratis camp musim panas dan musim dingin (berisi tambahan kursus bahasa Turki, bahasa Arab, termasuk kegiatan olahraga, renang, dan rekreasi lainnya)
          7. Berbagai kegiatan lainnya, seperti: Studi Ekskursi pada situs bersejarah dan kota lainnya, Piknik dan berbagai aktivitas sosial, Konferensi, Simposium, Penelitian Akademik, dll.

          Daftar Kampus yang Bisa Dipilih

          Daftar Kampus Tujuan S2 dan S3 (Sumber: TDV Awardee ID)

          Daftar Kampus Tujuan S1 (Sumber: TDV Awardee ID)

          Tutorial Langkah-Langkah Pendaftaran

          Video Tutorial oleh akun: Santri Nabawi

          1. Pengisian formulir pendaftaran online bisa diakses di https://dbys.tdv.org/SignIn
          2. Untuk langkah pertama, pendaftar harus membuat akun terlebih dahulu dengan menekan tombol "sign up" yang akan mengantarkan ia pada link https://dbys.tdv.org/Account/Register
          3. Pada form registrasi, pendaftar akan diminta untuk mengisi informasi-informasi seperti kewarganegaraan, nama, NIK, tanggal lahir, dan email beserta password. 
          4. Setelah itu, pendaftar kemudian diarahkan untuk memverifikasi email di https://dbys.tdv.org/Account/EmailActivation
          5. Setelah memverifikasi email, pendaftar bisa login untuk mengisi formulir pendaftaran online. Pada formulir pendaftaran online terdapat menu my profile, my family information, my contacts, my health information, my education information, my language information, my referance information, dan my applications.
          6. Pada menu my profile, pendaftar harus melengkapi data diri, seperti status pernikahan, agama, dan etnis. Selain itu, pendaftar juga harus mengupload foto profil formal. 
          7. Pada menu my family information berisi tentang data-data kelahiran, seperti nama lengkap dan tanggal lahir. 
          8. Selanjutnya, pada menu my contacts , pendaftar diminta untuk menuliskan kontak pribadinya, seperti nomor hp, nomor telpon rumah atau nomor hp orang tua, email, alamat lengkap, dan kode pos tempat tinggal. Pada menu my health information, pendaftar harus melengkapi keterangan-keterangan kesehatannya, seperti golongan darah, keterangan disabilitas, dan penyakit tertentu (jika ada). 
          9. Untuk menu my education information, pendaftar harus mengisi informasi-informasi mengenai latar belakang pendidikan SMP, SMA nya, seperti tanggal mulai masuk sekolah, jurusan saat SMA, transkrip nilai dan ijazah. 
          10. Pada menu my language information, pendaftar akan menemukan pertanyaan-pertanyaan seputar kemampuan bahasa, baik native language (bahasa sehari-hari) maupun kemampuan bahasa asing beserta level kemampuannya. 
          11. Pada menu my referance information, pendaftar harus mengupload surat rekomendasi dan melampirkan data diri dari pemberi surat rekomendasi. 
          12. Pada menu my application, data-data yang telah diisi pada formulir pendaftaran online akan ditampilkan. Sebelum menekan tombol submit, pendaftar harus mengecek formulir pendaftaran onlinenya beberapa kali untuk menghindari kesalahan-kesalahan pengetikan.

          Tips Pembuatan Curicullum Vitae (CV)

          Tips pembuatan CV oleh: Annida

          Tips Seleksi Wawancara Beasiswa TDV

          Hal-hal yang harus diperhatikan pada proses Wawancara Seleksi Beasiswa TDV: Annida

          Sharing terkait Beasiswa Pascasarjana (S2/S3) TDV

          TDV Awardee ID


                              Komentar