Info Pendaftaran Program Pascasarjana (S2/S3) Qassim University (QU) Arab Saudi 2022.

 

Pembukaan pendaftaran Program Pascasarjana (S2/S3) Qassim University (QU) di Provinsi Qassim, Arab Saudi.

Alhamdulillah telah dibuka pendaftaran Program Pascasarjana ini dimulai dari hari Senin, 07 Februari 2022 sampai dengan Ahad, 20 Februari 2022.

Link Pendaftaran: https://gsd.qu.edu.sa/content/p/170


Eligibilitas (kriteria layak) dari pelamar المنح الخارجية لغير السعوديين (Beasiswa Luar Negeri untuk Pelamar Non Saudi) antara lain:

  1. Berpendidikan minimal S1 untuk pelamar Magister (S2) dan minimal S2 untuk pelamar doktoral (S3).
  2. Berbadan dan berjiwa sehat.
  3. Mampu secara aktif berbahasa inggris, bagi pelamar jurusan umum (non Agama), dibuktikan dengan sertifikat kemahiran bahasa. Dan mampu berbahasa Arab minimal secara pasif untuk dapat mengisi dan mengikuti proses alur dan formulir pendaftaran.
  4. Mampu secara aktif berbahasa Arab aktif, bagi pelamar jurusan agama.
  5. Berusia maksimal 30 tahun pada pelamar jenjang Magister (S2) dan berusia maksimal 35 tahun pada pelamar jenjang Doktoral (S3). Rekan-rekan Mahasiswa di Universitas Qassim mendorong pelamar untuk tidak mengurungkan diri melakukan pengajuan pendaftaran jika persyaratan maksimal usia ini tidak terpenuhi dengan tetap berikhtiar mengajukan pendaftaran.
Beberapa program studi yang dipilih, mungkin mengharuskan seorang mahasiswa yang diterima ke jenjang magister atau doktoral untuk lulus sejumlah courses sebelum melanjutkan jenjang pendidikan tersebut.
Courses/kelas tambahan ini ditempuh dalam jangka waktu tidak lebih dari tiga semester. Informasi resmi lebih lanjut diunduh pada link ini.

Dokumen-dokumen yang harus disiapkan, adalah:

  1. Dokumen Kelulusan: Ijazah dan Terjemahan Ijazah. (gabungkan dalam sebuah file PDF);
  2. Berkas-Berkas Akademik. Antara lain: Transkrip nilai Ijazah, Terjemahan Transkrip nilai Ijazah. Sijil akademi ini juga bisa ditambahkan dokumen lain, misalnya sebagai contoh: Sertifikat Kemahiran Bahasa, CV, Statment of Purpose, dan Dokumen Akademik Pendukung Lain. (gabungkan dalam sebuah file PDF). Bagi Pelamar yang berasal dari kampus yang berlokasi di Saudi juga dapat mengunggah hasil ujian qudorot-nya (اختبار القدرات العامة للجامعيين) ke kolom unggah ini;
  3. Minimal 2 (dua) Surat Rekomendasi, Keduanya berasal dari dosen/profesor yang mengajar pelamar pada jenjang sebelumnya (jika syarat minimal ini terpenuhi, pelamar dipersilahkan melampirkan surat rekomendasi tambahan lain jika ada);
  4. Scan Halaman Utama Passport.

Seluruh format dokumen pendaftaran diunggah dalam bentuk format PDF. Dengan maksimal file 2 MB. 
Untuk menghindari diskualifikasi dan tuntutan hukum pada proses pendaftaran, Pelamar agar memastikan bahwa file-file yang dikirim aman dari virus dan malware. 

Penerjemahan. Dokumen yang diterjemahkan adalah Dokumen Indonesia ke Bahasa Arab atau Bahasa Inggris.
Khusus pendaftaran beasiswa ke Universitas di Kerajaan Arab Saudi, Dokumen seperti Ijazah yang sudah dalam bahasa Arab/Inggris, tidak perlu diterjemahkan lagi pada tahap pendaftaran. Karena itu, usahakan agar berkas seperti CV dan Surat Rekomendasi juga sudah tertulis dalam Bahasa Arab/Inggris agar tidak perlu diterjemahkan lagi agar tidak boros biaya. 
Passport secara mutlak tidak perlu diterjemahkan kedalam bahasa Inggris/Arab karena merupakan dokumen yang berlaku internasional.
Dokumen terjemahan ga bisa berdiri sendiri. Dia harus selalu bersama aslinya. Gabungkan file asli dan terjemahan menjadi satu kesatuan file PDF. Lakukan itu pada setiap pendaftaran. Kecuali jika memang kolom unggah terjemahan dan aslinya terpisah. Pokoknya intinya jangan pernah kirimkan hasil terjemahan tanpa dilampirkan asli.

Legalisir. Legalisir hasil terjemahan dari Ijazah dan Transkrip nilai oleh Kementerian terkait dan Kedutaan Arab Saudi diperlukan hanya jika kandidat telah dinyatakan diterima sebagai Mahasiswa Baru Qassim University. Pada tahapan pendaftaran, Pelamar cukup menterjemahkan saja dokumen yang belum dalam bahasa Inggris/Arab ke Penerjemah Resmi tanpa perlu melakukan legalisir. Hal ini berlaku untuk semua pendaftaran di Kampus dalam Kerajaan Arab Saudi.

Curicullum Vitae (CV) adalah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup, umumnya CV menjabarkan data dan informasi yang diperlukan untuk melamar beasiswa/pekerjaan. Pada CV biasanya terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat aktifitas/prestasi lainnya. CV adalah bagian penting dalam syarat mendapatkan beasiswa ini. Pelamar agar mampun melakukan pencarian sendiri format CV yang baik dan sesuai dengan kepribadian pelamar.

Statement of Purpose. Lebih lengkap terkait apa itu Statement of Puprpose silahkan simak di sini.

Tidak menggunakan Iqomah. Para pelamar asal Indonesia yang sekarang berada di dalam kerajaan Saudi, disarankan untuk menggunakan passportnya dalam mengajukan pendaftaran ini, tidak direkomendasikan menggunakan Iqomah. Karena jarak antara pendaftaran dan pengumuman yang disinyalir relatif panjang.

Persyaratan Mahram. Pelamar dari kalangan putri harus memiliki wali laki-laki (Mahram), baik sudah sebagai penerima beasiswa atau memegang izin tinggal penduduk (Iqomah) Arab Saudi yang sah. Penjelasan lebih lanjut mengenai Mahram, dapat dibaca di sini.

Tutorial Pendaftaran :

Pelamar diminta untuk menggunakan PC/Laptop dalam melakukan proses pengajuan pendaftaran ini. Hindari penggunaan smartphone dan sejenisnya.

1. Setelah masuk ke link pendaftaran, Pelamar akan mendapatkan tampilan

Silahkan tekan تقديم قبول الدراسات العليا (pengajuan penerimaan Pascasarjana)

2. Pada halaman log in ini, pelamar baru agar menekan تسجيل مستخدم جديد (pendaftaran pengguna baru)



3. Tata cara pengisian 4 kata pada nama, dalam beasiswa Saudi dapat disimak pada link berikut.

Abaikan keterangan kolom kata pertama nama (first name), kolom nama bapak (father), nama kakek (grand father) dan family name pada formulir. Mulai saat ini, kita jadikan:

  • Kolom "first name" adalah kolom 1 nama.
  • Kolom "father" adalah kolom 2 nama.
  • Kolom "grand father" adalah kolom 3 nama.
  • Kolom "family" adalah kolom 4 nama.

Isi kolom 1 dengan kata pertama dari nama Pelamar sesuai passport, isi kolom 2 dengan kata kedua dari nama Pelamar sesuai passport, isi kolom 3 dengan kata ketiga dari nama Pelamar sesuai passport, dst.

Jika namamu terdiri atas lebih dari empat kata. Maka kolom pertama dapat diisi lebih dari satu kata.

Apabila nama pelamar hanya terdiri atas satu atau dua atau tiga kata, dan formulir mewajibkan penulisan nama sebanyak empat kata, maka tambahkan kolom yang kosong pertama setelah kolom yang terisi oleh nama diri dengan mengambil satu kata dari nama ayah, jika masih terdapat kolom yang kosong setelahnya, maka ambil satu kata lagi dari nama ayah berikutnya, kemudian satu kata lagi dari nama ayah berikutnya. Atau jika namamu dan nama ayah sudah habis dipakai sepenuhnya, Maka dapat diambil kembali dari satu kata nama kakek jalur ayah. Selesai.

Penjelasan lebih detail terkait penulisan nama pada formulir, penulisan nama pada passport dan lembar endorsement dapat dibaca pada link berikut.

4. Pelamar akan menemukan formulir pembuatan akun tamu Universitas Qassim sebagai berikut:

Silahkan ikuti arahan sesuai gambar.

5. Pengisian رقم الجوال (nomor ponsel) kerap kali menjadi kendala dalam melanjutkan proses pendaftaran akun tamu pada portal pendaftaran ini. Nomor ponsel diisi dengan menambahkan kode negara menggantikan angka 0 di depan nomor ponsel. Sayangnya, pada portal pendaftaran Qassim University ini, nomor Indonesia (+62) tidaklah segera mendapatkan kode verifikasi. Untuk mengatasi hal ini, silahkan ikuti petunjuk Verfikasi Akun Pendaftaran Menggunakan Nomor Seluler via SMS berikut ini, untuk dapat menyelesaikannya.


Silahkan masukan kode verifikasi yang didapat, kemudian tekan تسجيل.

6. Kemudian, jika berhasil, pelamar akan dihadapkan pada halaman ini.


Pada akun tamu ini, Pelamar agar menggunakan menu "نظام التقديم"

Silahkan pilih "قبول الدراسات العليا للعام الجامعي 1444هـ"

Maka pelamar selanjutnya akan melihat bahwa portal pendaftaran pada kampus ini terdiri atas 7 (tujuh) tahap:


7. Pada halaman الشروط (persyaratan), Pelamar mendapati  info/ hal-hal yang bersifat administratif:

أن يكون المتقدم سعودياً أو على منحة دراسية للدراسات العليا إذا كان من غير السعوديين.

أن يكون المتقدم حاصلاً على الشهادة الجامعية من جامعة سعودية أو من جامعة أخرى معترف بها.

أن يقدم تزكيتين علميتين من أساتذة سبق لهم تدريسه.

صورة من جواز السفر ساري  المفعول (سنة على الأقل ) لطلاب و طالبات المنح (للمتقدمين للمنحة الخارجية)(لغير السعوديين)

  • Format biaya pendidikan pada pendaftaran Program Pascasarjana di Universitas Qassim ini adalah, berbayar bagi warga Saudi dan merupakan beasiswa bagi selainnya.
  • Pemohon harus memiliki gelar minimal pada satu jenjang di bawah jenjang yang dilamarnya, dari universitas Saudi atau dari universitas lain.
  • Untuk melampirkan dua rekomendasi dari profesor/dosen yang telah mengajarnya sebelumnya.
  • Pelamar agar melampirkan hasil scan/salinan paspor yang masih berlaku (setidaknya satu tahun) untuk pelamar beasiswa eksternal/untuk non-Saudi.

Ketentuan umum terkait sejumlah courses sebelum melanjutkan jenjang pendidikan apabila Pelamar diterima pada program Pascasarjana:

لا يتم التسجيل في برنامج الدراسات العليا إلا بعد اجتياز المقررات التكميلية

 لا تحتسب المدة الزمنية لاجتياز المقررات التكميلية ضمن المدة المحددة للحصول على الدرجة.

 لا تدخل المقررات التكميلية في احتساب المعدل التراكمي لمرحلة الدراسات العليا.

فترات محاضرات المقررات التكميلية يتم تحديدها من قبل الأقسام في الكليات .

اجتياز المقرر التكميلي في المرة الأولى بتقدير لا يقل عن (جيد)  وأن لا يقل المعدل التراكمي في المقررات التكميلية عن (جيد جداً) (وفقا للائحة)

 محاضرات برامج الدراسات العليا (ماجستير و الدكتوراه) انتظاما ًفي الفترة المسائية. 

 الاطلاع على جميع اللوائح و الانظمة و الادلة الموجودة على موقع عمادة الدراسات العليا بجامعة القصيم.

  • Penerima beasiswa (setelah diterima) baru dapat melanjutkan ke program pascasarjana hanya dimungkinkan setelah menjalankan courses/kelas tambahan (kami menyebutnya dengan istilah: سنة التحضير) 
  • Jangka waktu untuk lulus mata kuliah سنة التحضير ini, tidak dihitung termasuk dalam jangka waktu studi untuk memperoleh gelar magister/doktoral.
  • Mata kuliah tambahan سنة التحضير ini, tidak termasuk dalam perhitungan rata-rata kumulatif untuk tingkat pascasarjana.
  • Jangka waktu perkuliahan mata kuliah سنة التحضير ini, ditentukan oleh pihak program studi yang dipilih penerima beasiswa yang ada di fakultas.
  • Nilai yang didapat pada mata kuliah سنة التحضير ini, tidaklah boleh kurang dari predikat "Jayyid" pada setiap mata kuliah. Dan tidak boleh kurang dari predikat "Jayyid Jiddan" pada nilai akumulatifnya.
  • Perkuliahan untuk program pascasarjana (Magister dan PhD) secara rutin dilaksanakan pada waktu sore/malam hari.
  • Penerima beasiswa nantinya agar membaca semua anggaran rumah tangga, peraturan, dan panduan yang berlaku di situs web Dekanat Studi Pascasarjana Universitas Qassim.

Dan masih banyak hal lain yang dapat dibaca pada halaman ini. Selanjutnya, pelamar agar menekan check box di sebelah paragraf pada bagian bawah halaman yang bertuliskan:

أقر بأنني قرأت وإطلعت على شروط القبول و التعليمات الخاصة بقبول الدراسات العليا  ووفقت عليها. علماً انه اذا كانت هناك بيانات غير صحيحة في البيانات المدخلة أو ملفات غيرمطابقة للمطلوب فإنه يحق للعمادة الغاء طلب القبول دون التزام بإشعار المتقدم أو المتقدمة وسيتم إلغاء قبول كل من تم قبوله بمعلومات غير صحيحة، كما سيتم اتخاذ الإجراءات النظامية والقانونية بحق المخالفين.

dan menekan tombol "التالي" untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.

8. Pada halaman "البيانات الاساسية" pelamar akan mendapatkan isian kolom yang terdiri atas:

  • "الحالة الصحية" yang agar di-isi dengan kondisi kesehatan
  • "مكان الولادة" yang agar di-isi dengan negara tempat kelahiran (Indonesia)
  • "تاريخ انتهاء الجواز" yang agar di-isi dengan tanggal kadaluarsa masa berlaku passport
  • "مكان العمل" yang agar di-isi dengan lokasi tempat bekerja saat ini.
  • "المسمى الوظيفي" yang agar di-isi dengan jabatan pekerjaan.
  • "رقم الهاتف" yang agar di-isi dengan nomor ponsel utama. Sebagai bentuk koreksi nomor virtual yang kita gunakan pada saat awal pembuat akun. Pada tahap ini agar memasukan nomor ponsel sebenarnya. (Gunakan format +62812345678)
  • "رقم الجوال" yang agar di-isi dengan nomor ponsel lainnya.
  • "المدينة" yang agar di-isi dengan nama kota/kabupaten alamat domisili
  • "المنطقة" yang bisa di-isi dengan nama provinsi
  • "الحي" yang agar di-isi dengan kecamatan spasi desa/kelurahan
  • "الشارع" yang agar di-isi dengan nama jalan. Isi dengan لايوجد jika tidak ada.
  • "رقم المبنى" yang agar di-isi dengan nomor gedung/rumah. Isi dengan 00 jika tidak ada.
  • "رقم الشقه" yang agar di-isi dengan nomor kamar/apartemen. Isi dengan 00 jika tidak ada.
  • "تويتر" yang agar di-isi dengan alamat link atau @profil akun twitter Pelamar. Isi dengan لايوجد jika tidak ada.
  • "فيسبوك" yang agar di-isi dengan alamat link akun facebook Pelamar. Isi dengan لايوجد jika tidak ada.

Periksa kembali isian yang telah di-isi dan menekan tombol "التالي" untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.

9. Pada halaman "الشهادات السابقة" pelamar akan mendapatkan isian kolom yang menanyakan jenis "نوع المنحة لغير السعوديين", 

Makna masing-masing antara lain:

  • Baris 1 Pelamar Beasiswa sudah memiliki iqamah (Kartu Tanda Mukim) tapi yang bersangkutan mendapatkannya bukan dengan sponsor dari kampus di arab saudi.
  • Baris 2 Pelamar Beasiswa sudah memiliki iqamah (Kartu Tanda Mukim) dan sponsornya berasal dari kampus arab saudi pada jenjang pendidikannya sebelumnya.
  • Baris 3 Pelamar Beasiswa Tidak memiliki iqamah dan berada di luar arab saudi.
  • Baris 4 Pelamar Beasiswa merupakan warga negara khalij (negara tetangga saudi/teluk yang diakui)

Direkomendasikan bagi seluruh pelamar beasiswa Warga Negara Indonesia untuk memilih baris ketiga. Kecuali, Pelamar siap dan mengetahui apa konsekuensi dari memilih pilihan pada baris yang lain.

10. Selanjutnya "درجة آخر مؤهل" agar di-isi dengan gelar jenjang pendidikan terakhir yang sudah dimiliki.

11. Kolom isian "التخصص السابق" berarti jurusan/takhoshshus/Program Studi pada jenjang sebelumnya. Kolom isian ini sangat penting, karena akan mempengaruhi pilihan jurusan S2/S3 yang hendak dilamar pada halaman selanjutnya.

12. Selanjutnya pada halaman ini:

  • "المعدل" agar di-isi dengan IPK. Penggunaan koma digantikan dengan tanda baca titik. Contoh: IPK 3.69. Ingat, bahwa tanda titik pada keyboard arab adalah huruf "ز" kembalikan dulu keyboard anda dengan format keyboard kapital atau secara sederhana gunakan shift ز pada keyboard hijaiyah. 
  • "وزن المعدل" agar di-isi dengan format skor IPK. Pilihlah nilai batas atas dari penilaian IPK format yang dipakai di kampus sebelumnya. 
  • "تاريخ التخرج - ميلادي" dan "تاريخ التخرج - هجري" (Tanggal dikeluarkannya/diterbitkannya ijazah) agar di-isi salah satu saja. Kemudian selesai pengisian, pasangannya akan menyesuaikan otomatis.
  • "دولة الدراسة" agar di-isi dengan negara asal Universitas
  • "متخرج من" agar di-isi dengan nama Universitas Asal (pilihannya hanyalah kampus-kampus di Saudi, pelamar agar memilih pilihan "اخرى" 
  • "نوع المؤهل" pilihannya hanyalah jurusan pendidikan guru dan non pendidikan guru, bagi yang lulus dari program studi jenjang sebelumnya yang merupakan jurusan non pendidik, maka silahkan pilih "غير تربوي".
  • "المهنة" agar di-isi dengan pekerjaan.

11. Masukan skor sertifikasi kemahiran bahasa inggris pada bagian "الاختبارات المطلوبة" jika punya.

12. Pada bagian isian "شهادات اضافية" silahkan klik checkbox masing-masing apabila Pelamar memiliki kualifikasi yang ditanyakan.

حاصل/ة على دبلوم عام في التربية ؟(فقط للمتقدمين والمتقدمات على برامج كلية التربية).

حاصلة على دبلوم في معهد الفتيات ؟(فقط للمتقدمات على برنامج ماجستير القرآن وعلومة).

حافظ/ة أجزاء من القرآن الكريم ؟(فقط للمتقدمين والمتقدمات على برنامجي المجاستير والدكتوراه في القرآن وعلومه).

 حاصل على دبلوم التوجيه و الإرشاد النفسي أو دبلوم التوجيه والإرشاد التربوي أو دبلوم التوجيه والإرشاد الطالبي (فقط للمتقدمين والمتقدمات على برنامج ماجستير الإرشاد النفسي).

Apakah Pelamar berasal dari latar belakang pendidik yang bersertifikasi/berijazah?

Apakah Pelamar memegah ijazah diplom "معهد الفتيات" ?

Apakah Pelamar telah menyelesaikan seluruh atau sebagian dari hafalan Al Qur'an nya?

Apakah Pelamar memegang ijazah Bimbingan dan Konseling Psikologi atau Ijazah Bimbingan dan Konseling Pendidikan atau Ijazah Bimbingan dan Konseling Mahasiswa?

13. Pada bagian isian "خبرة عمل" silahkan pelamar yang berminat mengambil jurusan program Magister (S2) Administrasi Bisnis (lihat ketentuan), program Magister (S2) dan Doktor (S3) dalam jurusan Kurikulum dan Metode Pengajaran dan untuk Program Ph.D. (S3) Psikologi Pendidikan, untuk dapat mengisikan jumlah tahun pengalaman kerjanya (jika ada).

14. Isi check box yang ada. Kemudian menekan tombol "التالي" untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.

15. Pada halaman "البرامج المتاحة" pelamar akan mendapatkan isian kolom tujuan program studi yang dilamar. Pilihannya amat sangat ditentukan oleh jawaban yang telah Pelamar isi pada poin 11. 


Contoh Pilihan Magister pada Pelamar yang mengisi "Syariah/Hukum Islam" pada pilihan jenjang sebelumnya.

Selanjutnya klik check box yang berada pada sebelah paragraf

التقديم يكون على برنامج واحد فقط ولا يحق المطالبة بتغيير البرنامج بعد الانتهاء من تسليم الطلب.

Kemudian menekan tombol "التالي" untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.

16. Halaman "تحميل الملفات" adalah halaman pengunggahan berkas. Seperti yang sudah disampaikan, Seluruh format dokumen pendaftaran diunggah dalam bentuk format PDF. Dengan maksimal file 2 MB. Untuk menghindari diskualifikasi dan tuntutan hukum pada proses pendaftaran, Pelamar agar memastikan bahwa file-file yang dikirim aman dari virus dan malware. 


Pelamar agar menekan tombol choose file untuk memilih dokumen yang hendak diunggah. Lalu menekan tombol "رفع الملف" (dengan panah biru) untuk mengunggah dokumen tersebut. Lakukan satu persatu. 
Selanjutnya pelamar dapat pula memanfaatkan tombol "عرض" (dengan panah hijau) untuk melihat dokumen hasil unggah. D
Untuk mengulangi/mengoreksi pengunggahan yang salah, pelamar dapat kembali menekan tombol choose file untuk memilih dokumen yang hendak menimpakan kemudian menekan tombol "تحديث الملف" (dengan panah ungu).

Setelah seluruh dokumen telah selesai diunggah (terdapat 4 tombol "عرض" berwarna hijau), Tekan checkbox di sebelah paragraf 

- أتعهد بأنني أتممت رفع جميع المستندات بصور واضحة ومقروءة وذلك لكل مستند في مكانه المخصص وفي حال لم يتم الرفع بشكل صحيح او رفع صورة غير واضحة يستبعد الطلب. - سيتم طلب أصل الوثائق المرفقة في حال ترشيحك للقبول المبدئي وفي حال عدم احضارها في الوقت المحدد يحق للجامعة الغاء الترشيح.

Kemudian menekan tombol "التالي" untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.

17. Halaman "ملخص الطلب" merupakan halaman Ringkasan Pengajuan. Seluruh pengisian formulir Pelamar secara rinci diterangkan di sana untuk diperiksa kembali.

Jika terdapat kesalahan pengisian, Pelamar dapat memperbaikinya dengan menekan halaman yang diinginkan pada bagian atas halaman.

18. Untuk menyelesaikan pengajuan pendaftaran baca dengan baik dan klik check box yang ada. Fahami segala konsekuensi pengajuan yang tidak bisa diedit kembali. Kemudian menekan tombol "التالي" untuk mengajukan.

19. Pada halaman "اعتماد الطلب" maka Pelamar telah menyelesaikan pengajuan pendaftarannya dan di sini akan tercantum nomor pengajuan (roqm tholab) pendaftaran. Silahkan catat dengan baik nomor pengajuan, serta password dari akun pengajuan pendaftaran mu.

20. Informasi Tanggal dan lokasi ujian tertulis (tes diferensiasi) untuk masuk ke program pascasarjana 1444 H jika diperlukan, bisa disimak selanjutnya pada halaman https://gsd.qu.edu.sa/content/p/298

Selesai

Komentar

  1. kk izin minta kontak nya telegram jg gk papa aku udah apply tp bingung next nya gmn ..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dik, Mohon maaf ya kalau telat responnya. Kalau butuh kontak WA atau Telegram untuk Konsultasi silahkan kontak kita di https://linktr.ee/minhatiy ya.

      Hapus

Posting Komentar