Tutorial Pendaftaran Beasiswa Pascasarjana (S2/S3) King AbdulAziz University (KAU) Jeddah.

 

Tutorial Pendaftaran Beasiswa Pascasarjana (S2/S3) King AbdulAziz University (KAU) Jeddah, 2023.

Selayang Pandang Kampus

King Abdulaziz University (KAU)

Lokasi: Kota Jeddah
Profil Singkat: Universitas King Abdulaziz (KAU, dalam bahasa arab جامعة الملك عبد العزيز) adalah Universitas pertama peringkat terbaik di Kerajaan Arab Saudi. Dengan lebih dari 82.000 siswa, KAU adalah universitas terbesar di negara ini. Terletak di Jeddah selatan, universitas ini merupakan pusat pengajaran dan penelitian. Didirikan pada tahun 1967 sebagai universitas swasta oleh sekelompok pengusaha yang dipimpin oleh Muhammad Bakhashab dan termasuk penulis Hamza Bogary. Pada tahun 1974, Universitas King Abdulaziz diubah menjadi universitas negeri oleh keputusan Kabinet Saudi di bawah perintah Raja Faisal.
Kampus ini diperingkatkan sebagai universitas nomor 1 di Timur Tengah oleh US News & World Report, dan peringkat universitas internasional Saudi terbaik dan universitas nomor 1 di dunia Arab oleh Times Higher Education

Pendaftaran Beasiswa Pascasarjana (S2/S3) King AbdulAziz University (KAU) Jeddah

Pembukaan pendaftaran Beasiswa Pascasarjana (S2/S3) King Abdulaziz University (KAU) di Jeddah.

Web bisa diakses 05 November s.d 28 Desember 2023.

Link Pendaftaran: https://ags.kau.edu.sa/outpsgadm/INDEX.ASP


Eligibilitas (Kriteria Layak) Pelamar

  1. Pelamar haruslah memiliki gelar pada jenjang pendidikan yang sesuai dengan jenjang yang dilamar (telah menyelesaikan S1 untuk pelamar S2, telah menyelesaikan S2 untuk pelamar S3). Dengan predikat "Jayyid Jiddan/Very Good" (IPK minimal 3.0 dari 4.0 / 3.75 dari 5.0). Dan berkewajiban untuk melakukan legalisasi oleh pihak kedutaan saudi/apostille Ijazah tersebut apabila kandidat sudah dinyatakan diterima. (Pada tahapan pendaftaran, cukup lakukan penerjemahan resmi apabila ijazah asli tidak diterbitkan dalam bahasa Arab)
  2. Usia pendaftar tidak boleh lebih dari 35 (tiga puluh lima) tahun untuk jenjang master/magister, dan tidak lebih dari 40 (empat puluh) tahun untuk tingkat jenjang doktoral.
  3. Pendaftar harus berkelakukan Baik dan dinyatakan sehat secara medis.
  4. Pendaftar berkewajiban mendapatkan 2 (dua) rekomendasi dari dosen/profesor yang mengajarnya di jenjang sebelumnya.
  5. Tidak pernah diberhentikan dari salah satu lembaga pendidikan tinggi di dalam Kerajaan.
  6. Untuk pendaftar yang berminat mengambil program selain Studi Islam dan Bahasa Arab, diwajibkan telah memiliki kefasihan Bahasa Inggris dibuktikan dengan melampirkan berkas TOEFL IBT atau IELTS. (Program Studi Rumpun Ilmu Kesehatan tidak diperkenankan untuk Mahasiswa asing).
  7. Beberapa Program, mungkin akan memberikan persyaratan tambahan dengan berjalannya proses seleksi kandidat.
  8. Pendaftar diwajibkan melakukan proses pengajuan pendaftaran online secara mandiri.

Persyaratan atau eligibiltas ini dapat dibaca pada tautan https://graduatestudies.kau.edu.sa/Content-306-EN-278671 (scroll ke bawah bagian "Scholarships for International Students"

Dokumen-dokumen yang harus disiapkan, adalah:

  1. Passport
  2. Ijazah + Terjemahan (gabungkan dalam sebuah file PDF). IPK Minimal 3.75 dari 5.00 (setara dengan 3.0 dari 4.0)
  3. Transkrip nilai + Terjemahan (gabungkan dalam sebuah file PDF)
  4. English language Exam Certificate (Sertifikat Kemahiran Bahasa Inggris. Contohnya: TOEFL atau IELTS. Tidak wajib bagi pelamar di bidang Keislaman dan Bahasa Arab. Namun pelamar di bidang Keislaman dan Bahasa Arab sangat disarankan mengunggah dokumen Sertifikat Kemahiran Bahasa Arab contoh TOAFL, IALTS, ALPT, CIMA, dll. Dan bahkan akan lebih baik lagi jika melampirkan keduanya [english+arabic] pada satu file pdf yang sama)
  5. Surat Rekomendasi Pertama (dosen/profesor yang mengajar pelamar pada jenjang sebelumnya)
  6. Surat Rekomendasi Kedua (dosen/profesor yang mengajar pelamar pada jenjang sebelumnya)
  7. Curriculum Vitae/ CV (disusun dalam bahasa inggris/arab)
  8. Statement of Purpose (disusun dalam bahasa inggris/arab)
  9. Personal Photo (format JPEG. Ukuran Wajar. Formal Rapi. Usahakan latar putih)
  10. Dokumen pendukung 1 (Dapat diisi Surat Rekomendasi Tambahan, Ijazah sanad, Sertifikat, dll)
  11. Dokumen pendukung 2
  12. Dokumen pendukung 3
  13. Dokumen pendukung 4.
Catatan format dan ukuran file yang dilampirkan:
  • Selain pas foto yang berformat JPEG, seluruh format pendaftaran diunggah dalam bentuk format PDF. 
  • Tidak ada batasan khusus ukuran tiap file yang tertera pada web, namun usahakan agar berukuran sewajarnya (1-4 MB). Khusus dokumen foto, terdapat beberapa kasus pelamar yang tidak bisa mengunggah pas foto (JPEG) di atas 100 KB.

Penerjemahan. Dokumen yang diterjemahkan adalah Dokumen Indonesia ke Bahasa Arab atau Bahasa Inggris (Sesuaikan dengan jurusan yang diambil).
Khusus pendaftaran beasiswa ke Universitas di Kerajaan Arab Saudi, Dokumen seperti Ijazah yang sudah dalam bahasa Arab/Inggris, tidak perlu diterjemahkan lagi pada tahap pendaftaran. Karena itu, usahakan agar berkas seperti CV dan Surat Rekomendasi juga sudah tertulis dalam Bahasa Arab/Inggris agar tidak perlu diterjemahkan lagi agar tidak boros biaya. 
Passport secara mutlak tidak perlu diterjemahkan kedalam bahasa Inggris/Arab karena merupakan dokumen yang berlaku internasional.
Dokumen terjemahan ga bisa berdiri sendiri. Dia harus selalu bersama aslinya. Gabungkan file asli dan terjemahan menjadi satu kesatuan file PDF. Lakukan itu pada setiap pendaftaran. Kecuali jika memang kolom unggah terjemahan dan aslinya terpisah. Pokoknya intinya jangan pernah kirimkan hasil terjemahan tanpa dilampirkan asli.

Legalisir dan Apostille. Legalisir hasil terjemahan dari Ijazah dan Transkrip nilai diperlukan hanya jika kandidat telah dinyatakan diterima sebagai Mahasiswa Baru King Abdulaziz University. Pada tahapan pendaftaran, Pelamar cukup menterjemahkan saja dokumen ke Penerjemah Resmi tanpa perlu melakukan legalisir. Hal ini berlaku untuk semua pendaftaran di Kampus Saudi. Nantinya proses Legalisir atau Apostille ini wajib dilakukan.

Curicullum Vitae (CV) adalah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup, umumnya CV menjabarkan data dan informasi yang diperlukan untuk melamar beasiswa/pekerjaan. Pada CV biasanya terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat aktifitas/prestasi lainnya. CV adalah bagian penting dalam syarat mendapatkan beasiswa ini. Pelamar agar mampun melakukan pencarian sendiri format CV yang baik dan sesuai dengan kepribadian pelamar.

Statement of Purpose. Saat mendaftar studi untuk universitas di luar negeri, salah satu bagian terpenting dari lamaran adalah Pernyataan Tujuan / Statement of Purpose (SoP). SoP adalah esai singkat yang menjelaskan latar belakang pendidikan, pencapaian, dan tujuan kedepannya. Kamu juga harus menyampaikan mengapa ingin mempelajari program yang kamu inginkan di universitas pilihan kamu.
Statement of Purpose adalah cara terbaik untuk menonjolkan diri kamu di antara banyak pendaftar yang diterima kampus tujuan. Pernyataan  ini menekankan pada prestasi di masyarakat dan semangat belajar di Universitas. Ini memberi gambaran singkat tentang kepribadian kamu di luar akademis dan membantu menentukan apakah kamu cocok untuk budaya kampus. Ini juga bisa menjadi cara yang menyenangkan dan kreatif untuk memaksimalkan keterampilan menulis kamu. Lebih lengkap terkait Statement of Puprpose silahkan simak di sini.

Tidak menggunakan Iqomah. Para pelamar asal Indonesia yang sekarang berada di dalam kerajaan Saudi, diarahkan untuk menggunakan passportnya dalam mengajukan pendaftaran ini, tidak disarankan menggunakan Iqomah. Karena penawaran beasiswa ini bersifat eksternal.

Tidak Menggunakan Calo atau Agen. Pendaftar disarankan untuk tidak menggunakan jasa apapun yang memberikan pelayanan pendaftaran secara berbayar. Pendaftar dapat melakukan pengisian formulir dan mengajukan pendaftaran tanpa dipungut biaya apapun langsung pada web resmi yang tertera. Demikian agar difahami, semoga bermanfaat.

Program-Program yang dapat dipilih:

  • Daftar 72 (tujuh puluh tiga) Program Studi yang dapat dipilih oleh Pendaftar Putra pada jenjang Magister/Master (S2) dapat dilihat pada halaman ini.
  • Daftar 46 (empat puluh enam) Program Studi yang dapat dipilih oleh Pendaftar Putri pada jenjang Magister/Master (S2) dapat dilihat pada halaman ini.
  • Daftar 47 (empat puluh tujuh) Program Studi yang dapat dipilih oleh Pendaftar Putra pada jenjang Doktoral/phD (S3) dapat dilihat pada halaman ini.
  • Daftar 23 (dua puluh tiga) Program Studi yang dapat dipilih oleh Pendaftar Putri pada jenjang Doktoral/phD (S3) dapat dilihat pada halaman ini.

BIDANG AGAMA ISLAM YANG DAPAT PELAMAR PILIH ANTARA LAIN:

Progam Master/Magister (S2)

  • MS. IN TEACHING ARABIC TO NATIVE SPEAKERS - MALE & FEMALE (Program Guru Bahasa Arab untuk Penutur Asing, Gelar M.S, Untuk Putra dan Putri)
  • MS. IN ARABIC LANGUAGE - MALE & FEMALE (Bahasa dan Sastra Arab, Gelar M.S, Untuk Putra dan Putri)
  • MS. IN FIQH AND FUNDAMENTALS - MALE & FEMALE (Fiqh wa Ushuluhu, Gelar M.S, Untuk Putra dan Putri)
  • MS. IN ISLAMIC THEOLOGY - MALE & FEMALE (Studi Islam/Dirosat Islam/Ushuluddin, Gelar M.S, Untuk Putra dan Putri)
  • MS. IN QURAN AND SUNNAH - MALE & FEMALE (Ilmu Al Qur'an dan Sunnah, Gelar M.S, Untuk Putra dan Putri)
  • MS IN ISLAMIC ECONOMICS-ISLAMIC ECON ANALYSIS & POLICIES - MALE & FEMALE (Analisa dan Kebijakan Ekonomi Islam, Gelar M.S, Untuk Putra dan Putri) disarankan mengunggah Sertifikat TOEFL atau IELTS.
  • MS ISLAMIC FINANCE - MALE & FEMALE (Keuangan Islam, Gelar M.S, Untuk Putra dan Putri) disarankan mengunggah Sertifikat TOEFL atau IELTS.

Progam Doktoral/phD (S3)

  • PhD. IN ARABIC LANGUAGE - MALE & FEMALE (Bahasa Arab, Gelar Ph.D, Untuk Putra dan Putri)
  • PhD. IN FIQH FUNDAMENTAL - MALE & FEMALE (Ushul Fiqih, Gelar Ph.D, Untuk Putra dan Putri)
  • PhD. IN ISLAMIC THEOLOGY - MALE & FEMALE (Studi Islam/Dirosat Islam/Ushuluddin, Gelar Ph.D, Untuk Putra dan Putri)
  • PhD. IN FIQH - MALE & FEMALE (Fiqih, Gelar Ph.D, Untuk Putra dan Putri)
  • PhD. IN QURAN WAS SUNNAH - MALE & FEMALE (Al Qur'an dan Sunnah/Hadits, Gelar Ph.D, Untuk Putra dan Putri)
  • PhD. IN JUDICIAL STUDIES DIROSAT AL QODHOIYAH - MALE (Dirosat Al Qodhoiyah/Ilmu Peradilan Islam, Gelar Ph.D, Khusus Putra)

Tutorial Pendataran:

1. Gunakan Laptop/Komputer (tidak menggunakan handphone). Masuk ke dalam link pendaftaran: https://ags.kau.edu.sa/outpsgadm/INDEX.ASP

Setelah masuk ke link pendaftaran, Pelamar akan mendapatkan tampilan


2. Silahkan klik "create account". Kemudian masukan alamat email masing-masing yang hendak digunakan. Dan klik Register.


3. Setelah muncul paragraf

"The registration process has been completed successfully, and a username and password has been sent to you on your e-mail address (if not received, please check junk mail)"

Silahkan cek sebuah email yang berada di kotak masuk masing-masing



4. Gunakan Username dan Password yang tertera untuk Log in pada halaman pertama (langkah 1).


5. Klik Log in, masukan User Name dan Password yang sudah dikirimkan. Kemudian Tekan kembali tombol Login.

Silahkan lakukan perubahan Password jika diperlukan. Masukan Password lama dan Password baru yang diinginkan, kemudian tekan tombol yang disediakan.

6. Pelamar akan mendapatkan 5 tahapan dalam pendaftaran.

Palamar agar menekan tulisan "Personal Data" untuk memulai pengisian pendaftaran.

7. Pada halaman "Personal Data" di dapatkan formulir isian sebagai berikut


8. Penulisan Nama Pada Formulir Pendaftaran S2/S3 King Abdulaziz University.

Tulis nama INDENTIK dengan nama pada halaman utama Passport.

Abaikan keterangan kolom kata pertama nama (first name), kolom nama bapak (father), nama kakek (grand father) dan family name pada formulir. Yang perlu diperhatikan pada formulir pendaftaran KAU ini adalah:
  • Kolom "first name" wajib diisi.
  • Kolom "father" tidak wajib diisi.
  • Kolom "grand father" tidak wajib diisi.
  • Kolom "family" wajib diisi.

Pada pendaftaran King Abdulaziz University ini, kolom yang wajib diisi adalah kolom 1 nama (pertama) dan kolom 4 (terakhir) saja. Maka sesuaikan penggunaanya sesuai dengan nama pada halaman utama passport.
Jika namamu pada passport hanya 2 kata, maka isi kolom 1 dengan kata pertama pada nama dan kolom 4 dengan kata terakhir pada nama, kemudian kosongkan kolom 2 dan 3.
Jika namamu pada passport hanya 3 kata, maka isi kolom 1 dengan kata pertama pada nama, kolom 2 dengan kata kedua dan kolom 4 dengan kata terakhir pada nama, kemudian kosongkan kolom 3.
Jika namamu pada passport hanya terdiri atas 1 kata, maka isi kolom terakhir dengan satu kata diambil dari nama ayah, kemudian kosongkan kolom 2 dan 3.
Jika namamu terdiri atas lebih dari empat kata. Maka kolom pertama dapat diisi lebih dari satu kata.
Penjelasan lebih detail terkait penulisan nama pada formulir, penulisan nama pada passport dan lembar endorsement dapat dibaca pada link berikut.

9. Lanjutkan isi formulir dengan paduan terjemah sebagai berikut
  • Nationality diisi dengan Kebangsaan
  • Passport No diisi dengan Nomor Passport (bukan nomor Password)
  • Passport Expiration Date adalah tanggal kadaluarsa Passport
  • Date of Birth adalah tanggal lahir
  • Place of Birth diisi dengan Negara Tempat lahir
  • Last Degree diisi dengan Jenjang Pendidikan Terakhir
  • Gender diisi dengan jenis kelamin
  • Religion adalah Agama
  • Marital Status adalah Status Pernikahan
  • Mobile No diisi dengan Nomor Hape dimulai dengan kode negara +62 (contoh: +6281234567890)
  • Address adalah alamat .
  • Kemudian klik "Save and Complete Later" untuk menyimpan data saja, "Save and Continue" untuk menyimpan data sambil menuju halaman berikutnya.

10. Pada halaman "Education" di dapatkan formulir isian sebagai berikut



Panduan penerjemahan dalam bahasa Indonesia:

  • Country of Graduation diisi dengan Negara asal kampus sebelumnya
  • University diisi dengan nama Universitas
  • Collge diisi dengan nama Fakultas atau Departemen
  • Major diisi dengan nama Program Studi
  • Specialization diisi dengan penjurusan di dalam program studi (jika ada)
  • Year of Graduation adalah tahun kelulusan (terbitnya ijazah jenjang sebelumnya)
  • GPA Graduation system agar dimasukan sistem IPK (cari skor maksimal IPK)
  • GPA diisi dengan nilai IPK akhir Pelamar.
11. Sertifikasi Bahasa Inggris. Pelamar akan mendapatkan tulisan sebagai berikut:

The International English Proficiency Certificate IELTS /TOEFL (IBT,CBT) is a compulsory requirement for admission as per university rules.
  • These are the required scores for admission IELTS band 5, TOEFL (IBT) score equal or more than 61
  • Note that : exams are valid for 2 years
  • The other English proficiency certificates are not recommended.

English proficiency certificate - required for all majors except for Islamic and Arabic programs

Sertifikat kemahiran bahasa Inggris - diperlukan untuk semua jurusan kecuali untuk program-program Keislaman dan Bahasa Arab.



  • Kemudian klik "Save and Complete Later" untuk menyimpan data saja, "Save and Continue" untuk menyimpan data sambil menuju halaman berikutnya dan "Previous" untuk mundur ke halaman sebelumnya tanpa menyimpan.


12. Pada halaman "Programs" pelamar agar memilih salah satu dari 72 (tujuh puluh dua) program studi yang ditawarkan sesuai dengan kelinearan jurusan pada jenjang sebelumnya dengan menekan check box pada sebelah kanan nama program studi, dan  "Save and Continue" untuk menyimpan data sambil menuju halaman berikutnya.

13. Pada halaman "ATTACHED FILE" pelamar agar mengunggah dokumen pendukung yang telah disyaratkan pada pendaftaran. 


  • Klik "Choose File" untuk memilih dokumen yang hendak diunggah, setelah itu tekan "Attach" untuk mengunggah.
  • Selain pas foto yang berformat JPEG, seluruh format pendaftaran diunggah dalam bentuk format PDF. 
  • Tidak ada batasan khusus ukuran tiap file yang tertera pada web, namun usahakan agar berukuran sewajarnya (1-4 MB). Khusus dokumen foto, terdapat beberapa kasus pelamar yang tidak bisa mengunggah pas foto (JPEG) di atas 100 MB.
  • SIlahkan Klik "Next" apabila seluruh dokumen telah selesai diunggah.
14. Pada halaman "Confirmation" pelamar agar memeriksa kembali seluruh rekapitulasi pengisian dan memastikan seluruh data sudah benar dan diunggah sebelum menyelesaikan pendaftaran. 

Jika sudah yakin dengan seluruh kebenaran data, pelamar dapat menyelesaikan pendaftaran dengan cara menekan tombol check box di sebelah kiri paragraf:

 I certify that the information given in this application is accurate and under my responsibility.

dan menekan tombol "Confirm and Send".

Selesai.

Semoga Allah melapangkan rizki kalian dalam menuntut Ilmu.

Komentar

  1. maaf mau tanya, ini untuk poto sudah bisa di input file, tapi setelah di attach tidak muncul...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dik, pada permasalahan foto, kami sarankan kamu lebih mengecilkan lagi ukuran filenya.
      Mohon maaf kalau kami telat responnya ya. Lain kali kalau butuh konsultasi, coba hubungi kita di Telegram atau WA. Manfaatkan link ini https://linktr.ee/minhatiy

      Hapus
  2. terima kasih min untuk infonya.
    بارك الله لك

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Masbro. Jangan ragu untuk share seluruh konten pada web ke rekan-rekan yang lain ya jikalau dirasa bermanfaat.

      Hapus
  3. Kk izin bertanya, klau mau update data pendaftar bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama masa pendaftaran belum tutup, pada portal pendaftaran S2 King Abdulaziz University di Jeddah data selalu bisa diedit apabila BELUM DIAJUKAN. Semoga dapat bisa difahami ya... :)

      Hapus
  4. Kalo pake sertifikat toefl itp apakah bisa min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, insya Allah.... Lampirkan saja. :)
      Mohon maaf kalau kami telat responnya ya. Lain kali kalau butuh konsultasi, coba hubungi kita di Telegram atau WA. Manfaatkan link ini https://linktr.ee/minhatiy

      Hapus
  5. ka mau tanya, kalau ijazah dari arab saudi (lulusan kampus saudi) perlu gak sih sertifikat toafl, ALPT ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin lengkap berkas, menurut kami, semakin baik pula pengajuan status pendaftaranmu. Namun jika dirasa berat untuk melampirkan, agar jangan mengurungkan pendaftaran.

      Hapus
  6. Bang klo Sertifikat TOAFL kemahiran bahasa Arab di masukkan di kolom yang mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dimasukan ke kolom TOEFL atau kolom dokumen tambahan (others)

      Hapus
  7. Afwan bertanya, ini beasiswanya full? Biaya kuliah dan biaya hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Beasiswa Penuh dan Seluruh Akomodasi sudah tercover oleh pihak kampus.

      Hapus
  8. Hallo min, mau bertanya pada saat pembuatan akun kenapa emailnya berubah ya fontnya jadi capslok semua. Jadi ketika ingin regis tidak bisa karena hurufnya berubah menjadi capslok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah. Silahkan diteruskan alur pendaftarannya.

      Hapus
  9. halo min, saya sudah mencoba mendaftar tapi cross major dri Ilmu Tafsir (S1) ke arabic language, setelah itu saya dapat email jika jurusan yg saya ambil menolak latar belakang S1 saya. apakah di KAU tdk menerima cross major?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak. Kebijakan tersebut seluruhnya dikembalikan ke pihak jurusan masing-masing. Sehingga tidak ada ketentuan baku secara umum. Pengambilan jurusan yang linear dengan latar belakang pendidikan sebelumnya adalah hukum asal dari kondisi ini. Meski tidak menutup kemungkinan ada beberapa jurusan yang menerima lintas bidang.

      Hapus
  10. Admin dapat info satatus pendaftaran: Application No: 2511033887
    Application Status : You have met the Deanship of Graduate Studies Requirements

    Dear applicant, your request has been processed by DGS, and it will be forwarded to the academic Department عزيزي المتقدم، تم إحالة طلبك للقسم العلمي

    Deanship of Graduate Studies

    Apa maksudnya y min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Pascasarjana KAU Jeddah

      Tahapannya itu:
      1. DGS (Pascasarjana) untuk seleksi berkas.
      2. Bidang Akademik Departemen (Jurusan yang diambil) untuk dicocokan dengan kuota kelas dan seleksi Jurusan.
      3. Kalau keduanya sudah oke, artinya sudah lulus di tingkat kampus, diajukan nama ke Wizarah Ta'lim. Masih diseleksi lagi, terkait kuota anggaran, Pengecekan latar belakang kandidat, Profil Sosial media, dll.
      4. Kalau ketiga ini udah oke, sudah kelulusan final. Diajukan ke Wizarah Kharijiyah untuk kebutuhan penerbitan calling visa. Masih ada kemungkinan pembatalan kelulusan, kalau antum masuk daftar hitam imigrasi (pernah masuk Saudi illegal, Haji koboi, dll)
      5. Isyar qobul dan calling visa terbit.

      Posisi antm masih di tahapan kedua. Lolos di DGS lanjut ke seleksi Jurusan. Prosesnya masih panjang ya.

      Hapus

Posting Komentar